Blog | GoSocial

Bagaimana pengunjung tertarik untuk mengunjungi blog, mengklik tautan judul, ataupun blog kita dirasa informatif, sangat bergantung pada konsep blog itu sendiri. Semakin banyak yang tertarik, semakin familiar pula nama blog. 

Tulisan kali ini, Gogo akan mengajak kamu untuk tahu bagaimana cara ampuh meningkatkan pengunjung blog. Bagaimana ya?

Optimasi SEO

Sumber: Pixabay.com

Memahami konsep artikel sesuai Search Engine Optimization (SEO) adalah hal pertama yang perlu dirancang untuk meningkatkan pengunjung blog.

Pasalnya, SEO sangat berpengaruh untuk meningkatkan traffic blog. Jika SEO yang digunakan dalam blogmu baik, peringkat website mu akan lebih tinggi di Search Engine Result Page (SERP).

Optimasi SEO dibagi menjadi dua kategori, on site SEO dan off site SEO. Namun, pastikan dulu fokus pada on page SEO yang dapat ditingkatkan dengan title tag, meta description, header tag, alt text.

Apakah artikel yang ditulis sudah sesuai kaidah SEO atau belum? Kamu bisa gunakan tools SEO yang familiar seperti Yoast SEO.

Riset Keyword

Sumber: Pixabay.com

Setelah mengonsepkan artikel dengan SEO, riset keyword adalah cara selanjutnya untuk meningkatkan pengunjung blog

Keyword adalah kata kunci, kamu perlu mencari tahu apa saja kata kunci yang bisa dijadikan konten. 

Dengan riset keyword kita akan tahu mana keyword yang relevan dan paling banyak dicari orang. Ketika artikel kita memenuhi keyword yang tren tersebut, artikel juga berpeluang untuk muncul dalam top search engine

Riset keyword bisa dilakukan dengan berbagai tools seperti Google Keyword Planner, Ubersuggest, SemRush, dan sebagainya.

Tak lupa, penempatan keyword ditulis di dalam judul, badan artikel di setiap pembahasannya, serta penutup. 

Konten yang Berkualitas

Sumber: Pixabay.com

Meningkatkan pengunjung blog dan kembali lagi ke blog kita juga berpengaruh dari konten yang ditulis. 

Jika kita menyajikan tulisan yang informatif dan terbaru, yang bisa dipertanggung jawabkan serta berguna bagi pembaca, blog kita akan menjadi rekomendasi. 

Bahasa yang sesuai audiens, pemilihan gambar yang menarik dan juga mengandung unsur psikologi yang semakin menghidupkan artikel, header, hingga tampilan blog, juga merupakan faktor yang diingat audiens

Jadi, bicara konten yang berkualitas adalah originalitas bagaimana artikel dan website mu dikemas.

Judul yang Unik

Sumber: Pixabay.com

Jika konten sudah berkualitas, judul adalah penyempurna kontenmu. Perlu kamu tahu 8 dari 10 orang akan membaca judul terlebih dahulu sebelum klik sebuah artikel. 

Artinya, judul adalah elemen yang sangat penting dalam sebuah konten blog. Judul yang unik, membuat tertarik, adalah cara selanjutnya untuk meningkatkan pengunjung blog.

Bagaimana membuat judul yang dilirik banyak orang?

  • Gunakanlah angka ketika membuat artikel jenis listicle. Artikel yang mempunyai isi seputar tips, cara, ataupun langkah-langkah. Contohnya: 11 Cara Ampuh Meningkatkan Pengunjung Blog.
  • Pilihlah kata-kata yang meyakinkan dan bersifat kuat. Seperti kata: jitu, ampuh, terlengkap, terbaik, dan lainnya. 
  • Jangan terlalu panjang. Pastikan judul tidak melebihi 60 kata, agar tidak terpotong di halaman pencari.
  • Mudah dipahami. Pastikan pula judul yang kamu buat mudah dipahami, agar yang melihat pun dapat langsung mengklik artikelmu.

Sisipkan Artikel Newsjacking

Sumber: Pixabay.com

Newsjacking merupakan artikel yang berisi isu ataupun berita yang lagi viral, untuk menarik perhatian audiens

Contohnya, dunia belum lama ini memusatkan perhatian kepada gelaran Olimpiade Tokyo 2020. Kamu bisa membahas topik tersebut untuk meningkatkan pengunjung blog. Seperti membuat artikel profil para atlet, prestasi, atau dari sisi yang sesuai dengan jenis blogmu. 

Misalnya blog GoSocial sendiri yang memuat berbagai topik bisnis, kita bisa membuat artikel atlet yang berbisnis. 

Baca juga: 7 Inspirasi Bisnis dari Atlet Indonesia yang Terjun Menjadi Pengusaha.

Internal Link

Sumber: Unsplash.com

Internal link adalah menautkan link artikel dari blog kita sendiri pada artikel yang sedang ditulis. Ini adalah cara meningkatkan pengunjung blog dengan strategi SEO.

Internal link ini berguna agar google lebih mudah memahami bagaimana struktur blog kita. 

Selain itu  pembaca pun bisa terhubung dan mendapatkan informasi yang lebih. Memasukkan internal link ini bisa kamu tautkan ke dalam teks yang relevan atau juga selipkan judul di badan artikel.

Baca juga: SEO & SEM : Strategi Meningkatkan Optimasi Website.

Link Building dengan Backlink

Sumber: Unsplash.com

Backlink adalah kebalikan dari internal link. Melakukan link building dengan backlink adalah cara meningkatkan pengunjung blog dengan aktifitas website lain yang menautkan link dari website kamu. Ini disebut dengan backlink.

Semakin banyak webiste lain yang bagus dan melakukan backlink, google akan memandang website mu berkualitas, yang artinya konten mu menjadi acuan dan rekomendasi dari website lain. Google pun akan merekemendasikan website kamu di halaman pertama.

Kuncinya adalah pada kualitas artikelmu sendiri. Apakah dapat menjadi backlink

Selain kualitas, kamu pun bisa berkolaborasi dengan cara mencari website yang relevan dengan blog kamu. Perhatikan trafficnya, domain authority yang tinggi, serta rekam jejak outbound link yang bagus.

Optimalkan Kecepatan Website

Sumber: Unsplash.com

Salah satu hal yang menyebalkan adalah kata loading yang melahirkan kata menunggu. Sebuah fakta menyebutkan bahwa 53% orang akan meninggalkan situs dari link yang di klik setelah menunggu tiga detik. Hanya tiga detik.

Maka dari itu kamu perlu mengetahui bagaimana kecepatan dan optimasi website mu sendiri. Tools seperti Google Page Speed Insight bisa dipakai untuk tahu seberapa cepat loading blog kamu.

Beberapa poin penting yang bisa menghindari blogmu loading adalah perhatikan hal-hal di bawah ini:

  • Gambar, jangan upload gambar dengan ukuran yang terlalu besar. 
  • Plugin, kelola plugin yang tidak dipakai. Hapus yang sudah tidak aktif.
  • Postingan, batasi dan atur jumlah postingan yang ditampilkan di halaman utama.
  • Update WordPress, pastikan kamu selalu mengupdate ke versi terbaru dari WordPress.

Pilihlah server web hosting yang berkualitas dan cepat. Server yang diyakini cepat adalah LiteSpeed, jadi pilihlah web hosting yang menggunakan LiteSpeed.

Share di Media Sosial

Sumber: Unsplash.com

Membagikan konten blog di media sosial adalah cara yang tak boleh ketinggalan untuk meningkatkan pengunjung blog. Media sosial adalah tempatnya mengundang banyak audiens.

Kamu bisa memanfaatkan story instagram dengan fitur swipe up bagi akun yang sudah mempunyai 10.000 follower menuju laman blog. Bisa juga dengan memposting konten artikel di feed lalu mengajak audiens menuju link di bio. 

Cara lain seperti share link di facebook atau twitter dan sebagainya.

Share Melalui Email Marketing

Sumber: Unsplash.com

Apakah kamu pernah menjumpai website atau blog dengan fitur subscribe yang meminta alamat email? Itulah yang disebut memanfaatkan email marketing untuk menyebarkan konten artikel seluas mungkin.

Dengan email marketing, kamu bisa memberitahu kepada pembacamu tentang artikel terbaru dan terupdate setiap saatnya.

Edit Konten Lama

Sumber: Unsplash.com

Search engine memerhatikan bagaimana pembaruan dalam blogmu. Ketika pembaruan tersebut bagus, kesempatan google untuk menaikkan peringkat blogmu ke halaman utama akan semakin tinggi. Mengedit konten lama adalah hal yang bisa dilakukan untuk pembaruan.

Baca ulang kembali blog yang sudah dipublish, apakah masih ada typo, salah kata, dan lainnya. Bisa juga kamu menambahkan lagi teknik SEO yang masih kurang. 

Tentunya ketika website kamu bisa berada di halaman utama akan semakin mudah meningkatkan pengunjung blog karena tulisanmu berada di deretan link teratas.

Begitulah cara ampuh meningkatkan pengunjung blog dari Gogo. Memang untuk meningkatkan website traffic tidaklah mudah, kamu bisa memulainya dengan hal apa yang kamu kuasai dahulu. 

Dengan riset, evaluasi, dan juga belajar dari website lain yang sudah menjadi primadona, blog kamu perlahan bisa semakin efisien dan tidak hanya menjadi rekomendasi google tapi juga mendatangkan pembaca setiamu.

 

 

Comments to: 11 Cara Ampuh Meningkatkan Pengunjung Blog

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.