fbpx

Blog | GoSocial

Kita pasti resah saat pandemi Covid-19 perlahan lahan telah meruntuhkan harapan dan perekonomian di kalangan masyarakat Indonesia, selain itu kita juga sering mendengar bahwa untuk mencoba menaikkan perekonomian kita bisa berbisnis atau berjualan secara online

Dan kita sudah tidak asing lagi dengan UMKM. Pemerintah Indonesia bahkan membantu meringankan ekonomi masyarakat lewat stimulus UMKM, sebenarnya apa itu UMKM?

Dilansir dari kompas.com UMKM adalah singkatan dari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Pengertiannya sendiri itu adalah bisnis yang dijalankan secara individu, rumah tangga, badan usaha ukuran kecil. Digolongkan dari omzet per tahun, jumlah kekayaan atau aset serta jumlah karyawan.

Dikutip dari katadata.com bahwa UMKM mempunyai kontribusi besar bagi perekonomian Indonesia dengan angka 60,3% dari total produk domestik bruto (PDB) kemudian pada tahun 2018 tercatat ada 64,2 juta Unit UMKM dan akan terus meningkat.

Nah mungkin kamu belum memahami bagaimana untuk memasarkan suatu usaha atau bisnis kamu secara online, yang kita tahu dari saran teman teman sekitar, ya jualan online tapi bagaimana caranya? apa yang harus dilakukan untuk berjualan atau berbisnis online? berapa modal yang diperlukan? dan pertanyaan lainnya.

Untuk menjawab pertanyaan diatas, Gogo akan memberikan tips sederhana memasarkan bisnis secara online.

Tetapkan Produk dan Target Pasar

unsplash.com

Produk yang akan kamu pasarkan bisa dijabarkan dahulu apakah kamu reseller atau kamu membuat produk sendiri untuk dijual. Jika produk kamu merupakan hasil produksi sendiri maka kamu harus menghitung jumlah barang yang dijual setiap minggu atau bulannya.

Selayaknya dalam berjualan atau bisnis pada umumnya. Sebelum memasarkan produk kamu harus memahami target yang akan membeli produk kamu mulai dari siapa saja, bertempat tinggal di daerah mana, umur, latar ekonomi dan lainnya.

Lakukan riset pasar untuk bisa membuat konsep pemasaran bisnis online kamu.

Membuat Toko Online atau Marketplace

unsplash.com

Toko online adalah wajah dari sebuah brand atau sebuah perusahaan. Kamu bisa membuat toko online sendiri, misalnya website atau juga blog. Untuk membuat website sendiri kamu bisa membuatnya dengan wordpress atau dengan website yang gratis, salah satunya Wix.com.

Di masa sekarang ini sudah sangat lumrah bahkan wajib kalau sebuah produk atau bisnis UMKM memiliki toko di marketplace. Marketplace adalah tempat bagi pebisnis pemula untuk memulai memasarkan produknya, apalagi beberapa marketplace memudahkan kamu dalam membuat toko online dan marketplace bisa membantu menaruh produk kamu disana beserta informasi lainnya di dalamnya.

Sekarang berjualan online pasti tidak jauh dengan marketplace.

Membuat Akun Google My Bisnis

unsplash.com

Tidak boleh ketinggalan ketika kamu serius untuk berbisnis secara online maka kamu harus membuat akun google my bisnis, kenapa?

Karena disitu kamu bisa membantu pemasaran online bisnis kamu dengan adanya informasi mengenai bisnis kamu, misalnya dari alamat, situs dan ada juga review dari pelanggan yang bisa membuat bisnis kamu lebih berkembang. Dari review atau penilaian tersebut bisa membuat calon pelanggan yakin dengan toko dan produk kamu.

Pastikan Memiliki Media Sosial

pexels.com

Siapa sih yang tidak punya media sosial di zaman sekarang, begitu juga dengan bisnis.

Setiap bisnis atau brand pasti mempunyai media sosial-nya masing masing. Media sosial adalah identitas dari seseorang atau bisnis. Tapi jangan hanya mempunyai saja tapi isi dengan content serta masukan produk kamu disana. Bila bingung dalam mengembangkan sosial media bisnis kamu GoSocial siap membantu kamu.

Perkembangan bisnis dari Media sosial begitu cepat. Contoh yang paling dekat dalam memasarkan produk atau bisnis kamu dengan orang terdekat lewat media sosial kemudian mereka mencoba dan menilai. Disinilah media sosial bekerja, tidak hanya tentang sebuah postingan melainkan menyakinkan calon pelanggan yang lebih luas.

Bergabung dengan Forum Jual Beli

Tidak dipungkiri banyak forum jual beli atau mungkin bisa disebut dengan komunitas atau grup yang bisa kamu temukan di media sosial misalnya di facebook.

Kamu bisa mempromosikan online produk kamu disana, selain bisa memperluas pasar dan kemungkinan bisa mengenal orang baru, kamu juga bisa meningkatkan penjualan kamu. Tapi ingat, kamu harus perhatikan etika bisnis dalam menulis atau pun berdiskusi di forum jual beli online.

Itulah beberapa strategi pemasaran online yang bisa kamu jalankan dengan mudah dan tidak harus mempunyai modal yang besar.

Semoga tips diatas bisa membantu kamu dalam memulai bisnis dan pemasaran secara online sehingga dapat bersaing dengan produk lain dan pastinya mendapatkan keuntungan.

Comments to: 5 Cara Pemasaran Online bagi UMKM Pemula

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.