fbpx

Blog | GoSocial

Siapa yang menyangka kalau TikTok bisa sebesar sekarang bahkan digandrungi banyak orang, khususnya anak muda. Bahkan TikTok sudah membuat platform media sosial lainnya menjadi ketar-ketir, salah satunya adalah Instagram yang menciptakan Instagram Reels dan Youtube mengeluarkan Youtube Shorts yang membuat fitur tandingan.

Dilansir We Are Social penggunaan TikTok di Indonesia mencapai angka 38,7% dan akan terus naik serta pengguna TikTok kebanyakan adalah anak muda yang berusia 18-24 tahun.

Hal tersebut menjadi alasan mengapa TikTok akhirnya menjadi pilihan yang tepat dalam mempromosikan produk atau bisnis. Ternyata sudah banyak perusahaan besar yang sudah menggunakan TikTok, sekarang saatnya pelaku usaha atau UMKM mulai menggunakan TikTok agar semakin dikenal dan tentunya bisa mengikuti perkembangan zaman.

Lalu bagaimana caranya?

Gogo akan memberikan 5 cara sederhana memanfaatkan TikTok untuk mempromosikan bisnis agar semakin dikenal.

 

sumber : unsplash.com

Pahami Dalam Membuat Konten

Konten di TikTok berbeda dari konten media sosial pada umumnya, di TikTok itu kontennya beragam dan kamu harus kreatif dalam membuat konten.

Dengan konten video yang paling utama, maka kamu harus membuat konten yang menghibur namun dengan durasi yang singkat, kemudian kamu bisa membuat konten tutorial, edukasi dan dan lainnya.

Tapi ingat juga konten yang kamu buat harus sesuai dengan target pasar kamu dan pahami perilaku konsumen yang nantinya dari situ akan muncul ide-ide segar untuk diaplikasikan ke dalam pembuatan konten.

Ikuti Hashtag Challenge

Sebelum kamu mengikuti hashtag challenge kamu harus mempunyai hashtag yang kuat dan selalu kamu tulis di setiap postingan, agar saat kamu mengikuti hashtag challenge audiens juga bisa melihat atau mencari bisnis kamu dengan hashtag yang sering kamu gunakan.

Lalu barulah kamu mengikuti hashtag challenge, hashtag challenge sendiri berupa tantangan yang dilakukan oleh pengguna TikTok. Cara tersebut bisa kamu coba untuk mempromosikan bisnis atau menaikkan brand awareness.

Jangan ragu untuk mengikuti hashtag challenge dan kamu tidak perlu untuk membuat hashtag challenge, fokus saja untuk memperkenalkan brand.

Ketika sudah mulai dikenal oleh audiens baru kamu mulai menantang audiens dengan hashtag challenge yang kamu buat dan dibantu dengan giveaway atau gunakan gimmick marketing.

Mencoba Filter, Effect dan Sound (Lagu) yang Sedang Trend

TikTok selalu menghadirkan filter, lagu, dan effect baru yang membuat penggunanya menjadi penasaran dan ingin mencobanya. 

Cara ini cukup efektif tanpa harus effort yang berlebih namun bisa mendatangkan followers baru, like, komentar dan tentunya menaikkan engagement rate.

Tapi perlu diingat, yang sedang trending tidak semua bisa kamu manfaatkan, tetap menyeleksi yang sesuai dengan brand kamu agar tetap relevan.

Menulis Caption Yang Menjual

Mungkin sebagian dari kita enggan melihat caption atau tidak menghiraukan caption. Padahal caption itu penting karena bisa mendeskripsikan lebih jelas apa konten yang dibuat, tentang produk kamu atau juga brand kamu.

Di TikTok sendiri untuk membuat caption berbeda dengan di Instagram, kamu harus menulis caption sesingkat mungkin namun kreatif, yang menjual tapi juga tetap unik.

Konsisten Memposting

Kunci kesuksesan adalah konsistensi yang kuat. Jadwalkan postingan kamu agar bisnis kamu bisa tetap eksis. 

Ketika kamu sudah rajin dalam memposting kamu akan menemukan flow dalam membuat konten, apa saja yang disukai oleh audiens, semakin luas jangkauan kamu untuk menarik target baru dan tentunya mempertahankan audiens yang sudah ada.

Selain itu jangan lupa untuk tetap terbuka dengan audiens, maksudnya harus berinteraksi dengan audiens agar hubungan yang terjalin tidak menjadi sia sia.

Semakin berkembangnya zaman semakin kita harus bisa beradaptasi, karena hal-hal baru bisa saja mendatangkan keuntungan yang lebih besar, baik pada pribadi maupun bisnis, termasuk dalam menggunakan TikTok dalam memajukan bisnis.

Kalau kamu ingin bisa terkenal lebih cepat dan memahami insight atau data yang spesifik agar bisnis kamu semakin naik, kamu bisa bekerja sama dengan kami, GoSocial. 

Kami adalah Creative Digital Agency yang memiliki jasa unggulan Social Media Management, Social Media Engagement dan lainnya yang kamu bisa cek di website kami atau juga bisa follow kami di Instagram, gosocial.id

Comments to: 5 Cara Promosi Bisnis Di TikTok Agar Makin Dikenal

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.