Blog | GoSocial

Reels adalah fitur video singkat dengan berbagai fasilitas layaknya editing video yang bisa dibagikan di stories maupun feed Instagram. Bisa dibilang Reels hampir mirip dengan TikTok, tetapi perbedaanya ada pada durasi. Jika TikTok bisa memuat video sampai 60 detik, Instagram hanya membuat pilihan video Reels berdurasi 15 dan 30 detik saja. 

Reels bisa dibilang hadir sebagai respons dengan adanya TikTok yang digandrungi para remaja. TikTok menjadi aplikasi yang sangat populer sepanjang 12 bulan terakhir dan paling banyak diundah dalam satu kuartal di tahun 2021. Karena itulah Instagram tidak mau kalah dengan menghadirkan Reels.

Kepala produk Instagram, Vishal Shah juga sempat mengatakan bahwa Reels berbeda dengan TikTok dalam memberikan pengguna platform augmented reality yang lebih built-out.


Hubungannya dengan bisnis, Reels pun sangat bisa untuk mempromosikan sebuah produk karena jangkauannya yang sangat luas dalam Instagram. Lalu bagaimana ya agar Reelsmu jangkaunnya lebih luas dan outstanding? Yuk simak lima hacks cara bikin Reelsmu outstanding!

Cover yang Eye Catching

Hal pertama agar Reelsmu menarik untuk di play adalah buatlah cover yang eye catching. Visual cover yang jelas, menonjol, menarik, dan membuat penasaran akan semakin potensial untuk mengundang audience.

Kamu bisa membuatnya dengan mengambil footage dari Reels atau bisa juga dengan desain yang kamu siapkan terlebih dahulu. Cover yang eye catching ini pun juga didukung dengan judul yang menarik yang kamu tulis dalam cover.

Posisi Teks

Selain unsur video, Reels pun tentunya dapat memuat teks atau tulisan yang menjadi bagian dalam videomu. Teks ini juga bisa menjadi penjelasan isi dalam videomu. Pastikan posisi teks dalam Reels masuk dalam rasio 4:5. 

Rasio 4:5 ini bertujuan agar teks tidak terpotong dan audiens dapat melihat dengan posisi yang jelas, sehingga pesan dalam video Reels tersebut tersampaikan dengan baik. Posisikan teksmu tidak terlalu pinggir ke atas maupun ke bawah. Dan pastikan pula teks tidak menutupi gambar yang menjadi fokus.

Musik yang Trend

Video Reels tanpa musik layaknya makan tanpa nasi, seperti ada yang kurang. Musik menjadi salah satu poin penyempurna untuk menghidupkan videomu. Pakailah musik yang trend atau refresh di telinga audience. Reelsmu akan semakin menarik dan familiar.

Rekam Suara Terpisah

Sumber: about.instagram.com

Jika Reelsmu juga dilengkapi dengan rekaman suara, rekamlah suaramu secara terpisah menggunakan recorder ataupun juga aplikasi perekam suara. Setelah itu editlah suaramu agar lebih jernih.


Hal ini dilakukan agar suaramu terdengar jelas dan terhindar dari noice atau suara di luar rekamanmu yang mengganggu.

Jangan Lupa Hashtag

Hashtag adalah poin penting yang tidak boleh ketinggalan. Cantumkan hashtag sesuai dengan keyword atau kata-kata yang relevan dengan isi video Reels dalam caption. Hashtag ini akan membantu videomu terjangkau luas ke banyak pengguna Instagram.

Reels pun bisa ditemukan di explore Instagram loh, hashtag ini juga berguna bagi audience yang mencari postingan hashtag sesuai dengan reelsmu dan videomu pun bisa muncul di explore mereka.

Nah begitulah lima hacks yang bikin reelsmu oustanding. Apakah kamu sudah pernah mencoba fitur reels tersebut? Pastikan kamu menyiapkan bahan videomu terlebih dahulu yang muat dengan durasi 15 atau 30 detik ya. Lalu praktikkan cara tersebut segera mungkin. 

Comments to: 5 Hacks Cara Bikin Reelsmu Outstanding!

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.