Blog | GoSocial

Memulai bisnis secara online bisa dibilang susah-susah gampang. Mungkin bila kita melihat orang sekitar atau teman kita yang sudah memiliki usaha dan berjualan online terlihat mudah, salah satunya menggunakan media sosial.

Namun sebenarnya tidak hanya media sosial saja melainkan banyak cara dan strategi yang lebih dari sekedar media sosial, seperti kata pepatah banyak jalan menuju roma dan ini termasuk pada bisnis, banyak jalan menuju kesuksesan.

Untuk menuju keberhasilan dengan langkah yang cepat kamu bisa menggunakan marketing tools. Ada beberapa marketing tools yang menyediakan fitur dalam membantu mengembangkan bisnis online secara efektif dan efisien.

Marketing tools bisa memberikan kamu kemudahan dalam mempromosikan produk sampai bisnis online kamu bisa berada pada tingkat teratas di mesin pencari google.

Berikut ini ada 5 marketing tools  yang sudah banyak digunakan oleh pelaku bisnis online serta banyak brand atau perusahaan.

Google Analytics

sumber : unsplash.com

Bagi kamu yang sudah berkecimpung dalam digital marketing atau bisnis kamu yang sudah mempunyai website pasti sudah familiar dengan google analytics. 

Google analytics sendiri memberikan informasi terkait jumlah traffic, pengunjung website, dan penilaian terhadap performa suatu konten.

Google analytics pun membantu kamu sebagai pelaku usaha untuk memahami apa yang diinginkan oleh konsumen atau pengunjung website.

Dan google analytics juga mampu mengukur secara akurat minat target pasar kamu terhadap produk yang kamu tawarkan.

Trello

sumber : unsplash.com

Marketing tools yang satu ini mungkin agak sedikit berbeda, karena trello sendiri adalah aplikasi yang membantu kamu dan team dalam membuat to do list. 

Trello mempunyai banyak board untuk mempermudah suatu project, dari mulai penggabungan atau pengelompokkan tugas, proses pekerjaan sampai akhirnya finish. Trello sangat membantu kamu dalam bekerja sama dengan team, sangat berbeda apabila kamu hanya menggunakan Whatsapp Grup untuk bekerja sama atau koordinasi dan trello sangat cocok kamu gunakan.

Mailchimp

sumber : bloomberg.com

Mailchimp adalah marketing tools yang fitur-nya sangat mudah digunakan dan tentunya gratis. 

Mailchimp sendiri adalah email marketing tools yang paling populer dan paling banyak direkomendasi oleh para marketer untuk menarik konsumen agar bisa tetap setia dengan brand, salah satu yang sering kita lihat adalah ada tulisan subscribe email pada suatu website.

Dengan menggunakan mailchimp konsumen menjadi yang diprioritaskan untuk mengetahui informasi terbaru, mulai dari promosi sampai hal baru lainnya mengenai brand lewat email yang dikirimkan oleh brand.

Jadi mailchimp bisa kamu gunakan untuk mengembangkan bisnis online kamu.

Buffer

sumber : buffer.com

Nah kembali pada media sosial, kini kamu tidak lagi pusing konten apa yang akan di upload karena buffer memberikan kemudahan pada manajemen media sosial, seperti adanya fitur penjadwalan konten, kemudian ada juga trend dan insight yang akan dikirimkan kepada team media sosial.

Dan buffer juga menyediakan analytics media sosial yang lebih detail.

Buffer menjadi solusi yang tepat untuk membangun branding dan mengembangkan bisnis lewat media sosial.

Yoast SEO

sumber : yoast.com

Yoast SEO adalah salah satu plugin SEO yang paling populer pada wordpress. Mungkin Yoast SEO masih terdengar asing.

Cara kerja Yoast SEO adalah mengoptimalkan landing page, kemudian mampu memberikan kata kunci yang spesifik agar memudahkan kamu dalam membuat konten atau blog. 

Kata kunci tersebut yang akan menentukan peringkat konten atau blog kamu di mesin pencari. Penggunaan Yoast SEO bertujuan untuk membuat website kamu tampil di peringkat atas di mesin pencari.

Demikian ulasan beberapa marketing tools yang bisa kamu gunakan untuk mengembangkan bisnis online.

Namun apabila kamu masih bingung dalam meningkatkan bisnis kamu dan memenangkan persaingan dengan kompetitor kamu bisa bekerja sama dengan kami, GoSocial, karena kami adalah Creative Digital Agency yang terbuka untuk membantu meningkatkan bisnis online, khususnya bisnis pemula dan UMKM.

Informasi lebih lanjut kamu bisa follow Instagram kami, gosocial.id

Comments to: 5 Marketing Tools Pendukung Dalam Mengembangkan Bisnis Online

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.