Blog | GoSocial

Menggencarkan branding UMKM menjadi hal yang penting agar bisnismu bisa selalu eksis. 

Melalui branding UMKM ini, bisa menjadi nilai tambah agar bisnismu bisa menjangkau banyak audiens yang ditargetkan. Tentunya, dengan adanya branding ini kamu juga bisa menginformasikan kepada audiens terkait keistimewaan dari bisnismu. 

Hal ini karena, branding UMKM bukan hanya sebatas tampilan packaging atau konten yang menarik. Namun juga dibarengi dengan kampanye value proposition dari produk atau layanan bisnismu. 

Dengan meningkatkan branding UMKM ini, audiens bisnismu bisa tahu kelebihan bisnismu dibandingkan dengan produk atau layanan lain di pasaran. Sehingga potensi untuk memutuskan pembelian pada produk atau layanan bisnismu akan lebih besar.

Yuk Simak ! 5 Tips Jitu Branding UMKM 

1. Buatlah Identitas yang Orisinil pada Bisnismu

Salah satu unsur utama dan menjadi pertama dilirik audiens yaitu identitas bisnismu. Identitas ini dari berbagai bentuk, baik nama, logo, tagline hingga warna produk bisnismu. Oleh karena itu, identitas juga menjadi unsur branding UMKM yang perlu untuk diperhatikan. Hal ini karena, seringkali banyak UMKM yang membuat identitas bisnisnya secara asalan. Misalkan saja, dalam membuat logo bisnis banyak yang tinggal comot di internet. Jika kamu tidak memiliki identitas bisnis yang orisinil, maka bisa mengurangi kepercayaan audiens terhadap produk bisnismu loh !

2. Komunikasikan Value Proposition Bisnismu

Setelah sudah membuat identitas yang orisinil, langkah selanjutnya kamu juga perlu memahami value proposition atau kelebihan utama bisnismu dibandingkan dengan produk lain yang sama dari kompetitor. Hal ini juga menjadi unsur utama branding UMKM, karena bisa meningkatkan keputusan audiens dalam memilih produk bisnismu. Jika kamu memiliki value proposition yang baik, maka akan semakin besar potensinya untuk menggaet banyak target bisnismu. 

3. Buatlah Tampilan yang Khas

Selanjutnya, kamu juga perlu untuk memperhatikan tampilan yang menarik dari bisnismu. Tampilan ini bukan hanya terkait packaging produk. Namun juga berkaitan dengan semua hal yang bisa meningkatkan branding bisnismu. Seperti halnya profil media sosial bisnismu hingga content marketing. Jika kamu bisa mendesain semua tampilan bisnismu menjadi semenarik mungkin, maka audiens bisa jauh lebih tertarik dengan bisnismu. 

4. Optimalkan Media Sosial

Langkah selanjutnya, kamu juga perlu untuk mengoptimalkan media sosial bisnismu. Jika kamu sudah membuat berbagai tampilan yang menarik & orisinil, pastinya kamu perlu juga menampilkannya kepada audiens. Media sosial sangat potensial untuk menunjang bisnis dalam membangun hubungan dengan audiens. Sehingga kamu harus bisa konsisten dalam membuat konten-konten yang menarik agar bisa meningkatkan engagement audiens

5. Gunakan PPC (pay per click)

Selain berbagai cara di atas, kamu juga bisa meningkatkan branding UMKM dengan menggaet audiens yang lebih luas. Cara ini bisa mempercepat bisnismu bisa dikenal banyak audiens-audiens baru, sehingga bisa semakin melekat pada audiens. Kamu bisa menggunakan berbagai media PPC yang tersedia dalam internet. Baik PPC media sosial ataupun website bisnismu. 

Melalui strategi jitu tersebut, kamu bisa mulai untuk meningkatkan branding UMKM. Kamu bisa mencoba semua tips tersebut agar branding bisnismu bisa maksimal. 

Selain cara di atas, kamu juga bisa mempercepat branding UMKM dengan meningkatkan interaksi pada media sosial bisnismu baik dari segi followers maupun likes kontenmu.

Cara ini juga bisa jitu, karena bisa meningkatkan kepercayaan audiens. Kamu bisa mendapatkan peningkatan interaksi dengan cara praktis melalui layanan social media  engagement dari GoSocial loh ! 

 

Comments to: 5 Tips Jitu Meningkatkan Branding UMKM

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.