fbpx

Blog | GoSocial

Setiap scroll di media sosial mata ini dipenuhi dengan foto estetik. Apalagi kalau toko online yang muncul, desain-desain keren mereka bikin kita tertarik dan alhasil jadi kepo sama produk-produknya.

Desain produk untuk foto jualanmu menjadi hal yang nggak bisa kamu remehkan. Dalam sebuah penelitian, 80% kegiatan manusia dipenuhi melalui sebuah penglihatan atau indera mata kita. Warna, bentuk, huruf, tata letak, ilustrasi, merupakan poin penting dalam penyampaian sebuah produk atau yang bisa kita sebut, visual communication.

Perlu kamu tahu juga, desain untuk hasil produksi memang sangat penting, karena dapat meningkatkan dua kali bahkan sampai tiga kali omset suatu organisasi. Hal ini dikatakan oleh  Franklin G Moore dan Thomas E Hendrick pada tahun 1999, loh. Wow, bukan main-main ya efek sebuah visualisasi produk.

Ibarat menulis kamu harus tahu apa yang akan ditulis, begitu pula dengan sebuah desain, kamu harus siapin hal berikut ini untuk menunjang desainmu berkarakter dan menarik. Bahkan menjadi ciri khas di toko onlinemu, apa saja ya yang perlu disiapkan ya? Yuk mari kita bahas.

Image dan Brand Perusahaan

Sumber: @gosocial.design

Apa yang akan kamu ingat ketika mendengar kata Shopee? GoJek? Telkomsel? Sepertinya pikiran kita akan menuju Shopee yang penuh dengan warna orange, GoJek dengan warna hijaunya, Telkomsel dengan warna merahnya. Yup, 3 perusahaan ini menjadi sekian banyak perusahaan di Indonesia yang berhasil membrand dan mencampaign dengan visual ciri khasnya.

Warna-warna itu pun menggambarkan bagaimana visi dan misi, yang dibalut sebagai image perusahaan. Nah, ini menjadi hal pertama yang harus kamu pikirkan sebelum merancang desain produkmu pada foto-foto jualanmu. Bagaimana konsep desainmu yang mewakili brand perusahaan. Hal ini bisa dimulai dengan pemilihan ciri khas warna, font, dan kata-kata yang kamu tulis di desainmu.

Karakter Produk

Sumber: @gosocial.design

Produk di setiap penjualanmu, tentunya bukan cuma satu kan? Setiap produk pasti akan mempunyai kelebihan yang perlu kamu tonjolkan. Mengenali setiap produk lebih dalam akan membantu desainmu lebih berciri khas, dengan menyajikan visual detail yang membuat informasi dalam desain produkmu terlengkapi.

Ide dan Tema

Sumber: @gosocial.foto

Setelah kenal dengan karakter setiap produk. Lebih luas lagi desainmu akan berkarakter jika membuat tema di setiap produknya. Misal saja, untuk produk fashion, mereka akan menyesuaikan desain produk tergantung produk yang dijual, misalkan baju untuk liburan, untuk lebaran, dan lainnya yang menambah kesan menarik buat audience mu.

Kualitas Foto Produk

Sumber: @gosocial.design

Setelah selesai dengan rancanganmu, hal yang penting juga adalah kualitas foto produkmu. Desain produk yang bagus akan lebih maksimal dengan foto yang berkualitas. Pastikan fotomu tidak pecah dan blur. Menggunakan kamera DSLR, Mirrorless, Pocket, dan juga  smartphone bisa menjadi pilihan buatmu. Tapi saran dari GoGo usahakan kamu bisa menggunakan kamera profesional seperti DSLR dan Mirrorles. Karena pastinya akan lebih canggih dan memudahkanmu menentukan berbagai macam gaya produk. Kamu pun bisa menggunakan lensa dengan 50mm untuk gambar yang lebih tajam.

Rancang Desain Sesuai Audience

Sumber: @gosocial.design

Sebuah bisnis pastinya mempunyai kalangannya sendiri sebagai pembeli. Apakah pembelimu fokus pada wanita yang kebanyakan suka warna-warna cerah atau pria dengan warna-warna cool dan monokrom. Atau juga dari rentang usianya, mereka milenial dengan yang fresh tapi simpel. Untuk ibu-ibu dengan warna terang dan tulisan yang  menonjol, atau bisa juga untuk anak-anak dengan desain produk lucu yang menggemaskan. Melibatkan kesan sebagai pembeli saat mendesain produk akan menambahkan efek psikologi marketing untuk audiencemu.

Baca juga Pentingnya Psikologi Marketing Dalam Bisnis, Begini Penjelasannya

Software Penunjang Desain

Sumber: unsplash.com

Saat ini memang banyak aplikasi desain dari smartphone yang praktis. Tapi ada sebuah kelemahan dalam hal ini yaitu kualitas yang terkadang tidak tajam dan mempunyai bentuk desain yang terpatenkan hanya dari aplikasi tersebut.

GoGo rekomendasikan agar desainmu lebih profesional gunakanlah software desain berbasis grafis yang bisa membuatmu lebih bebas dan mengexplore desain sesuai gaya dan ciri khas perusahaanmu. 

Ketika foto produkmu pun bagus, akan lebih optimal jika kamu menggunakan aplikasi desain grafis yang jauh dari kata pecah dan bahkan sangat bisa untuk dicetak jika kamu mendesain flayer promo.

Beberapa diantaranya software desain produk yang berbasi grafis adalah CorelDraw, Adobe InDesign, Adobe Ilustrator, Adobe Photoshop, InkScape, dan GIMP.

Nah begitulah 6 hal yang harus kamu perhatikan sebelum desain produk pada fotomu. Berbagai inspirasi desain produk untuk foto jualanmu bisa kamu lihat juga loh di instagram GoSocial khusus untuk desain produk di @gosocial.design dan juga foto produk di @gosocial.studio @gosocial.foto.

Tapi kalau kamu nggak mau pusing-pusing memikirkan semua itu, GoSocial sangat terbuka dengan pelayanan desain foto produk untuk bisnismu. Serahkan saja pada tim GoSocial.

Comments to: 6 Hal yang Harus Kamu Tahu Sebelum Desain Produk pada Fotomu

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.