fbpx

Blog | GoSocial

Kalau kita menyebut konten pasti tidak jauh dari media sosial.

Media sosial sendiri pada esensinya adalah tempat berinteraksinya para pengguna media sosial. Kemudian kita bisa telaah kembali media sosial itu ada kata “sosial” nya yang mana artinya merujuk pada bersosialisasi hanya saja menggunakan media atau platform.

Media sosial nyatanya sekarang digunakan juga dalam mengembangkan bisnis, siapa yang saat ini mempunyai bisnis namun tidak memiliki media sosial, rasanya tidak ada.

Nah pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara pebisnis ikut berinteraksi dengan pengguna media sosial agar bisa diterima, dikenal dan akhirnya menjalin hubungan dengan audiens atau pelanggan.

Jawabannya adalah dengan menggunakan konten interaktif. Apa itu konten interaktif?

Pengertian Konten Interaktif?

sumber : unsplash.com

Konten interaktif adalah konten yang dibuat agar audiens berpartisipasi secara aktif, bukan hanya melihat, menonton atau mendengarkan konten kita saja.

Para followers atau audiens juga bisa berinteraksi dengan pengguna lain di konten kita, misalnya pada kolom komentar.

Konten interaktif sangat cocok digunakan untuk mengenalkan brand kamu kepada khalayak luas, kenapa?

Seperti seseorang berkenalan dengan orang baru pasti ada rasa ingin tahu satu sama lain dan disitulah promosi bekerja, selain itu juga bisa menjadi ajang mendengarkan apapun dari followers atau audiens mengenai brand atau bisnis kamu.

Konten interaktif juga mampu menarik perhatian audiens, meningkatkan trafik dan engagement media sosial lho! SocioZen.

Selain itu secara psikologis, kita sebagai manusia senang mengobrol, mendapatkan cerita, pengalaman, info baru dan semua itu bisa terjadi ketika adanya interaksi antar sesama baik di ranah offline dan online.

Dan faktanya ranah online saat ini lebih sering digunakan dalam berinteraksi makanya terkadang kita betah berlama lama menggunakan media sosial.

Manfaat Konten Interaktif

sumber : unsplash.com

Mendapatkan Keterikatan

Ketika audiens sudah menyukai konten yang dibuat maka otomatis nama brand juga akan terbawa, maka selanjutnya audiens akan bergerak memfollow.

Kemudian akan ada hubungan keterikatan yang bisa dibangun antara brand dan audiens. Dari hal kecil ini audiens nantinya bisa saja menjadi potensi pembeli masa depan kamu bahkan pelanggan setia.

Lebih Spesifik Dalam Menarik Minat Audiens

Mungkin awalnya target pasar kita hanya anak muda dengan rate usia tertentu, namun ketika adanya konten interaktif dan audiens mulai berpartisipasi kita bisa melihat atau mengetahui audiens lebih dalam, salah satunya mengenai perilaku audiens.

Dan kita bisa lebih meningkatkan konten yang lebih relevan dengan para audiens dan mendorong audiens membeli produk kita.

Memberikan Pengetahuan Dan Meningkatkan Share Dari Audiens

Konten interaktif bukan hanya tentang bagaimana audiens dan brand saling berinteraksi namun adanya isi konten yang menarik, informatif dan bermanfaat.

Hal tersebut selain bisa memberikan pengetahuan kepada audiens, ada timbal balik dari audiens untuk brand secara tidak langsung yaitu mendorong audiens untuk membagikan konten kita.

Jenis Konten Interaktif

sumber : unsplash.com

Infografis

Dalam membuat konten infografis interaktif memang membutuhkan waktu karena harus menentukan topik apa yang akan dibahas, riset data dan fakta, lalu memvisualiasinya semenarik mungkin dan mengevaluasinya. Namun konten infografis Interaktif begitu mampu membuat audiens terlibat pada konten.

Q&A via Instagram Stories

Saat ini konten interaktif  lewat Q&A Instagram Stories sangat digemari karena mudah dan cepat tidak perlu memikirkan desain, kamu hanya perlu mempunyai ide yang menarik untuk membuat pertanyaan.

Pertanyaannya dan jawabannya tidak selalu hal serius atau mengenai brand, tapi bisa diselingi dengan candaan supaya audiens tidak merasa bosan.

Jajak Pendapat dan Survei

Hampir sama seperti Q&A namun jajak pendapat lebih mendetail atau meminta jawaban mengenai umpan balik konsumen tentang konten, produk, layanan, wawasan audiens mengenai produk dan preferensi pembelian, misalnya motivasi membeli, produk apa yang paling favorit, harga dan lainnya.

Jajak pendapat itu seperti polling pada Instagram Stories yang mempunyai pilihan jawaban sedangkan survei mempunyai banyak pertanyaan.

Giveaway

Giveaway adalah hal umum yang sering kita temui di media sosial, apabila kamu mempunyai modal yang lebih kamu bisa menggunakan konten interaktif giveaway agar mampu menarik perhatian audiens.

Misalnya dengan memposting brand di feed audiens, atau memberikan jawaban di kolom komentar dengan tag tiga orang. Hal sederhana ini nyatanya masih ampuh dipakai oleh bisnis online maupun perusahaan.

Instagram Live

Instagram live atau video live adalah konten interaktif yang patut kamu coba. 

Sekarang ini rasanya video menjadi yang paling ampuh baik untuk mengetahui cara menggunakan produk atau mengenalkan cara membeli produk atau yang sering kita kenal dengan tutorial.

Kamu bisa membuat video tutorial untuk memperkenalkan produk, lalu memberikan jawaban ketika pelanggan atau audiens merasa kesulitan atau bingung dalam menggunakan produk. 

Bahkan Instagram live ajang memperkenalkan icon atau model brand kamu.

Konten Instagram live tidak hanya mengenai produk saja tapi kamu bisa live untuk ngobrol santai dengan para audiens dan itu bisa semakin memperkenalkan brand lebih dekat dengan audiens.

Games

Nah sekarang ada konten interaktif yang menghibur, yaitu bermain games.

Kamu bisa mengajak para audiens menjawab pertanyaan, menebak jawaban (TTS) atau juga melanjutkan pantun. Hal tersebut bisa membuat audiens terhibur serta meningkatkan engagement.

Quote atau Kutipan

Quote atau kutipan kini menjadi konten yang diminati karena para audiens merasa sangat relevan dan setelah membaca rasanya menjadi suasana hati menjadi tenang.

Quote atau kutipan adalah konten yang mudah dibuat dan juga mudah untuk dibagikan oleh para audiens. Buat quote atau kutipan yang kemungkinan besar disukai oleh audiens.

Media sosial saat ini menjadi satu satunya jawaban untuk saling berinteraksi, mencari hiburan, informasi bahkan memulai bisnis. Nah untuk bisnis sendiri bukan hanya tentang eksis di media sosial, mempromosikan produk dan selalu berbicara tentang kelebihan produk dari yang lainnya, tidak itu sudah usang.

Saat ini banyak bisnis yang menonjol bukan dari produknya melainkan dari konten media sosialnya, perilaku masyarakat dalam melihat brand atau bisnis kini telah berubah.

Saatnya beradaptasi dan ubah pengelolaan media sosial kamu bersama kami GoSocial, karena kami Creative Digital Agency yang mempunyai jasa Social Media Management, Social Media Engagement dan Branding & Design.

Informasi lebih lanjut bisa kamu lihat disini dan follow Instagram kami gosocial.id

 

Comments to: 7 Jenis Konten Interaktif Yang Ampuh Menaikkan Engagement Media Sosial

Your email address will not be published.

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.