8 Tips Digital Marketing Untuk Bisnis Kuliner

Image Description

Putri Sunarno

1 tahun yang lalu Marketing
Share:
Image Description

Hai SocioZen !

Bisnis kuliner menjadi salah satu usaha yang diprediksi tidak akan mati atau terus berkelanjutan.

Namun, hal ini tentunya juga berdasar pada strategi pemasaran yang dimiliki oleh pebisnis kuliner. Jika kamu menjalankan bisnis kuliner, sangat disarankan untuk bisa mengeksplor dunia pemasaran agar bisnismu tidak mati karena kalah saing dengan pebisnis lainnya. 

Pentingnya strategi pemasaran menjadi kunci utama berlangsungnya usaha bisnis kuliner. Karena masih banyak juga pebisnis kuliner yang masih belum melek terhadap strategi pemasaran. 

Strategi pemasaran yang paling jitu untuk digunakan sekarang yaitu strategi digital marketing. Kamu bisa menggunakan beragam media pemasaran yang potensial jika menggunakan strategi digital marketing, mengingat untuk sekarang pengguna digital semakin meningkat. 



Kenapa Harus Menggunakan Digital Marketing ?
 

  1. Pengguna Internet Meningkat
    Tidak bisa dipungkiri, pengguna internet di Indonesia setiap tahunnya menunjukkan angka peningkatan yang cukup signifikan. Kamu bisa memanfaatkan potensi ini dengan memasukkan bisnismu dalam dunia digital.
     
  2. Bisa Menjangkau Banyak Konsumen 
    Adanya pengguna internet dengan jumlah banyak, tentunya sangat potensial untuk bisa menjangkau banyak konsumen baru juga. Melalui dunia digital, kamu bisa memilih berbagai media pemasaran yang sesuai dengan target dari konsumen bisnismu. 
     
  3. Bisa Meningkatkan Engagement Konsumen
    Pemasaran digital identik dengan content marketing. Melalui pembuatan konten yang sesuai dengan bisnismu, bisa jadi media untuk membangun hubungan dengan pelanggan. Selain itu, dengan digital marketing kamu juga bisa lebih intens dalam melakukan komunikasi dengan pelanggan. 
     
  4. Banyak Media Promosi Potensial
    Melalui pemasaran digital, kamu bisa menggunakan berbagai media pemasaran yang potensial untuk bisnismu. Mulai dari media sosial, website hingga iklan berbayar. Kamu juga bisa pilih berdasarkan kebutuhan & kemampuan dari bisnismu dalam mengelolah media pemasaran. Semakin menarik dan konsisten dalam mengelolah media pemasaran, maka semakin tinggi pula peluang yang bisa kamu dapatkan untuk meningkatkan penjualan produk mu. 
     
  5. Biaya Promosi Lebih Murah
    Selain menyediakan berbagai media pemasaran, dengan menggunakan digital marketing kamu bisa mendapatkan biaya promosi dengan harga terjangkau. Bahkan kamu juga bisa mendapatkan media promosi secara gratis sesuai dengan media yang akan kamu gunakan. 


 

Yuk Simak 8 Tips Digital Marketing Untuk Bisnis Kuliner 
 

  1. Perhatikan Branding & Design Produkmu
    Menciptakan nilai & tampilan produk yang baik, bisa menjadi first impression bagi bisnismu. Kamu bisa membuat tampilan foto produk yang menarik agar bisa mensugesti konsumen untuk tertarik pada produk mu. Jika kamu tidak bisa membuat tampilan foto produk yang menarik, kamu bisa pakai jasa layanan branding & design dari GoSocial.
     
  2. Jangan Lupa Copywriting Sangat Penting !
    Penulisan deskripsi produk maupun caption dalam konten bisnis kuliner sangat menentukan keputusan pembelian dari konsumen. Kamu perlu memperhatikan copywriting, dan perbanyak kalimat yang mengandung soft selling.  
     
  3. Optimalkan Media Sosial
    Media sosial menjadi salah satu strategi digital marketing yang sangat potensial untuk mendapatkan banyak konsumen baru. Sekarang tidak hanya bisnis fashion yang masuk dunia digital, banyak bisnis kuliner yang memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan branding produk & penjualan dari bisnis mu. 
     
  4. Buat Website Bisnis mu
    Selain media sosial, kamu juga bisa membuat website bisnis. Melalui website bisnis, kamu bisa memberikan informasi yang lebih spesifik untuk bisa dijangkau oleh konsumen. Selain itu, kamu juga bisa memiliki akun official untuk melakukan manajemen pemasaran untuk memudahkan konsumen dalam menjangkau informasi produk mu. 
     
  5. Optimasi Website Bisnis mu
    Setelah memiliki website bisnis, kamu juga perlu memperhatikan optimasi website. Dengan adanya optimasi website yang baik, bisa menjadi strategi untuk menjangkau konsumen yang lebih luas. Sehingga kamu bisa lebih meningkatkan penjualan. 
     
  6. Manfaatkan Iklan Potensial
    Seringkali konsumen memutuskan pembelian karena melihat iklan-iklan yang bertebaran. Dengan memanfaatkan iklan dari berbagai media sosial, bisa meningkatkan nilai dari produk mu. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan banyak konsumen baru jika iklan yang dibuat bisa semenarik mungkin. Apalagi produk dari bisnis kuliner, akan sangat potensial dalam mensugesti konsumen dengan tampilan iklan yang sugestif. 
     
  7. Gunakan Berbagai Strategi Promosi
    Salah satu cara yang paling ampuh untuk menarik perhatian konsumen yaitu dengan memberikan diskon produk. Berbagai strategi diskon bisa kamu terapkan untuk bisnis kuliner mu. Salah satu contohnya yaitu diskon di hari besar nasional, dengan memberikan potongan harga beberapa persen. 
     
  8. Lakukan Survei Dasar Dari Insight Bisnis mu
    Setelah menerapkan semua strategi digital marketing untuk bisnis kuliner, kamu juga perlu melakukan evaluasi proses strategi yang sudah diterapkan. Kamu perlu analisis, strategi yang paling efektif & efesien untuk bisnis mu. Sehingga kamu bisa meminimalis budget pemasaran dalam bisnis mu & bisa membentuk strategi yang lebih baik. 



Banyak tips digital marketing lainnya yang bisa kamu terapkan dalam bisnis kuliner.  8 Tips di atas bisa jadi dasaran bagi kamu untuk menjalankan strategi digital marketing pada bisnis mu.

Selain itu kamu juga bisa mendapatkan strategi digital marketing yang lebih praktis dan efisien untuk bisnis kuliner, dengan menggunakan berbagai layanan digital marketing dari GoSocial !  


 

Share:

Related articles