Youtube menyampaikan detail tentang cara kerja algoritmanya sekarang. Informasi tentang faktor yang mempengaruhi algoritma rekomendasi video di youtube disebarkan oleh anggota tim terkait. Rekomendasi video dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti waktu tonton, komentar, frekuensi upload dan lain sebagainya.

Video yang performanya buruk akan mempengaruhi kemungkinan video yang akan tayang nantinya karena algoritma baru youtube, dan dampak dari faktor-faktor lainnya semisal subscriber yang tidak aktif atau sering mengupload video akan mempengaruhi algoritma.

Itulah hal-hal yang disampaikan oleh tim YouTube dalam video tanya jawab tetang algoritma  rekomendasi video mereka, dan berikut hal-hal yang mengenai algoritma rekomendasi video di youtube :

Performa Video yang Buruk

Jika salah satu video kreator performanya buruk, apakah akan merugikan channelnya ? hal tersebut yang sering ditanyakan para konten kreator terkait algoritma baru youtube. Youtube tidak menilai channel secara keseluruhan bedasarkan video yang mereka upload. Youtube hanya peduli dengan video yang banyak ditanggapi oleh kebanyakan orang dan memutuskan apakah akan menjadi video rekomendasi kepada orang lain yang belum menonton video tersebut.

Sumber dari Unsplash

Algoritma rekomendasi video akan selalu mengikuti pengguna/penonton, jika video menarik penonton, video tersebut akan muncul di  bagian rekomendasi pengguna terlepas dari buruknya video sebelumnya di channel tersebut. Trendingnya sebuah video adalah hal yang wajar, akan tetapi youtube berhati-hati agar tidak semua video rekomendasi didasarkan pada hal tersebut.

Terlalu Banyak Mengupload Video Perhari

Tidak ada batasan mengenai berapa banyak video yang dapat direkomendasikan untuk penonton tertentu dari channel dalam satu hari. Konten kreator dapat mengupload sebanyak yang mereka inginkan. Berapa banyak penayangan yang diterima setiap video tergantung pada preferensi penonton.

Sumber dari Unsplash

Sistem algoritma rekomendasi YouTube akan terus merekomendasikan video selama penonton terus menontonnya. Jika suatu channel mengupload lebih banyak video dari biasanya, dan setiap video semakin sedikit yang ditonton, itu mungkin pertanda bahwa penonton sudah mulai bosan dengan video di channel tersebut. Meskipun tidak ada batasan berapa banyak video yang akan direkomendasikan YouTube, namun ada batasan berapa banyak pemberitahuan yang akan dikirim. YouTube hanya memberikan 3 pemberitahuan perchannel selama 24 jam.

Subscriber Tidak Aktif

Subscriber tidak aktif bukanlah faktor yang memengaruhi algoritma rekomendasi YouTube. Channel dengan Subscriber yang tidak aktif masih bisa menampilkan video di bagian rekomendasi jika menarik penonton. Membuat Channel baru dan mengupload ulang video yang sama tidak akan membantu video tersebut masuk ke bagian rekomendasi.

Sumber dari Pixabay

Youtube mengingat preferensi penonton, jadi kecil kemungkinannya untuk menjangkau Subscriber yang tidak aktif dengan channel baru. Konten kreator sebaiknya membuat Channel yang baru jika mereka ingin mengupload konten yang berbeda.

Lalu Lintas Eksternal

Lalu lintas eksternal jelas merupakan faktor yang memengaruhi algoritme rekomendasi YouTube, akan tetapi lalu lintas eksternal dapat membantu menampilkan video di bagian rekomendasi, tapi begitu video itu di rekomendasi, video tersebut harus mempunyai tampil baik dengan penonton.

Lalu lintas eksternal yaitu jika video dari suatu channel di tampilkan di web atau blog orang lain sebagai referensi. Keberhasilan suatu video yang bersifat jangka panjang bergantung pada bagaimana orang merespon setelah mengekliknya di rekomendasi.

Youtube memberitau tidak masalah jika durasi penayangan rata-rata turun saat video menerima banyak lalu lintas eksternal. Tampaknya hal ini biasa terjadi, dan tidak berdampak pada kesuksesan video dalam jangka panjang.

Sumber dari Unsplash

Sekali lagi, algoritma YouTube lebih peduli tentang interaksi penonton dengan video setelah mengkliknya di rekomendasi mereka. Algoritma tidak peduli dengan apa yang dilakukan penonton setelah mengklik video dari situs atau aplikasi eksternal.

Sumber : SEJ

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.