Salah satu hal penting yang mendukung keberhasilan bisnis online adalah digital branding. Digital branding menjadi hal penting dalam menjalankan bisnis online karena saat ini sebagian besar masyarakat menghabiskan waktunya untuk berselancar di dunia maya (dunia digital).

Bagi kalian yang penasaran dengan apa dan bagaimana cara melakukan digital branding, berikut Gosocial rangkumkan info singkatnya.

Apa Itu Digital Branding?

Sebelum mengetahui lebih dalam mengenai digital branding, alangkah lebih baiknya jika kita melihat kembali definisi dari kata “branding” itu sendiri

Sumber dari Freepik

Definisi Branding

Branding adalah kegiatan yang dilakukan untuk menciptakan nilai/value dari suatu barang maupun jasa. Branding biasa dilakukan oleh perusahaan untuk memperkenalkan merk dagangnya kepada masyarakat luas.

Sebelum melakukan branding, ada baiknya kita mengenali lebih dulu bisnis yang kita miliki dengan menjawab beberapa pertanyaan dibawah ini:

  • Apa bisnis yang Anda miliki?
  • Apa yang membuat bisnis Anda berbeda dengan bisnis lainnya?
  • Apa tujuan dan misi bisnis Anda?
  • Apa nilai-nilai yang dimiliki oleh bisnis Anda?
  • Siapa target pasar dari bisnis Anda?

Sehingga, dapat dikatakan apabila branding merupakan langkah awal yang harus dilakukan ketika kita memulai sebuah bisnis.

Definisi Digital Branding

Setelah mengetahui makna dari kata branding, saatnya kita mengetahui lebih dalam mengenai digital branding.

Keberadaan internet dan situs web telah memberikan dampak yang signifikan dalam dunia bisnis, tak terkecuali dalam hal branding. Branding yang dilakukan melalui media internet disebut dengan digital branding.

Sumber dari Freepik

Digital branding adalah teknik manajemen yang memadukan antara kegiatan branding dengan media digital (internet) untuk memperkenalkan bisnis ke masyarakat.

Digital branding memungkinkan perusahaan untuk memperluas pasarnya karena kegiatan branding dapat dilakukan lebih mudah dan dapat menjangkau lebih banyak audiens.

Kehadiran internet telah memberikan ruang bagi perusahaan untuk menampilkan identitas dan nilai merk mereka dalam format yang lebih efektif dan efisien melalui digital branding.

Seberapa Pentingkah Digital Branding?

Digital branding menjadi penting terkhusus di era globalisasi saat ini karena hampir seluruh masyarakat mengandalkan internet untuk mencari tahu mengenai suatu hal, termasuk mengenai suatu merk maupun perusahaan.

Digital branding memberikan berbagai macam manfaat kepada penggerak bisnis, diantaranya yaitu :

  • Memiliki berbagai macam saluran. Digital branding memungkinkan perusahaan untuk memanfaatkan berbagai macam saluran online. Saluran dapat diatur sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan, sehingga pesan yang disampaikan dapat menjangkau pelanggan dengan cara yang dipersonalisasi.
  • Pesan bisa menjadi viral. Internet memungkinkan perusahaan untuk dapat dengan mudah dipromosikan, dibagikan, dan direkomendasikan. Konsistensi branding adalah kunci untuk membangun pengikut online yang kuat.
  • Interaksi pelanggan. Digital branding memungkinkan pelanggan untuk berinteraksi dengan perusahaan secara real time dan menciptakan pengalaman pelanggan yang unik. Sehingga segala bentuk keluhan dan masalah yang disampaikan oleh pelanggan dapat segera diatasi.
  • Membedakan merek. Digital branding yang efektif dapat membedakan perusahaan dari pesaing dan memungkinkan perusahaan untuk tetap berada di benak pelanggan.
  • Koneksi yang lebih baik. Digital branding memungkinkan perusahaan untuk dapat terhubung dengan target pelanggan, bagaimanapun bentuk demografisnya.
Sumber dari Pixabay

Tips Menjalankan Digital Branding

Bagi kalian yang tengah merintis atau sedang menjalankan bisnis online, mungkin masih merasa kebingungan bagaimana cara memulai digital branding agar sesuai dengan target yang ingin dicapai.

Nah, berikut merupakan hal-hal yang dapat dilakukan agar digital branding yang anda lakukan sukses:

Logo merupakan hal penting dalam sebuah perusahaan. Logo adalah identitas yang akan terus diingat oleh masyarakat. Oleh sebab itu, sebelum melakukan digital branding, penting bagi perusahaan untuk membuat logo yang mudah diingat oleh masyarakat.

Sumber dari Unsplash

Membuat Website Perusahaan

Website dapat dikatakan sebagai rumah bagi perusahaan. Website merupakan tempat yang dapat memberitahukan segala sesuatu yang dibutuhkan oleh pelanggan.

Ketika seseorang mencari tahu mengenai produk maupun perusahaan kita, maka orang tersebut akan mencarinya melalui google dan berharap apabila mereka akan menemukan website dari perusahaan kita agar mereka dapat memperoleh informasi yang valid.

Pastikan anda membuat website yang user friendly agar pelanggan betah berselancar dalam website tersebut.

Sumber dari Unsplash

Pesan Bisnis

Dalam proses digital branding tentu saja kita membutuhkan suatu pesan yang akan disampaikan dalam setiap proses branding. Pastikan pesan yang disampaikan ketika membranding suatu produk menampilkan informasi dasar mengenai produk tersebut.

Selain itu, penggunaan bahasa unik dan memiliki ciri khas juga dapat membuat brand anda mudah diingat oleh pelanggan. Bubuhkan kata-kata yang membuat orang penasaran sehingga mereka akan mencari tahu lebih dalam mengenai produk anda.

Memanfaatkan Fitur SEO

SEO atau Search Engine Optimization dapat memperlancar proses digital branding karena melalui fitur tersebut brand yang anda tawarkan lebih mudah untuk ditemukan di mesin pencari.

Menggunakan Sosial Media

Sebagian besar masyarakat di dunia ini memiliki sosial media untuk menunjang proses komunikasi sehari-hari. Memanfaatkan sosial media sebagai sarana digital branding merupakan pilihan yang sangat tepat, karena media sosial menjadi jejaring yang paling banyak diakses untuk saat ini.

Sesuaikan pesan bisnis anda dengan keunggulan masing-masing sosial media agar mendapatkan impresi yang maksimal dari audiens.

Sumber dari Unsplash

Email Marketing

Email marketing dapat digunakan sebagai alternatif bagi orang-orang yang tidak memiliki sosial media. Menembak pelanggan melalui email juga dapat meningkatkan penungjung di website anda.

Memanfaatkan fitur Ads

Sebagian besar jejaring sosial yang ada saat ini memiliki fitur ads di dalamnya. Fitur tersebut dapat kita manfaatkan sebagai media branding digital karena kita dapat menentukan sendiri khalayak sasaran dari iklan sehingga, iklan dapat bekerja lebih optimal.

Sumber dari Freepik

Nah, sekarang apakah produk atau perusahaan anda sudah melakukan digital branding dengan baik? Jika sudah, Anda telah menerapkan strategi yang benar. Namun jika belum, Anda perlu mempertimbangkan untuk segera memikirkan strategi digital marketing yang cocok untuk bisnis Anda. Tidak bisa membuat pesan bisnis yang efektif? Tidak bisa menjalankan digital branding dengan baik? Jangan khawatir, GoSocial Indonesia hadir untuk membantu UMKM Indonesia menuju Go Digital. Kami menyediakan layanan-layanan yang dapat membantu memajukan bisnis Anda. Untuk Informasi lebih lanjut bisa menuju ke halaman ini ya. GoSocial Indonesia siap membantu Anda.

Comments to: Digital Branding, Langkah Awal Meraih Kesuksesan dalam Menjalankan Bisnis Online

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.