Apakah Social Media Marketing Bisa Menunjang Penjualan UMKM ?

Image Description

Putri Sunarno

1 tahun yang lalu Media Sosial
Share:
Image Description

Untuk bisa meningkatkan penjualan UMKM dalam dunia digital marketing, tentunya memerlukan strategi yang tepat. 

Salah satu strategi jitu yang bisa digunakan para UMKM yaitu social media marketing. Pemasaran melalui media sosial ini bisa sangat potensial karena tingginya pengguna dari berbagai usia. Melalui potensi ini, bisnismu bisa memiliki peluang untuk memperluas jangkauan pasar dari target audiens. 

Jika kamu bisa mengoptimalkan berbagai potensi dalam social media marketing, maka bisa menjadi pendorong bisnismu untuk meningkatkan penjualan. Hal ini karena, selain pengguna yang cukup potensial dalam media sosial juga menyediakan banyak fitur yang bisa menunjang strategi marketing bisnismu. 

 

Kenapa Sih Harus Social Media Marketing ?
 

Kamu Bisa Menjangkau Banyak Target Pasar

Sumber : pexel

Salah satu kekurangan pemasaran konvensional yaitu kamu hanya bisa menjangkau audiens yang kecil, bahkan hanya lingkungan sekitarmu. Namun, dengan menggunakan social media marketing kamu bisa menjangkau audiens dari Sabang sampai Merauke. Hal ini karena pengguna media sosial yang sangat beragam dari berbagai wilayah & usia. Kamu bisa menjangkau audiens yang sebelumnya tidak terjangkau. 

Bisa Meningkatkan Customer Relationship

Sumber : pexel

Melalui social media marketing, selain bisa meningkatkan perluasan pasar kamu juga bisa meningkatkan intensitas komunikasi dengan audiens. Intensitas komunikasi ini bisa menjadi kunci untuk bisa meningkatkan customer relationship. Jika kamu bisa membangun hubungan baik dengan audiens, maka bisa jadi potensi untuk menumbuhkan loyalitas audiens terhadap bisnismu. 
 

Meningkatkan Branding Bisnismu

Sumber : pexel

Jika kamu menggunakan media sosial untuk menunjang pemasaran bisnis, maka pastinya kamu akan membuat content marketing. Melalui pembuatan konten yang menarik, secara tidak langsung bisa membangun branding dari produk bisnismu. Hal ini karena, semakin baik kamu memberikan tampilan informasi yang berkaitan dengan produk bisnismu maka bisa berpotensi menambah nilai dari produk bisnismu. 
 

Penjualan Bisnismu Meningkat

Sumber : pexel

Melalui social media marketing dengan potensi audiens yang sangat besar yang berisi pengguna dari berbagai wilayah, maka bisa menjadi ladang pasar bagi bisnismu. Kamu bisa menjangkau audiens yang sebelumnya tidak bisa kamu jangkau. Dengan ini, jika kamu bisa mengoptimalkan media sosial bisnismu maka akan lebih mudah untuk menarik audiens membeli produk atau layanan bisnismu. 

 

Biaya Promosi Lebih Terjangkau

Sumber : pexel

Salah satu strategi pemasaran yang sering digunakan oleh para pebisnis agar bisa mengenalkan produk atau layanan bisnisnya adalah iklan. Jika kamu masih menggunakan cara konvensional, maka biaya pemasangan iklan seperti baliho bisa mengeluarkan biaya yang lumayan. Namun jika kamu menggunakan social media marketing, secara tidak langsung produk mu bisa secara gratis dikenal oleh banyak audiens. Misalnya, gencar promosi melalui media sosial pribadi & teman. 

Social media marketing bisa menjadi penunjang bisnismu untuk meningkatkan penjualan. Hal ini karena selain pengguna yang sangat potensial, melalui media sosial kamu bisa lebih mudah menciptakan branding produk sehingga bisa meningkatkan ketertarikan audiens baru. 

Selain itu, kamu juga bisa mengoptimalkan social media marketing bisnismu agar berbagai potensi yang tersedia bisa menunjang penjualan bisnismu. Kamu juga bisa meningkatkan optimasi media sosial bisnismu agar bisa lebih banyak menggaet audiens dengan layanan GoSocial loh !


 

Share:

Related articles