Tidak semua produsen mengerti tentang digital marketing. Secara singkat, digital marketing adalah proses periklanan melalui media-media online seperti : facebook, whatsapp, dan instagram. Digital marketing dengan pengiklanan online adalah sama.

Arti Digital Marketing

Arti dari digital marketing ialah proses pemasaran suatu produk baik barang maupun jasa menggunakan media-media digital yang dilakukan oleh produsen. Media digital sendiri antara lain sosial media, email, website, dan lain sebagainya.

Tujuan Digital Marketing

Arti dari digital marketing ialah proses pemasaran suatu produk baik barang maupun jasa menggunakan media-media digital yang dilakukan oleh produsen. Media digital sendiri antara lain sosial media, email, website, dan lain sebagainya.

Media untuk Digital Marketing

Ada beberapa media untuk melakukan digital marketing terhadap produk, antara lain :

Digital Marketing melalui Sosial Media

Sosial media tempat yang paling strategis untuk melakukan digital marketing, sebab di sosial media wadah bagi orang untuk melakukan sosialisasi, secara tidak langsung produk yang di pasarkan di sosial media akan menumbuhkan ketertarikan pada calon konsumen.

Social Media Marketing
Sumber Dari Freepik

Untuk digital marketing di sosial media tentunya membutuhkan konten-konten yang menarik agar pemasaran sesuai target yang diinginkan, seperti contoh memasarkan produk makanan ringan yang pedas maka konten yang dikerjakan harus dapat membuat calon konsumen penasaran seberapa pedas produk tersebut dan akhirnya calon konsumen memutuskan untuk membelinya.

Tidak hanya itu, di sosial media juga dibutuhkan kepercayaan terhadap produk yang ditawarkan, diantaranya adalah banyaknya follower yang mengikuti kegiatan akun sosial media untuk digital marketing.

Digital Marketing melalui Email

Banyak sebagian orang telah mengabaikan digital marketing menggunakan media email, karena di anggap membuang waktu dan tidak efisien dan akhirnya digital media melalui email perlahan-lahan ditinggalkan oleh produsen, padahal peran email di digital marketing masih sangat dibutuhkan.

Di digital marketing, email dibutuhkan untuk menyebarkan penawaran-penawaran menarik dari produk seperti halnya promo ataupun produk baru. Digital marketing melalui email akan lebih berguna untuk para konsumen.

Digital Marketing melalui Website

Salah satu cara digital marketing yang masih di minati oleh para produsen saat ini yaitu melalui website, mungkin sebagian orang menganggap hal tersebut menghabiskan biaya, tetapi pada kenyataannya hal tersebut salah.

Sumber Dari Freepik

Untuk digital marketing harus dan wajib hukumnya memiliki website yang menarik agar produk-produk yang ingin dipasarkan dijelaskan secara menyeluruh dan melengkapi penjelasan produk di sosial media.

Manfaat Digital Marketing bagi Produsen

Pada pengiklanan konvensional mereka menggunakan media kertas maupun billboard untuk memperkenalkan produknya, namun cara ini di anggap tidak efektif, karena besarnya biaya operasional untuk mengelola itu semua dan juga menyebabkan limbah kertas yang berdampak pada lingkungan, oleh sebab itu digital marketing di anggap lebih efektif karena orang lebih banyak menghabiskan waktunya menggunakan gadget.

Berikut ini ada beberapa penjelasan tentang manfaat digital marketing bagi produsen :

Meminimalisir Biaya

Produsen yang baru berkecimpung di dunia bisnis mungkin beranggapan bahwa dengan menggunakan media untuk pengiklanan akan mengeluarkan biaya yang sangat besar dan apalagi jika modal yang digunakan terlalu pas. Dengan melakukan digital marketing, produsen dapat meminimalisir biaya pengeluaran, karena biaya yang ditawarkan untuk pengiklanan di internet masih tergolong murah dan lebih efektif dibanding dengan pengiklanan konvensional.

Memaksimalkan Target Marketing

Dengan melakukan digital marketing, para produsen dapat menempatkan iklannya di platform yang sesuai dengan produknya, semisal jika produsen ingin mengiklankan produknya yaitu makanan ringan mereka bisa mengambil pengiklanan di platform instagram berupa penjelasan dan foto yang menampilkan makanan ringan tersebut dan membuat kalayak umum tertarik akan produk yang di iklankan tanpa menyentuhnya.

Efisien dalam Jangka Waktu

Jika dalam pengiklanan konvensional media kertas atau spanduk yang digunakan hanya bertahan mungkin 1 bulan, beda dengan pengiklanan di internet yang bertahan selama kurang lebih 1 tahun dan itu bisa di perpajang lagi sesuai kebutuhan.

Sumber Dari Freepik

Meskipun media marketing dianggap efektif, tetapi masih banyak para produsen yang kebingungan akan bagaimana cara melakukan digital marketing, mungkin kurangnya sosialisasi terkait media marketing maupun sedikitnya penyedia layanan digital marketing di internet, oleh sebab itu Produk dari GoSocial hadir memberikan kemudahan bagi anda para pelaku usaha yang ingin memperkenalkan produknya melalui online dengan mudah.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.