Blog | GoSocial

Hai SocioZen, bicara bisnis adalah tentang menjual produk ataupun jasa, ya. Pasti ada aktifitas di mana kamu memikirkan bagaimana bisnismu laku? Bagaimana bisnismu banyak diminati? Strategi pemasaran adalah kata yang tepat untuk menjawab hal tersebut.

Strategi pemasaran adalah sebuah rangkaian perencanaan untuk meraih target pasar lalu mengubah mereka menjadi konsumenmu. Artinya perlu ada cara untuk menjangkau konsumen, tidak bisa asal-asalan agar sesuai target pasarmu sendiri. 

Strategi pemasaran ini juga berguna untuk memudahkan kinerja tim, dari segi koordinasi maupun jangka waktu, lalu goals dari jobdesk masing-masing tim itu sendiri.

Strategi pemasaran pun banyak jenisnya. Berikut ini adalah berbagai jenis strategi pemasaran efektif yang perlu kamu tahu untuk kelancaran bisnismu. Apa saja ya?

Social Media Marketing

Sumber: Unsplash.com

Social Media Marketing adalah jenis strategi pemasaran yang nggak boleh kamu lewatkan. Social Media Marketing adalah pemasaran yang memanfaatkan media sosial. 

Tak dipungkiri pesatnya perkembangan dunia internet dengan social media yang begitu digandrungi, membuat marketing (pemasaran) berubah menjadi digital marketing (pemasaran digital). Bisa kamu sebutkan, berapa toko online yang ada di social media? Pastinya sangat banyak. 

Di dalam Social Media Marketing kamu bukan hanya mengenalkan produk dengan berbagai postingan, tapi kamu bisa memanfaatkan fitur bisnis, iklan berbayar, bahkan hashtag di caption yang bisa mengundang banyak audiens media sosial.

Baca juga: Social Media Marketing : Pengertian, Manfaat dan Strategi Panduan Lengkap.

Search Engine Marketing

Sumber: Unsplash.com

Internet, siapa yang tidak menggunakan internet? Siapa yang tidak kenal dengan Google? Search Engine Marketing (SEM) adalah jenis strategi pemasaran dengan meningkatkan visibilitas website di mesin pencarian atau Google. Artinya kamu harus membuat website terlebih dahulu.

Bukankah aktifitas menggunakan mesin pencari atau Google banyak dilakukan orang-orang? Inilah kesempatanmu untuk mengenalkan bisnismu melalui website yang otomatis terhubung ke Google.

Dengan strategi SEM, kamu dapat meningkatan audiens yang mengunjungi website mu ketika menggunakan Google untuk mencari informasi. 

Baca juga: Peran Website sebagai penunjang Bisnis di Era Digital.

Content Marketing

Sumber: Unsplash.com

Content Marketing merupakan strategi pemasaran dengan membuat berbagai konten yang menarik perhatian audiens. Konten ini bisa berupa blog, video, infografik, gambar-gambar, bahkan sampai podcast dan buku.

Content Marketing ini perlu dikonsepkan sebaik mungkin agar tepat sasaran dan pesan marketingmu tersampaikan. Perlu ada konsistensi dan isi yang relevan sesuai target market bisnismu. Content Marketing juga akan membuat lebih dekat dengan audiens.

Baca juga: Content Marketing : Definisi dan Strateginya.

Email Marketing

Sumber: Pixabay.com

Email Marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan email sebagai media promosi perusahaan. Perusahaan akan mengirim email dengan isinya seperti promo, penawaran produk, update produk terbaru, dan sebagainya untuk menjalin komunikasi lebih dekat dan personal melalui inbox email ke konsumenmu.

Strategi ini membutuhkan database email dari para pelangganmu. Kamu bisa melakukannya dengan memanfaatkan subscriber website yang meminta data email, pelatihan dengan pendaftaran melalui email, dan berbagai cara lainnya. 

Namun perlu diketahui, agar Email Marketing ini tidak terkesan spam, kamu juga perlu merancang isi dari Email Marketing tersebut.

Baca juga: Kamu Perlu Tahu ! 5 Strategi Email Marketing Bagi Bisnis.

Call to Action Marketing

Sumber: Pixabay.com

Call to Action Marketing adalah strategi pemasaran dengan membuat pernyataan yang dikonsep untuk mendapatkan respon langsung dari audiens untuk melakukan sesuatu yang diminta dari call to action tersebut.

Seperti halnya kalimat, “Dapatkan informasi lengkapnya di sini.” 

Atau kamu pun sering menemukan yang seperti ini: 

“Tonton video ini.” 

“Dapatkan sekarang juga, karena promo hanya berlaku sampai hari ini.” 

“Jangan lupa like, comment, dan share ya.”

Dan berbagai kata-kata lainnya yang membuat audiensmu bereaksi dan berinteraksi atau mengundang audiensmu untuk mengenal lebih dalam bisnismu.

Baca juga: Inilah Strategi Call To Action Untuk Meningkatkan Bisnismu.

Iklan Berbayar

Sumber: Unsplash.com

Pemasaran tentunya membutuhkan sebuah iklan agar dunia tahu apa produk maupun jasa dari bisnismu. Semakin canggihnya digital, iklan pun bisa disebar sangat luas dengan iklan berbayar. 

Strategi pemasaran ini berhubungan dengan berbagai platform yang menyediakan paid advertising. Berbagai contoh iklan berbayar seperti di bawah ini:

  • Social media ads dari Intagram Ads, Facebook Ads, Twitter Ads, Tik Tok Ads. 
  • Display advertising yang menampilkan gambar iklan di internet seperti website, media sosial, juga aplikasi.
  • Native advertising, jenis iklan yang muncul di berbagai platform namun mengikuti dan menyesuaikan platform yang dijadikan media iklan. Dengan begitu user pun tidak terganggu.
  • Search engine marketing (SEM), seperti yang dijelaskan sebelumnya SEM berhubungan dengan Google. Jenis iklan ini memanfaatkan fasilitas dari Google seperti Google Ads, Google AdWords.
  • Mobile advertising, jenis iklan ini akan menampilkan iklanmu di smart phone user.

Direct Selling (Penjualan Secara Langsung)

Sumber: Pixabay.com

Menjual secara langsung dengan menemui konsumen juga masih bisa dilakukan untuk strategi pemasaran. Apalagi untuk bisnis yang menjual produk berupa barang. Terkadang ada jenis konsumen yang ingin melihat langsung bagaimana kualitas dan wujud barang yang kamu jual.

Bahkan produk yang berupa jasa pun masih butuh untuk berdiskusi dan bernegosiasi dengan klien secara langsung. Manfaatkan pertemuan tersebut untuk meyakinkan dan memikat pelangganmu.

Point of Purchase

Sumber: Unsplash.com

Point of Purchase (POP), jenis strategi pemasaran seperti ini adalah melakukan material marketing di dekat produk yang sedang dipromosikan. Hal ini bisa ditemui dalam berbagai produk yang dipajang di toko retail.

Selain isi marketing, kamu perlu mengonsep pula bagaimana tampilan yang menarik yang bisa dipajang. Seperti membuat desain khusus, gambar, dan sebagainya. Lalu menempatkannya di tempat yang mudah terlihat.

Time Limit

Sumber: Pixabay.com

Time Limit adalah strategi pemasaran yang membuat batas waktu pada promosi produkmu. Batas waktu ini berguna agar pembeli cepat mengambil keputusan. Seperti halnya diskon, promo akhir tahun, dan lainnya sesuai apa yang dikonsepkan pada penjualanmu.

Free Shipping

Sumber: Freepik.com

Free Shipping adalah strategi pemasaran yang menerapkan gratis ongkir pada bisnismu. Gratis ongkir, sesuatu yang banyak menarik perhatian dari konsumen. Siapa yang tidak suka dengan pengiriman gratis? Penerapan gratis ongkir juga sudah banyak dilakukan oleh perusahaan e-commerce dan marketplace kepada penggunanya yang membeli produk yang sudah terdaftar di perusahaan tersebut.

Namun kamu juga perlu menyesuaikan dengan danamu sendiri. Gratis ongkir relatf atau tidaknya tergantung dari kondisi bisnis yang kita jalani. Apakah memungkinkan untuk menerapkan gratis ongkir atau tidak.

Begitulah berbagai jenis strategi pemasaran efektif yang perlu kamu tahu untuk meningkatkan penjualan dan perkembangan bisnismu. Apakah sudah ada yang kamu terapkan? Mana yang paling efisien untuk bisnismu?

 

Comments to: Berbagai Jenis Strategi Pemasaran Efektif yang Perlu Kamu Tahu

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.