Di era 4.0 ini, banyak sekali bermunculan perusahaan rintisan (startup) yang menjadi penompang perekonomian suatu bangsa. Berdasarkan data startup ranking, pada tahun 2019 Indonesia mempunyai 2.193 startup. Hal ini tentunya menjadi berita baik untuk digitalisasi di Indonesia sekaligus lapangan kerja baru. Yap, hampir semua perusahaan rintisan ini beroperasi di bidang teknologi digital.

Perkembangan teknologi yang semakin pesat, mengharuskan semua orang untuk bermedia sosial, baik remaja maupun orang tua sekalipun. Peluang inilah yang dimanfaatkan oleh startup untuk memasarkan produk melalui sosial media. Target pasar yang jelas serta kemudahan dalam menawarkan produk secara online menjadi poin utama.

Tak hanya itu, pedagang dan pebisnis kecil pun mulai melirik media sosial sebagai wadah yang cocok untuk menjajakan dan mempromosikan jualan. Biaya untuk iklan pun bisa dibilang gratis. Anda hanya perlu memantau insight pasar dan penjualan toko online.

Nah, kira-kira apa aja sih macam media sosial yang cocok untuk memulai berbisnis secara online? Baca lengkapnya, dibawah ini!

Website/Blog

Sources: freepik.com

Pada dasarnya, pemasaran digital melalui website merupakan cara paling lama dan pertama yang digunakan setelah kemunculan internet. Biasanya, deskripsi lengkap akan produk beserta gambar turut dipaparkan dalam bentuk tulisan panjang. Seperti, artikel atau kolom informasi produk.

Dengan begitu, si calon konsumen akan mengerti fungsi produk yang ditawarkan. Jika produk tersebut menjawab permasalahan pembaca, maka dengan serta-merta pembaca akan langsung membeli.

Facebook

Source: freepik.com

Media satu ini merupakan salah satu media tertua yang memiliki banyak pengguna dari seluruh dunia. Mulai dari anak-anak sampai orang tua. Kemudahan dalam berbagi gambar, video, cerita, dan berchatting ria membuat facebook makin gencar digunakan masyarakat.

Baru-baru ini group facebook banyak digunakan sebagai lapak jualan oleh para ibu-ibu. Lambat laun, media satu ini menjadi media jualan onlen yang banyak digunakan oleh kalangan dewasa. Fitur terbaru yang dihadirkan adalah Facebook Ads. Fitur tersebut dapat meningkatkan insight penjualan dan target pasar dengan mudah.

Instagram

source: freepik.com

Bagi kawula muda, platform satu ini pastinya sudah tidak asing lagi. Fiturnya yang menarik, kece, dan estetik mendapatkan tempat nomor satu dihati para remaja. Fungsinya yang banyak serta target market yang jelas, mejadikan instagram tak lepas dari tempat berjualan secara daring.

Biasanya, para pebisnis dengan ciamik memoles beranda dengan konten-konten unik dan bermanfaat. Misalnya, tips, cara, seputar info, dan quiz. Konten yang bagus, akan menghasilkan insight audience yang tinggi sehingga akan menimbulkan order di kemudian hari.

Itu dia beberapa rekomendasi media sosial yang cocok untuk berbisnis. Oh ya, pastikan semua produk yang anda jual menjawab tantangan si konsumen. Sehingga dimanapun anda berjualan, maka produk tersebut akan tetap laku. Selamat mencoba!

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.