fbpx

Blog | GoSocial

Bisnis franchise atau waralaba adalah bisnis yang sepertinya mudah untuk dilakukan dan banyak digemari oleh pebisnis pemula yang masih bingung mau buka usaha apa.

Kemudian bisnis franchise tidak akan pernah tergantikan di Indonesia karena akan terus berkembang dan pasar atau target selalu ada bahkan masuk ke berbagai kalangan.

Mengapa bisnis franchise sangat menggiurkan? Selain dari kemudahannya tersebut keuntungan yang didapat pun demikian, lalu pelanggan tidak lagi perlu diberikan penjelasan mengenai apa produknya atau bisnisnya serta bahan-bahan yang dibutuhkan kadang hampir semua orang tahu dan selalu sama.

Bisnis franchise rata-rata adalah bidang kuliner.

Pengertian Bisnis Franchise

unsplash.com

Bisnis franchise adalah metode bisnis yang memberikan jalan bagi setiap individu untuk membuka bisnis baru namun dengan menggunakan nama brand atau merek yang sudah ada.

Sederhananya seperti membuka cabang baru dan tersebar dimana mana.

Pengertian secara hukum dijelaskan pada peraturan Menteri Perdagangan yang berbunyi; Bisnis franchise adalah hak khusus yang dimiliki oleh perseorangan atau badan usaha dengan menggunakan sistem bisnis yang sama dalam rangka memasarkan barang dan/atau jasa yang telah disepakati berdasarkan perjanjian waralaba.

Perjanjian bagi seorang individu yang ingin membuka bisnis franchise dengan yang mempunyai usaha atau yang disebut dengan franchisor. 

Franchisor adalah pihak pemberi waralaba atau badan usaha yang memberikan hak kepada pihak lain untuk memanfaatkan atau menggunakan waralaba yang dimiliki.

Cara Mempromosikan Bisnis Franchise

pexels.com

Hari-hari ini kita masih dihadapkan pada situasi pandemi Covid-19 namun mau tidak mau kita harus beradaptasi dengan kehidupan new normal dan juga dengan teknologi.

Nah berikut ini ada tips menarik dari Gogo agar bisa beradaptasi dengan teknologi termasuk juga untuk mempromosikan bisnis franchise.

Media Sosial

Mungkin terdengar klise namun media sosial saat ini sangat penting, karena bisa memasarkan produk kamu lebih luas dan keuntungan bisa didapat bisa lebih banyak.

Kamu bisa mempromosikan produk kamu menggunakan Instagram, Facebook, Tiktok bahkan Whatsapp.

Bisnis franchise yang sering kita lihat adalah yang berada di pinggir jalan atau kaki lima, tapi apa salahnya bila bisnis franchise naik kelas ke ranah digital. Misalnya ayam sabana, seperti ini.

Mungkin hal tersebut membutuhkan waktu dan kreativitas yang tinggi tapi tenang ada GoSocial yang siap membantu menerbangkan UMKM lebih tinggi, kami mempunyai jasa Social Media Management & Social Media Engagement serta Branding & Design.

Content Marketing

Setelah memahami media sosial langkah selanjutnya adalah menggunakan content marketing pada media sosial. Kamu bisa membuat content yang menarik, kreatif, unik dan tentunya juga bisa menarik perhatian pelanggan tapi jangan lupa selipkan promosi.

Pembayaran Digital

Beradaptasi tidak cuma pada media sosial saja namun juga teknologi lainnya yaitu pembayaran digital. Kamu bisa menggunakan pembayaran digital untuk memudahkan para pelanggan baik saat membeli online maupun offline

Selain itu juga pembayaran digital memudahkan kamu sebagai penjual agar tidak repot dalam memberikan kembalian. Serta bisnis franchise kamu lebih terlihat modern.

Bergabung dengan Komunitas atau Ojek Online

Bergabung dengan teman seperjuangan atau memiliki bisnis yang sama itu nyatanya tidak apa-apa lho SocioZen, mereka bukan pesaing tapi mereka adalah teman. 

Komunitas bisa membantu kamu saat kamu merasa kesulitan atau bingung. Karena kita percaya bahwa rezeki sudah ada yang mengatur kita hanya tinggal berusaha semaksimal mungkin.

Dan membangun koneksi dengan para driver ojek online. Dari hubungan yang dibangun kamu akan mempunyai strategi baru dalam mempromosikan bisnis kamu dan juga dibantu oleh mereka. Jadi saling membantu dan menguntungkan.

Marketplace

Selain berjualan di media sosial kamu juga harus mendaftar di marketplace

Ambil contoh seperti ayam sabana tadi, kemudian kamu bisa berinovasi dengan menjual sambalnya, kulit ayam dan lainnya.

Website

Sudah mempunyai media sosial dan mendaftar di marketplace rasanya kurang kalau tidak mempunyai website sendiri, semakin digital maka bisnis kamu akan terlihat semakin catchy dan itu membuat pelanggan yang melihat menjadi tertarik.

Salah satu cara memancing pelanggan untuk ke website kamu adalah dengan optimasi SEO agar website bisa berada di tingkat teratas pada mesin pencari. Cara ini memang lumayan merumitkan kamu harus ahli dalam bidang ini tapi jangan khawatir karena hal ini GoSocial juga bisa membantunya lho.

Kuatkan Brand Positioning

Setelah memahami media sosial, marketplace, pembayaran digital, dan website ada hal yang terpenting lainnya yaitu memudahkan pelanggan untuk mengingat brand atau produk kamu dengan branding yang kuat, maksudnya?

Bisnis kamu harus mempunyai ciri khas. Seperti dari sisi desain dengan warna cerah, logo merek atau kamu sebagai pebisnis yang memiliki keunikan misalnya kamu seorang pria yang memiliki kumis yang tebal, kamu bisa menjadi maskot pada brand atau bisnis kamu yang nanti bisa kamu kenalkan dengan nama unik, contohnya ayam goreng pak kumis.

Dan hal lainnya yang bisa membuat produk kamu lebih terlihat atau menonjol. Tidak selalu dengan produk saja ya.

Nah itu dia tips sederhana yang sudah Gogo berikan, semoga bisa menjadi jalan pembuka bagi pebisnis franchise yang ingin mulai beradaptasi dengan teknologi atau online

Tidak perlu ragu atau merasa terlambat, yang terpenting adalah bagaimana cara kamu melangkah. Selangkah demi langkah.

Selamat Melangkah.

Comments to: Bisnis Franchise Segera Go Online Agar Semakin Cuan, Begini Caranya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.