fbpx

Blog | GoSocial

Bio adalah hal kecil yang mungkin sering diabaikan. Jangan biarkan hal itu terjadi ketika kamu ingin berbisnis secara online lewat media sosial terutama di instagram.

Bio adalah cerminan bagaimana keseriusan kamu dalam membangun komunikasi dengan pelanggan atau mengenalkan produk kamu sebelum pelanggan scroll kebawah melihat Content feed.

Dengan tempat yang singkat dan hanya bisa 150 karakter kamu bisa mendeskripsikan bisnis kamu atau produk kamu secara ringkas dan pastinya menarik untuk dibaca.

Cara Membuat Bio untuk Menarik Perhatian Audiens

unsplash.com

Pahami Tujuan Bisnis

Sebelum kamu menulis bio kamu bisa pahami apa tujuan bisnis kamu selain untuk mendapatkan keuntungan. Hal apa yang bisa kamu tonjolkan dan bermanfaat bagi pelanggan dan tentunya berbeda dari pesaing.

Struktur Bio yang Baik

Ketika kamu sudah memahami tujuan bisnis kamu, kamu bisa menuliskannya lebih runtut. Mulai dari visi misi bisnis, produk yang ditawarkan dan lainnya. Kamu bisa menuliskannya dengan singkat dan pastinya harus menarik.

Gunakan Kata Kunci yang Relevan

Kata kunci di dalam bio itu adalah hashtag. Kamu bisa mencari hashtag yang relevan dengan bisnis atau produk kamu kemudian kamu bisa menggunakan hashtag yang paling banyak digunakan.

Selain memudahkan audiens itu juga membuat bisnis kamu lebih on target serta memiliki peluang besar mendapatkan pengikut atau followers baru.

Berikan Penjelasan Informasi Kontak

Memasukkan informasi kontak di bio instagram itu sangat penting apalagi bagi bisnis. Transaksi atau percakapan dengan pelanggan yang lebih intim ditentukan oleh informasi kontak. Bayangkan ketika mereka ingin membeli produk kamu lalu mereka bingung untuk menghubungi kamu. Kalau sudah begitu pilihan pelanggan adalah pergi.

Jadi taruh informasi kontak yang jelas, misalnya email, nomor handphone (WA) atau bisa menghubungi via direct message atau DM. Itu lebih jelas dan memudahkan.

Sertakan Link

Bio dengan mencantumkan link bisa membantu promosi atau memberikan mereka informasi lebih lengkap mengenai bisnis atau produk yang kamu tawarkan.

Kemudian konsumen juga mendapatkan informasi tambahan mengenai blog, campaign terbaru atau bahkan profil bisnis yang lebih lengkap. Link bisa menambah kepercayaan pelanggan terhadap bisnis atau produk kamu.

Jangan Lupa Akhiri dengan Call To Action

Call to action memudahkan audiens untuk terhubung dengan profile bisnis seperti memberikan arahan ke informasi kontak, link website atau juga untuk memesan tiket hingga memesan makanan.

Maksimalkan Highlight Stories untuk Mempercantik Bio

Bio sudah bagus dan tersusun rapi tapi sebenarnya masih ada yang kurang, sebagai manusia kita pasti melihat visual terlebih dahulu baru kemudian tulisan. 

Nah kamu bisa mempercantik bio kamu dengan membuat highlight stories yang bagus menggunakan warna menarik atau judul yang informatif.

Karena highlight stories dan bio rasanya kini tidak bisa dipisahkan, kalau hanya bio saja yang diisi mungkin sedikit kurang atau bila hanya highlight stories saja tanpa bio terlihat kosong pada profile kamu.

Jadi maksimalkan bio serta highlight stories akun bisnis kamu agar terlihat menarik.

Manfaat Bio bagi Bisnis

unsplash.com

Pelanggan Menyadari Siapa Kamu dan Apa yang Kamu Tawarkan

Bio adalah ringkasan jawaban dari pertanyaan siapa kamu, mengapa kamu berada di media sosial dan apa yang kamu tawarkan dari bisnis atau produk kamu.

Agar Menarik Minat Pelanggan

Sisi psikologis manusia ketika mengetahui ada seseorang atau akun yang memiliki minat atau kepedulian yang sama itu sangat mempengaruhi emosi. Kesamaan minat ibarat ada teman yang mempunyai tujuan yang sama. Dan langkah selanjutnya agar tidak kehilangan akun tersebut pelanggan mengambil keputusan untuk mem-follow atau tidak. Bio begitu mempengaruhi.

Memudahkan untuk Menarik Audiens ke Link

Di dalam caption atau di dalam visual kita sering membaca diakhir kalimat atau slide, “klik di bio“. Nah itu adalah strategi marketing untuk meningkatkan traffic di website atau juga bisa mempermudah audiens agar lebih mengenal bisnis atau produk kamu.

Berbisnis online di media sosial, khususnya di instagram bukan hanya tentang isi content feed atau stories. Melainkan ada hal-hal kecil yang sebenarnya bisa mempengaruhi penjualan atau bahkan branding kamu. 

Visual memang memberikan karakteristik tersendiri namun tulisan membuat visual lebih informatif dan mempunyai nilai.

Persaingan bisnis di era digital semakin ketat, jangan sampai kamu hanya terfokus pada keuntungan. Pasar sekarang ini melihat keunikan dahulu lalu akhirnya bisa menghasilkan.

Tidak perlu ragu untuk memulai atau ingin mengembangkan bisnis karena kami GoSocial sangat terbuka untuk membantu kamu dalam Social Media Management & Social Media Engagement dalam meningkatkan bisnis kamu. Dan kami juga mempunyai jasa Branding & Design untuk memperkenalkan bisnis kamu lebih terkenal dan cepat.

Informasi lebih lanjut kamu bisa cek di website kami disini dan follow instagram kami GoSocial.id

Comments to: Bukan Hal Sepele, Ini Pentingnya Bio Instagram Untuk Akun Bisnis Kamu

Your email address will not be published.

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.