Kebutuhan belanja online di masa pandemi covid-19 ini begitu meningkat drastis, dikarenakan masyarakat yang dianjurkan tidak keluar rumah agar tidak terkena virus corona.

Para penjual juga berlomba-lomba untuk meningkatkan pemasarannya melalui online, ada juga penjual yang merasa kesulitan dalam mengelola usahanya yang didigitalisasi. Meskipun mempunyai toko online di masa pandemi ini adalah suatu langkah yang tepat untuk mendapatkan banyak konsumen, namun bukan hal yang mudah membangun toko online agar dapat dipercaya oleh konsumen.

Cara Agar Bejualan Online Laris

Pentingnya para pelaku usaha mempunyai strategi pemasaran digital agar sesuai dengan ekspetasinya dalam berjualan online, dan berikut GoSocial merangkum beberapa Tips Strategi Berjualan online agar laris.

Berbeda dari yang lain

Persaingan adalah hal yang wajar dan lumrah di dalam dunia bisnis, entah itu persaingan harga, produk, brand, maupun kemasan. Tentu sebagai orang yang bergelut dibidang bisnis harus mempunyai ide yang kreatif agar produk yang ingin dijual memiliki ciri khas tersendiri dan beda dari kompitetornya supaya laris dan tidak meniru-niru, hal ini salah satu strategi dalam meningkatkan penjualan online.

Sumber dari Unsplash

Mampu Memahami Keinginan Konsumen

Salah satu cara yang sangat penting agar produk yang dijual online itu laku adalah dengan memahami kebutuhan dan keinginan konsumen. Penjual dituntut untuk melakukan riset terhadap penjualan produknya, siapa yang paling banyak membeli produknya ? apakah kawula muda ?atau semua golongan ?atau hanya orang tua?, jika sudah mengetahui segala aktifitas penjualan, maka langkah selanjutnya memasarkan produk ke golongan yang lebih spesifik lagi agar tepat sasaran.

Sumber dari Freepik

Menggunakan media Iklan Online juga dapat membantu pemasaran jadi lebih efisien dan memaksimalkan berjualan di media online. Penjual yang belum menguasai Iklan Online dapat menyimak berikut ini.

Memanfaatkan Social Media

Kenapa harus memanfaatkan social media dalam berjualan online ? Social Media merupakan platform diskusi online yang semua orang dapat menggunakannya untuk bersosialisasi tanpa harus bertatap muka, maka dari itu langkah yang sangat jitu jika mempromosikan produk di social media. Di social media juga mempunyai layanan pengiklanan khusus bagi penjual dalam memasarkan produknya kesemua pengguna social media, tentu hal tersebut dapat meningkatkan engagement antara penjual dan konsumen secara tidak langsung. Di Instagram sendiri terdapat akun khusus untuk bisnis.

Sumber dari Unsplash

Rutin Melakukan Update Produk

Banyak dari penjual yang mengacuhkan melakukan perubahan tentang produknya, entah itu stock, harga, ataupun foto produk. Padahal rutin melakukan Update Produk dapat mempengaruhi minat calon konsumen, bayangkan jika akun social media atau toko online penjual tidak melakukan update, pasti dikira oleh konsumen, toko tersebut sudah tidak aktif lagi dan calon konsumen ragu untuk membeli di toko tersebut.

Dan pastikan jika berjualan online, pastikan setiap saat mengkasih harga diskon agar calon konsumen mampu dan mau membeli produk yang diskon, hal ini di sebut testi di dunia usaha. Mengdiskon produk juga tidak akan mempengaruhi keuntungan malah justru menambah pelanggan dari waktu ke waktu.

Sumber dari Unsplash

Demikian beberapa tips untuk meningkatkan keoptimalan berjualan di era digital saat ini, apalagi di tambah di masa pandemi sekarang yang serba online. Mungkin ada beberapa penjual yang merasa kebingungan dan kesulitan dalam menjalankan usahanya melalui online, entah itu karena kurangnya calon konsumen yang melihat produknya, atau penjualan semakin hari semakin menurun karena kurangnya interaksi antara penjual dengan konsumen. GoSocial sebagai Digital Agency hadir untuk UMKM yang mendigitalisasi bisnisnya, ada beberapa layanan dari GoSocial bagi anda para penjual/pengusaha yang menggunakan media online sebagai media pemasaran, Konsultasikan Segera.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.