Banyak pelaku bisnis menggunakan Facebook sebagai salah satu media untuk memasarkan produknya. Salah satu jalan yang ditempuh agar pemasaran dapat menjangkau pasar yang lebih luas adalah dengan memanfaatkan fitur Facebook Ads.

Selain biayanya yang cukup murah, jangkauannya yang luas dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemasar menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi pelaku bisnis.

Namun, apakah selama ini Anda sudah benar-benar membuat settingan audiens yang sesuai dengan target pasar Anda di Facebook Ads? Yuk, simak artikel di bawah ini untuk mengetahui lebih dalam bagaimana cara menentukan audiens yang sesuai di Facebook Ads!

Sumber dari Freepik

Menentukan Tujuan dari Iklan

Mengetahui tujuan dari iklan yang Anda buat menjadi hal utama yang harus dilakukan. Dengan mengetahui tujuan pembuatan iklan, Anda dapat membuat iklan yang sesuai dan lebih terarah agar tujuan dari iklan tercapai.

Misalnya, Anda ingin membuat iklan yang bertujuan untuk meningkatkan lalu lintas halaman web, berarti Anda harus membuat iklan yang dapat mengarahkan audiens untuk mengunjungi halaman web tersebut.

Secara sederhana, sasaran iklan terbagi dalam tiga kategori utama, yaitu:

  1. Awareness. Pada tahap ini, iklan yang dibuat bertujuan untuk menciptakan minat audiens terhadap produk Anda. Iklan dapat berupa pengenalan produk yang berisi informasi singkat mengenai produk Anda.
  2. Consideration. Pada tahap ini, iklan diciptakan untuk membuat audiens penasaran dengan produk Anda. Iklan dapat berupa pancingan yang dapat membuat audiens tertarik untuk mengunjungi market Anda.
  3. Conversions. Pada tahap ini, iklan dibuat untuk menarik audiens agar membeli produk Anda.
Sumber dari Unsplash

Sasaran iklan dapat berubah sesuai dengan pertumbuhan bisnis Anda. Apabila Anda mengetahui dengan baik tujuan dari iklan yang Anda buat, maka Anda dapat dengan mudah menentukan sasaran dari iklan tersebut.

Menentukan Audiens dari Iklan

Cara kerja dari Facebook Ads adalah, semakin luas jangkauan yang Anda buat maka semakin besar pula biaya yang harus Anda keluarkan.

Oleh karena itu, untuk menghemat biaya dan juga membuat iklan sesuai dengan target pasar yang diinginkan, Anda dapat mengerucutkan audiens dari iklan agar iklan yang Anda buat tepat sasaran

Facebook menawarkan berbagai macam penempatan iklan dan demografi. Gunakan semua opsi penargetan yang tersedia agar iklan yang Anda buat dapat tersampaikan ke segmen dan minat yang sesuai.

Sumber dari Unsplash

Menciptakan Konten Iklan

Setelah Anda benar-benar yakin dengan tujuan iklan dan telah menentukan audiens yang sesuai dengan iklan Anda, kini saatnya Anda mulai menciptakan iklan Anda.

Penciptaan iklan dapat dimulai dengan membuat konten yang sesuai dengan tujuan dan segmentasi target audiens.

Konten memiliki peran penting dalam proses pemasaran digital. Oleh karena itu, Anda harus menciptakan konten yang menarik dan eye catching agar audiens memiliki ketertarikan dengan iklan yang Anda buat.

Sumber dari Freepik

Mulai menyebarkan Iklan

Setelah semua persiapan selesai, Anda dapat menyebarkan iklan Anda kepada audiens yang telah ditargetkan pada tahap kedua.

Iklan dapat disebarkan selama beberapa kali. Anda dapat memilih jenis paket dan harga yang sesuai dengan kebutuhan Anda pada Facebook Ads.

Bangun Audiens Khusus Facebook

Setelah Anda menyebarkan iklan pertama Anda, Anda dapat membuat audiens khusus berdasarkan data yang Anda miliki. Data dapat berasal dari siapa saja yang mengunjungi halaman web Anda, yang berinteraksi dengan iklan pertama Anda, dan juga data pelanggan Anda.

Setelah Anda melakukan semua proses diatas, ulangi tahap-tahap tersebut untuk menarik pelanggan baru. Jangan lupa untuk melakukan evaluasi dan juga membuat pembaruan audiens agar iklan yang Anda buat memperoleh hasil yang maksimal.

Sumber dari Pixabay

Demikian sedikit informasi yang dapat GoSocial sampaikan mengenai Cara Menentukan Audiens yang Sesuai untuk Facebook Ads. Apabila Anda merasa kebingungan atau kesulitan untuk menjalankan bisnis online, GoSocial sebagai Digital Agency hadir untuk UMKM yang berniat untuk mendigitalisasi bisnisnya. Terdapat beberapa layanan dari GoSocial yang dapat membantu Anda untuk mengelola media sosial bisnis Anda. Konsultasikan Segera.

Comments to: Cara Menentukan Audiens yang Sesuai untuk Facebook Ads

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.