fbpx

Blog | GoSocial

Berkembangnya media sosial telah mengubah kebiasaan kita sehari hari. Salah satunya adalah dengan banyaknya online shop atau yang berjualan online di media sosial, mempunyai toko offline kini rasanya mulai menurun.

Namun media sosial tidak hanya digunakan hanya untuk memposting atau juga meluaskan promosi. Ketika kamu berjualan lewat media sosial, ada hal lainnya yang mungkin kamu belum ketahui, salah satunya adalah hashtag.

Mungkin kita pernah berpikir sebagai orang awam menggunakan hashtag di media sosial hanya untuk ikut ikutan dari teman, artis terkenal atau hanya kesenangan semata. Tapi kalau kamu memang serius terjun ke dalam bisnis online maka hal-hal semacam itu bukanlah hal sembarangan dan harus detail.

Hashtag adalah frasa kata kunci yang dieja dan tidak menggunakan spasi dan diawali dengan tanda (#). misalnya #UMKMMenang #DataDrivenMarketing.

Hashtag digunakan untuk mengikat percakapan publik dari semua pengguna untuk masuk ke dalam satu aliran atau topik.

Jangan asal dalam menggunakan hashtag karena ada beberapa alasan dalam penggunaan hashtag agar bisnis kamu semakin meningkat.

Pentingnya Hashtag yang Relevan

pexels.com

Memudahkan Pencarian

Siapa sih orang yang mau ribet? tidak ada kan, semua ingin mudah. Hashtag bisa memudahkan audiens menemukan informasi dari dan brand kamu, apalagi bila hashtag yang kamu gunakan itu unik pasti mudah diingat dan juga mudah dicari. Ini juga termasuk kesempatan besar untuk menjangkau audiens baru.

Membangun Branding

Mencantumkan hashtag di setiap postingan secara tidak langsung itu menarik audiens kamu dan ikut serta dalam percakapan yang terjadi. Hashtag mempunyai peran besar dalam sebuah postingan ketika audiens sudah tertarik dengan postingan kamu maka mereka akan membaca content atau caption kamu, itu bisa meningkatkan branding bisnis kamu lho.

Meningkatkan Engagement

Keunikan dari sebuah content di media sosial selain content nya adalah hashtag yang dipasang dan hal tersebut membuat postingan brand kamu semakin menonjol dan berbeda. Dari situ juga bisa membantu meningkatkan like, share, komentar atau bertambahnya followers.

Kesempatan Lebih Besar Dalam Bersaing

Bila kamu mempunyai produk yang hampir sama dengan pesaing maka bisa kamu bedakan dari strategi pemasarannya lewat penggunaan hashtag.

Kamu bisa melihat angka hashtag yang dipakai oleh pesaing, di Instagram misalnya, Kamu mempunyai bisnis camilan kamu bisa memakai hashtag yang terdekat, contohnya, pesaing kamu menggunakan #jajanenak 11K post kamu bisa mencoba #jajananmurah 10K post. Dengan begitu kamu bisa bersaing lebih dekat dan tidak terlalu tertinggal.

Menonjolkan Kesan Tersendiri

Hashtag seakan mewakili pesan dari content dan caption yang kamu buat, audiens lebih mudah memahami pesan yang disampaikan dengan tambahan hashtag yang relevan dengan produk atau bisnis kamu. Semakin menonjol hashtag kamu semakin besar peluang produk atau brand kamu dikenal.

Cara Menemukan Hashtag yang Works untuk Bisnis Online di Media Sosial

unsplash.com

Monitor Hashtag Pesaing

Kumpulkan informasi sebanyak banyaknya tentang hashtag yang digunakan oleh pesaing kamu kemudian kamu bisa menganalisa mana yang tepat atau relevan untuk bisa kamu gunakan. Tapi yang berbeda ya jangan terlalu sama, dari situ kamu bisa menggaet pasar yang lebih besar.

Ambil Moment Hashtag yang Sedang Trend

Siapa yang tidak mau terkenal secara cepat? Begitu juga dengan strategi marketing dengan hashtag. Kamu bisa ambil moment saat ada sesuatu yang sedang trend, ini bisa digunakan di Twitter atau pun Instagram, karena ini adalah salah satu cara cepat untuk brand kamu mudah ditemukan oleh pengguna lain.

Analisis Hashtag yang Cocok dengan Bantuan Tools

Zaman sekarang sudah begitu berkembang banyak website atau tools yang memudahkan pebisnis melakukan riset untuk strategi marketing-nya. Nah hashtag pun demikian. Kamu bisa menggunakan tools yaitu, hashtags.org, hashtagify.me dan lainnya.

Evaluasi Hashtag pada Post Sebelumnya

Setelah kamu menemukan hashtag yang relevan dengan produk atau brand kamu, kemudian kamu bisa evaluasi hashtag yang sudah kamu gunakan, apakah mendapatkan atensi dari audiens yang banyak atau bahkan kurang, kamu bisa mencoba hal ini berulang untuk menemukan hashtag yang tepat.

Hindari Penggunaan yang Spamming

Jangan terlalu banyak menaruh hashtag pada postingan karena audiens bisa pergi.

Fokus untuk tetap membuat content dan caption kemudian berikan hashtag yang sesuai, jangan terlalu banyak lebih baik sedikit namun konsisten digunakan di setiap postingan. Itu memudahkan audiens untuk mengenal produk atau brand kamu.

Dijelaskan dari blog.hootsuite.com dalam menggunakan hashtag di beberapa media sosial, sebagai berikut.

Facebook

1-2 hashtag yang relevan dan spesifik. Karena bisa lebih fokus dalam menarik audiens. Facebook terkenal dengan grup atau komunitas.

Twitter

1-2 hashtag saja. Segala macam yang viral kini bermula dari twitter dan hashtag sangat membantu hal tersebut. Bila hashtag yang digunakan begitu banyak, audiens akan bingung dan dianggap spamming. Kalau kamu berbisnis online menggunakan twitter kamu bisa mencoba menggunakan 1 hashtag yang konsisten yang sesuai brand atau produk kamu satu lagi menggunakan hashtag yang sedang trending.

Instagram

5-10 hashtag. Di Instagram sebenarnya kita bisa membuat hashtag sampai 30, namun idealnya adalah 5 sampai 10 hashtag yang relevan dengan produk atau brand kamu. Tidak hanya di feed kini hashtag di Instagram terus berkembang, kamu bisa taruh hashtag di kolom komentar yang kamu tulis sendiri, kemudian dikuatkan dengan satu hashtag terkuat di bio. Jangan lupa cantumkan juga hashtag di stories.

Tiktok

Untuk Tiktok sendiri menurut socialpilot.co bahwa penggunaan hashtag sebaiknya 4-5 untuk menaikkan reach.

Gimana sekarang SocioZen sudah tahu pentingnya hashtag dan cara menemukan hashtag yang tepat untuk bisnis kamu. Gogo sudah memberikan penjelasan singkat dalam mencari hashtag yang sesuai untuk bisnis online di media sosial.

Kami bisa membantu mengembangkan bisnis kamu lebih cepat karena kami mempunyai keunggulan dalam Social Media Management dan Social Media Engagement. Jadi tunggu apalagi raih peluang ini untuk menjadi yang terdepan dalam beradaptasi berbisnis online.

Kamu bisa cek informasi lengkapnya disini dan follow Instagram kami GoSocial.id

Comments to: Cara Menemukan Hashtag yang Works untuk Bisnis Online di Media Sosial

Your email address will not be published.

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.