fbpx

Blog | GoSocial

Dimasa sekarang kita tidak asing lagi bahkan rasanya menjadi sebuah keharusan menjadi unik, berbeda dan kreatif, termasuk pada bisnis.

Banyak yang bilang kalau sekarang bisnis harus mempunyai daya tarik tersendiri tidak hanya dari produknya tapi dari media sosialnya, tokonya dan lainnya yang harus beda dan unik.

Keunikan tersebut nyatanya bisa mendatangkan banyak pelanggan.

Jadi sekarang kita berlomba lomba untuk mencari keunikan dari bisnis kita agar semakin maju. Dalam dunia marketing keunikan pada sebuah bisnis disebut juga Unique Selling Point.

Pengertian Unique Selling Point

sumber : pexels.com

Unique selling point adalah strategi pemasaran dengan memanfaatkan kelebihan atau keunikan sebuah bisnis yang dimiliki agar lebih berbeda dari kompetitor.

Tidak hanya menarik pelanggan namun Unique selling point atau USP sanggup mempertahankan pelanggan. Selain itu, hal yang harus diperhatikan pada USP adalah tentang layanan, produk, nama brand dan lainnya yang mudah diingat oleh pelanggan.

Cara Menentukan Unique Selling Point

sumber : unsplash.com

Identifikasi Kemauan Pelanggan

Seperti yang sudah diketahui bahwa pelanggan adalah raja dan kita sebagai pebisnis sebisa mungkin menuruti keinginan pelanggan agar tidak ke lain hati.

Misalnya kamu mempunyai bisnis kuliner, kamu bisa mengedepankan kelebihan bisnis kamu, contoh, kamu menggunakan bahan yang segar/alami, bermanfaat bagi kesehatan, menurunkan berat badan sampai kemasan yang unik serta harga yang terjangkau.

Kemauan atau keinginan pelanggan bisa kamu ketahui dengan cara kamu memberikan survey atau beberapa pertanyaan kepada pelanggan baik saat membeli atau setelah membeli bahkan kalau kamu mempunyai toko kamu bisa menaruh kotak box yang bisa ditulis oleh pelanggan dengan gimmick marketing setelah mengisi pelanggan bisa mendapatkan kopi gratis.

Gunakan Content Marketing

Setelah mengidentifikasi apa kemauan atau keinginan pelanggan selanjutnya kita harus mempertahankan pelanggan untuk tetap bersama di dunia maya, salah satunya dengan content marketing.

Hasil survey tadi bisa kamu kembangkan untuk membuat content di media sosial dan tentunya hal itu bisa menarik perhatian bagi pelanggan karena merasa telah dikabulkan permintaannya.

Memanfaatkan Media Sosial (Survey)

Masih tentang media sosial, sekarang kamu bisa memanfaatkan fitur media sosial dengan mengajukan pertanyaan, polling atau survey yang bisa kamu buat. 

Kamu bisa memberikan pertanyaan bagi pelanggan yang sudah datang, yang ingin datang atau bahkan mereka yang mungkin awalnya tidak tahu bisnis atau brand kamu. Seperti ini, misalnya.

  • Bagaimana kualitas produk kami?
  • Apa produk favorit kamu?
  • Apakah harga produk kami cocok dengan anda?
  • Tahu dari mana kamu tentang produk atau bisnis kami?
  • Apa alasan kamu memfollow media sosial kami?
  • Apa yang membuat kamu datang kembali ke toko kami?
  • Apa kesan pertama kamu datang ke toko kami?

Dan pertanyaan lainnya. Itu bisa menjadi masukan atau saran bagi bisnis kamu kedepannya agar bisa tetap bersaing dengan kompetitor.

Berbeda tidak selalu fokus pada pengembangan produk saja kok, SocioZen.

List Kelebihan Yang Dimiliki

Setelah kita mendapatkan jawaban dari pelanggan langkah selanjutnya adalah mengembangkannya. Kita memilih dan mencari kelebihan bisnis kita, kurangi yang menurut pelanggan tidak relevan.

Lalu ketika sudah menemukan kelebihan kemudian pertahankan, jangan dulu diselingi inovasi biarkan pelanggan menikmatinya.

Lirik Kompetitor

Kompetitor adalah teman dan cara melihat inovasi, maksudnya? 

Begini, ketika kita melirik kompetitor yang mempunyai kelebihan lebih banyak dan rasanya keuntungan selalu berpihak pada kompetitor, kamu bisa memakai teknik ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi) dan menganggap kompetitor sebagai sumber inovasi serta imajinasi agar bisnis bisa lebih maju.

Ketika sudah menentukan Unique selling point pada bisnis saatnya untuk mengembangakannya.

Cara Mengembangkan Unique Selling Point

sumber : unsplash.com

Posisikan Sebagai Pelanggan

Sebagai pebisnis kita harus tetap memposisikan sebagai pelanggan, tetap harus mempunyai rasa ketidakpuasan, berikan kritik, dan melihat hal detail lainnya yang mungkin belum sempurna. 

Misalnya kamu mempunyai bisnis kuliner, tanyakan pada pelanggan bagaimana produk kamu atau berikan sample produk ke orang asing lalu minta jawaban dari mereka. 

Hal tersebut bisa membantu bisnis untuk berkembang dan berinovasi. Karena target pelanggan tidak hanya yang sudah berlangganan melainkan mencari pelanggan baru.

Pelajari Perilaku Pelanggan

Perilaku konsumen itu berbeda beda tidak semuanya mampu kita berikan kesenangan. Namun kamu bisa melihat dari data google analytics atau insight media sosial tentang bagaimana perilaku konsumen, seperti, motivasi mereka membeli, cara mereka membandingkan produk kamu dengan produk lain dan sebagainya.

Memberikan Kepedulian

Dan setelah memahami kelebihan yang dimiliki oleh bisnis dan perilaku konsumen, langkah ini dirasa tepat untuk mengembangkan Unique selling point pada bisnis, ingat unique selling point tidak hanya tentang produk tapi nama brand juga sangat berpengaruh.

Contohnya :

Kamu memiliki bisnis makanan, kamu bisa membuat gerakan berbagi dengan sesama apalagi di masa pandemi saat ini, akan timbul rasa empati dan simpati dari pelanggan dan nama brand kamu akan semakin dilirik.

Lalu kamu bisa mencoba membuat promosi storytelling, dengan pelanggan membeli produk dari bisnis kamu sama saja pelanggan membantu orang-orang yang sedang kesulitan dan dokumentasikan di media sosial.

Dan cara lainnya yang bisa kamu gunakan untuk membentuk rasa kepedulian terhadap pelanggan atau pun sekitar.

Unique selling point yang sudah ada akhirnya akan terus berkembang bahkan menjadi kekuatan nantinya.

Nah itu dia penjelasan singkat dari Gogo mengenai Unique Selling Point agar bisnis kamu mampu bersaing.

Namun kamu tahu tidak, kalau kunci keberhasilan bisnis saat ini berasal pengelolaan media sosial lho, karena apa? Kini semua sumber informasi berasal dari media sosial.

Unique selling point pun demikian, hal-hal unik pada bisnis banyak diketahui oleh pelanggan pertama kali dari media sosial.

Segera ubah media sosial kamu menjadi lebih menarik dan profesional bersama GoSocial, karena kami Creative Digital Agency yang mempunyai jasa Social Media Management & Social Media Engagement serta Branding & Design.

Informasi lebih lengkapnya bisa kamu lihat disini dan follow Intagram kami gosocial.id

Comments to: Cara Menentukan Unique Selling Point Pada Bisnis dan Mengembangkannya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.