fbpx

Blog | GoSocial

Ketika kita menyebut media sosial, apa yang akan kamu sebut atau yang apa yang ada di benak kamu, apakah Instagram, Facebook atau yang sekarang sedang trend, Tiktok bahkan Youtube.

Tapi tunggu, mengapa kalian tidak menyebut twitter? Padahal sekarang twitter sedang naik daun lho. Sejak twitter memperbanyak karakter dalam satu tweet yang dahulu 140 saja kini telah menjadi 280 karakter bahkan bisa menambahkan foto lebih dari satu, video sampai membuat utas atau thread.

Tadi balik lagi kenapa twitter saat ini naik daun dan menjadi kanal berita utama media sosial dalam berbagai peristiwa atau yang disebut dengan viral.

Kehadiran viral dan menjadi banyak perbincangan kini berawal dari twitter atau dari sebuah thread twitter.

Nah sebenarnya hal tersebut bisa tidak kita manfaatkan untuk mempromosikan produk atau bisnis kita?

unsplash.com

Sebelum memulai mempromosikan produk atau bisnis di twitter, kamu harus tahu apa tujuan kamu berpromosi dan menganalisis audiens kamu apakah ada di twitter, mulai dari umur, jenis kelamin dan lainnya yang itu bisa menjadi pertimbangan sebelum kamu memulai promosi di twitter.

Secara spesifik tujuan promosi bisa diurai dari beberapa pertanyaan berikut ini.

  • Apakah ingin membangun hubungan atau komunikasi dengan audiens/followers?
  • Meningkatkan brand awareness?
  • Meningkatkan loyalitas terhadap produk atau brand.
  • Memperluas jangkauan (selain berada di Instagram atau Facebook dll)
  • Ingin lebih memahami pesaing agar dapat menentukan strategi promosi di media sosial.

Nah sekarang Gogo akan menjelaskan tips berpromosi di twitter. Mari simak sampai habis.

Strategi Promosi Di Twitter

unsplash.com

Gunakan Profile yang Profesional

Profile adalah bagian awal yang paling dilihat. Untuk menarik audiens kamu harus menggunakan nama, logo yang mewakili produk atau bisnis kamu, tidak lupa bahwa twitter juga mempunyai foto/gambar background.

Membuat Bio yang Menarik dan Jelas

Hampir sama dengan Instagam bahwa bio itu sangat penting karena itu adalah penjelasan sederhana atau wajah dari media sosial dan mengetahui tujuan brand atau bisnis kamu. 

Twitter adalah tempat untuk bercerita, berbagi pengalaman dan lainnya. 

Buat bio yang tidak terlalu berpromosi atau terkesan sangat menjual, karena pada prinsipnya twitter mempunyai kekuatan dalam storytelling.

Bila bio brand atau bisnis kamu sangat friendly kemungkinan followers lebih bisa menangkap pesan dan mereka sukarela mem-follow akun brand kamu. 

Bisa juga kamu menaruh link yang mengarahkan ke website bisnis kamu atau ke marketplace. Jangan lupa juga taruh hashtag atau tagline bila kamu sudah mempunyainya.

Buat Thread yang Konsisten

Setelah profile rampung langkah selanjutnya adalah membuat tweet atau membuat thread. Disini keahlian dan kreativitas kamu diuji, kamu harus bercerita untuk memberikan kesan atau emosional di awal tweet agar para audiens atau followers mau scroll tweet kamu sampai kebawah. Tarik rasa penasaran audiens.

Selipkan cerita yang akhirnya menuju pada promosi, jangan sampai langsung promosi, gunakan storytelling, analogi atau berikan fakta-fakta menarik sebelum akhirnya ke tujuan utama yaitu promosi.

Gabung dengan Obrolan Netizen atau Yang Sedang Trend

Twitter memberikan ruang kepada brand seakan brand juga manusia, kamu bisa masuk ke dalam obrolan yang sedang trend bersama netizen, kamu bisa berinteraksi dan kamu juga bisa selipkan promosi.

Hal ini memang mudah namun kamu harus siap on time atau realtime dengan trend yang ada, karena trend saat ini terus berubah dengan cepat dan kamu harus kreatif dalam merangkai kalimat, salah sedikit maka reputasi brand atau bisnis kamu bisa terancam.

Manfaatkan Hashtag

Nah ini juga hampir sama dengan bergabung dengan obrolan netizen. Ketika kamu membuat sebuah thread twitter kamu bisa gunakan satu atau dua hashtag yang sedang trending topic kemudian kamu padukan dengan hashtag yang kamu punya atau buat. 

Hal ini mampu menaikkan engagement, bisa meningkatkan like, reply atau retweet. Semakin banyak maka semakin berpeluang untuk mendapatkan perhatian dari followers.

Pin Tweet Promosi Agar Tidak Tenggelam

Ketika sudah membuat thread promosi langkah selanjutnya kamu harus pin tweet tersebut agar tidak tenggelam. Fitur pin ini bisa membuat tweet promosi kamu bisa menjadi paling atas dan terlihat.

Evaluasi Tweet Lewat Insight Twitter Analytics

Mungkin beberapa dari kita sudah familiar dengan fitur analytics seperti yang ada di Facebook atau Instagram. Ternyata di twitter pun juga ada, kamu bisa evaluasi setiap tweet agar bisa menjadi bahan perbaikan kedepannya.

Karena pada dasarnya data adalah bahan bakar dan bisnis selalu melihat data yang paling besar kemudian berusaha untuk mempertahankan dan meningkatkannya.

Mungkin SocioZen bertanya tanya kenapa berpromosi lewat twitter? memang menguntungkan? bukannya sudah ada Instagram atau Facebook?

Memang benar, namun mencoba untuk lebih eksis di berbagai platform media sosial itu lebih berpeluang mengenalkan brand atau produk lebih luas dan pastinya berpeluang mendapatkan keuntungan jadi lebih terbuka.

Hal-hal viral yang sering kita lihat sekarang ini berawal dari twitter lho, jadi jangan anggap remeh twitter sebagai media sosial.

Kalau kamu ragu atau bingung mempromosikan bisnis kamu di media sosial kamu bisa bekerja sama dengan kami dan kami siap berlari bersama dan beradaptasi dengan trend yang ada.

Karena kami adalah GoSocial, Creative Digital Agency yang mempunyai jasa unggulan yaitu Social Media Management & Social Media Engagement hingga Branding & Design.

Informasi lebih lengkapnya bisa kamu lihat disini atau follow Instagram kami di GoSocial.id

Comments to: Cara Promosi Dengan Thread Twitter, Apakah Menjamin Keuntungan?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.