fbpx

Blog | GoSocial

Di dalam dunia bisnis yang paling penting selain mempunyai kualitas produk adalah cara pemasaranya. Bagi kamu yang sudah berkecimpung di marketing pasti mengetahui apa itu content marketing bahkan ada istilah content is king, bagi kamu yang awam pasti bingung kenapa “king” apakah memang benar benar menguntungkan?

Tentu, karena content marketing bisa membuat sebuah produk menjadi terkenal, orang bisa percaya bahkan merekomendasikan produk kamu yang diawali dari content marketing.

Pengertian Content Marketing

unsplash.com

Content Marketing adalah strategi pemasaran yang berfokus dalam membuat atau pendistribusian konten yang relevan, penting dan konsisten untuk bisa menarik dan mempertahankan audiens yang bertujuan untuk menghasilkan keuntungan bagi sebuah bisnis.

Dari pengertian tersebut bisa kita garis bawahi bahwa ada elemen penting dalam membuat content marketing yaitu relevan, penting dan juga konsisten.

Ketika kamu membuat content sebenarnya relevan saja tidak cukup, kamu bisa riset lebih jauh sebenarnya content yang kamu buat itu apakah penting bagi audiens atau mereka membutuhkan informasi dari content yang kamu buat. 

Kamu bisa lebih detail dalam membuat sebuah content dan konsisten. Konsisten adalah sebuah bukti bahwa content kamu memang hidup dan berkembang tidak hanya membuat satu content saja.

Pentingnya Content Marketing dalam Bisnis

pexels.com

Meningkatkan Brand Awareness

Ketika kamu membuat content maka kamu sama saja sedang berkomunikasi dengan pelanggan. Sebuah content bisa menjalin hubungan dengan pelanggan menjadi lebih dekat dan mereka akan makin memperkuat brand atau bisnis kamu.

Semakin sukses content yang kamu buat maka banyak orang akan mengingat nama brand atau bisnis kamu dan akhirnya menciptakan relasi yang positif. Dari sini kamu bisa meningkatkan dalam pembuatan content yang lebih menarik dan bisa menjaga relasi yang sudah dibangun.

Membangun Kepercayaan

Setelah pelanggan kamu sudah merasa dekat maka selanjutnya adalah mereka mulai percaya dengan brand kamu. Ini adalah bagian terpenting dalam content marketing.

Kepercayaan adalah yang utama bila content kamu perlahan lahan mulai berbeda dengan produk kamu maka mereka bisa secepat kilat berpindah ke produk lain.

Consideration

Kemudian ketika kepercayaan sudah terbangun maka para pelanggan secara sukarela merekomendasikan produk kamu kepada rekan rekannya. Dan ketika mereka membeli sebuah produk ada riset tersendiri dan membanding bandingkannya dengan produk lain. Dalam tahap ini content marketing sangat mempengaruhi lho, Sociozen.

Menaikkan Traffic

Kenaikkan traffic adalah salah satu keuntungan dari content marketing, karena kamu bisa menjangkau lebih luas pasar kamu dan akhirnya banyak yang mengunjungi website, media sosial atau blog bisnis kamu. Selain itu mereka juga merasa memperoleh informasi lengkap mengenai content yang kamu buat atau mengenai produk yang kamu tawarkan.

Membeli Produk

Dan ini adalah tujuan yang paling utama dari content marketing adalah pelanggan akhirnya memutuskan untuk membeli produk kamu.

Strategi Content Marketing

unsplash.com

Tentukan Tujuan Pemasaran

Pada umumnya dalam strategi content marketing itu dibagi menjadi 3 tujuan. Pertama untuk mendatangkan audiens, meningkatkan kepercayaan dan penjualan produk. 

Tentukan dahulu tujuan pembuatan content marketing kamu, ketiganya sulit untuk digabungkan karena untuk content meningkatkan kepercayaan akan berbeda dengan penjualan produk.

Buatlah content yang semenarik mungkin supaya para audiens kamu tidak bosan.

Mengenal Target Pasar

Agar kamu bisa bersaing dengan produk lain kamu bisa tentukan target pasar kamu dahulu, dari langkah tersebut kamu bisa membuat content yang dimengerti oleh target pasar kamu. Lakukan riset dan evaluasi setelah itu kamu bisa mengatur jenis content mana yang akan kamu berikan kepada audiens yang sesuai target produk kamu.

Mapping Content

Dengan menggunakan mapping content kamu bisa lebih terarah dalam membuat content dan tidak melenceng ke pembahasan lainnya. Misalnya, kamu membuat sebuah content branding kamu bisa membuat turunannya, begitu pun dengan content lainnya. Jadi bisa lebih fokus dan bisa membuat audiens menjadi nyaman.

Pilih Jenis Content

Apakah perlu membuat seluruh content? Rasanya lelah pasti. Kamu bisa memilih salah jenis content yang sesuai dengan produk atau bisnis kamu, misal blog post, infografik, video, podcast, webinar, foto dan lainnya.

Sesuaikan dengan produk serta target audiens kamu.

Mulai membuat Content Marketing

Langkah yang membuktikan bahwa produk kamu diterima pasar dan siap bersaing adalah mencoba membuat content marketing-nya dari situ baru kamu bisa evaluasi hasil content yang sudah kamu buat agar terus berkembang.

Pembuatan content marketing memang tidaklah mudah, membutuhkan waktu yang tidak sebentar apalagi di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat.

Salah satu kunci keberhasilan content marketing adalah kreatif dan unik. Kamu nggak perlu bingung dalam membuat content marketing yang unik dan berbeda biar GoSocial bantu. Kami mempunyai kemampuan dalam Social Media Management dan Social Media Engagement.

Jadi sudah siapkah untuk membuat content marketing pada bisnis kamu?

Informasi lebih lanjut bisa follow Instagram kami GoSocial.id

Comments to: Content Marketing : Definisi dan Strateginya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.