fbpx

Blog | GoSocial

Memulai bisnis di era serba online seperti sekarang ini membuat kita harus banyak belajar, banyak tahu dan juga haus dengan informasi yang ada tentang pemasaran atau lebih tepatnya cepat beradaptasi.

Yang sering banyak digaungkan oleh para marketer ketika mereka memberikan saran kepada pebisnis baru adalah dengan menggunakan content marketing atau digital marketing untuk promosi secara online.

Mungkin kita sebagai orang awam tidak memahami apa itu content marketing dan digital marketing serta yang mana yang harus diimplementasikan ke dalam bisnis agar cepat mendapatkan keuntungan, setidaknya khalayak luas mengetahui bisnis kita.

Mari kita bedah satu persatu antara content marketing dan digital marketing, mana yang paling efektif untuk bisnis online? Simak artikel ini sampai habis ya.

Pengertian Content Marketing

sumber : unsplash.com

Kita bahas dari konten dahulu, konten adalah yang dibagikan atau diunggah lewat blog, foto, video, infografis, ebook bahkan sampai playlist spotify.

Sekarang content marketing. Content marketing membantu menarik perhatian audiens kemudian juga bisa membangun hubungan dengan audiens karena bisa berinteraksi secara langsung, lewat komentar atau direct message.

Content marketing akan semakin bagus ketika konten yang diciptakan semakin menarik, unik, kreatif dan memberikan informasi yang bermanfaat bagi audiens yang tentunya bisa meningkatkan brand awareness.

Pengertian Digital Marketing

sumber : unsplash.com

Digital marketing adalah strategi pemasaran digital yang mampu memperluas audiens menggunakan promosi berbayar. 

Digital marketing sebenarnya mendorong content marketing supaya lebih berkembang, meningkat serta bisa lebih banyak diketahui oleh khalayak luas. Tipe-tipe dalam digital marketing itu seperti SEO, SEM, Email Marketing, dan Social Media Marketing.

Kelebihan dan Kekurangan Content Marketing

sumber : unsplash.com

Kelebihan

Menarik Lebih Banyak Audiens

Konten tidak jauh dari media sosial, sudah banyak platform media sosial yang kita ketahui, tinggal kita memaksimalkan konten yang dipunya kemudian mempromosikannya. Dengan begitu bisa menarik target audiens yang lebih luas.

Membangun Kepercayaan Dan Hubungan Dengan Pelanggan

Konten media sosial itu layaknya sampul bagi brand atau bisnis, ketika konten yang dibuat menarik, informatif dan bermanfaat maka audiens atau pelanggan bisa percaya dengan brand kamu karena melihat dari konten yang diunggah.

Kekurangan

Membutuhkan Keahlian Khusus

Membuat sebuah konten tidaklah sembarangan apalagi bagi bisnis. Dan harus mempunyai sumber daya manusia yang berkualitas atau keterampilan yang mumpuni seperti pada video, foto atau desain.

Membutuhkan Waktu

Butuh waktu yang tidak sebentar untuk menemukan mana konten yang tepat bagi target audiens, harus mencoba berbagai konten sampai menemukan hasilnya. Tidak ada cara atau strategi khusus dalam membuat konten, karena ini tergantung apa bisnis kamu dan siapa target audiens kamu.

Harus Berani Menghadapi Perubahan/Trend

Siap menghadapi perubahan yang ada. Konten harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Tidak bisa lagi sama seperti pada awal pembuatan konten, selain dipengaruhi oleh trend juga harus diikuti dengan keinginan audiens.

Kelebihan dan Kekurangan Digital Marketing

sumber : pexels.com

Kelebihan

Meningkatkan Konversi

Jika bisnis kamu sudah mempunyai website, kemudahan pelanggan untuk membeli produk kamu menjadi lebih mudah hanya perlu beberapa klik tanpa harus menelpon, mengirim email atau bahkan mengirim pesan lewat media sosial. Pemasaran digital menjadi langsung dan mulus.

Jangkauan Yang Lebih Luas

Digital marketing memungkinkan website kamu bertengger teratas di mesin pencari, bersaing dengan brand atau perusahaan lainnya dan tidak hanya mencakup pada target pasar kamu namun bisa menemukan audiens baru atau pasar baru.

Kekurangan

Sulit Menghindari Penolakan dari Audiens

Sekarang kita sering melihat banyak pilihan untuk tidak melihat iklan pada website seperti pilihan pemblokiran iklan, daftar spam, tidak lagi berlangganan email/newsletter atau yang lebih sering memilih menghindari iklan sebelum video. 

Hal tersebut benar-benar bisa menenggelamkan iklan dan mempengaruhi strategi pemasaran digital.

Persaingan Yang Ketat

Meski memiliki jangkauan yang lebih luas namun ada tantangan yang harus dihadapi dalam digital marketing yaitu persaingan yang ketat. Kita membayar kepada google, semakin besar uang kita atau modal maka peluang menjadi yang pertama di halaman mesin pencari sangat terbuka. Dan ini persaingan yang harus dihadapi.

Sangat Memerlukan Pelatihan dan Keterampilan

Seseorang yang ditugaskan atau bisnis yang ingin berpromosi dengan digital marketing maka harus mempunyai keterampilan yang teruji dan dibuktikan dengan mengikuti pelatihan. 

Karena sekali salah dalam strategi pemasaran digital atau digital marketing, kedepannya akan menjadi sulit karena itu tadi, banyaknya pesaing yang akan bisa menyalip bisnis kamu.

Lalu, Lebih Efektif Yang Mana Untuk Bisnis Online?

Bila ditarik lebih jauh sebenarnya keduanya sangat penting dalam memasarkan sebuah produk atau bisnis secara digital

Sederhananya content marketing memudahkan audiens memahami dan terlibat dengan brand sedangkan digital marketing mendorong penjualan serta menjangkau audiens lebih luas.

Kini apakah SocioZen sudah memahami perbedaan content marketing dan digital marketing serta telah menentukan mana yang cocok untuk bisnis online kamu?

Atau kamu masih bingung tapi ingin mendapatkan keuntungan dengan cepat?

Jangan ragu untuk bekerja sama dengan kami, GoSocial, karena kami Creative Digital Agency yang memiliki segudang pengalaman dalam bidang online marketing.

Mari berkembang dan beradaptasi bersama-sama.

Comments to: Content Marketing vs Digital Marketing, Efektif Yang Mana?

Your email address will not be published.

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.