fbpx

Blog | GoSocial

SocioZen pasti tidak asing dengan “mimin” atau admin media sosial.

Banyak orang yang beranggapan bahwa admin media sosial tugasnya hanya memposting konten dan membalas komentar saja.

Padahal admin media sosial adalah tugas atau pekerjaan antara hidup dan mati, serem banget ya, begini penjelasannya.

Media sosial adalah wajah perusahaan atau brand di dunia maya.

Setiap perusahaan atau brand pasti berusaha membangun branding dengan sangat bagus, strategi yang ciamik dan matang namun apabila admin media sosial salah mengartikan strateginya bukan tidak mungkin nama perusahaan atau brand menjadi tercoreng, butuh waktu lama untuk memperbaiki nama baik brand atau perusahaan.

Namun bila branding berhasil dan admin media sosial mampu bekerja dengan baik kadang dilupakan oleh perusahaan atau brand karena itu tadi kadang hanya dipandang sebelah mata.

Pengertian Admin Media Sosial

sumber : pexels.com

Admin media sosial adalah seseorang yang mengemban tugas untuk mengelola atau mengoperasikan hal-hal yang berkaitan dengan media sosial.

Admin media sosial pun juga harus mempunyai wawasan yang luas karena harus up to date dengan trend yang terjadi kemudian juga harus teliti karena apabila ada tulisan yang salah atau typo atau juga salah memposting konten pasti akan menjadi alarm bagi brand atau perusahaan.

SocioZen tahu kan bagaimana cepatnya netizen dalam berkomentar ataupun membuat jejak digital dengan screenshot.

Berikut ini Gogo akan memberikan penjelasan apa saja peran admin media sosial. Simak artikel ini sampai habis.

Peran Admin Media Sosial Bagi Brand atau Perusahaan

sumber : unsplash.com

Merancang Konten

Membuat konten bukanlah hal mudah atau yang penting ada konten, tidak. 

Peranan admin media sosial dalam merancang konten haruslah serba tahu mulai dari hari-hari besar di dalam kalender agar bisa sesuai dengan konten yang dibuat atau bisa membantu campaign.

Kemudian juga memahami trend bukan hanya tahu tapi paham dan saat mempostingnya admin media sosial bisa menjawab pertanyaan dari netizen. Lalu dalam merancang konten entah pada video, visual, teks dan lainnya admin media sosial harus aware dengan target pasar atau karakteristik followers.

Menentukan Jadwal Posting

Menentukan waktu posting juga tidaklah mudah, tidak hanya tergantung pada insight saja. 

Sang admin media sosial harus paham waktu-waktu tertentu agar postingan bisa mendapat trafik dan engagement yang tinggi.

Admin media sosial harus handal dalam menentukan waktu posting dan merisetnya, mungkin saja pada hari tertentu ada pergeseran waktu yang dahulu dianggap menjadi waktu yang tepat dan dibuktikan pada postingan lalu, tapi pada hari yang berikutnya nyatanya tidak mendapat atensi besar seperti postingan sebelumnya.

Jadi harus pintar dalam menentukan jadwal postingan.

Menjaga Stabilitas Media Sosial

Ketika postingan semakin hari semakin turun yang pertama ditegur adalah admin media sosial.

Padahal belum tentu, mungkin karena kontennya atau hal lainnya. Nah ini adalah tugas yang sulit bagi admin media sosial karena admin media sosial harus bisa mempertahankan insight yang didapat atau mencapai target yang sudah ditentukan dengan cara apapun.

Admin media sosial juga harus bisa menjelaskan mengapa media sosial menjadi menurun atau meningkat. Dan yang paling utama bagaimana cara admin media sosial mempertahankan followers serta menjaga stabilitas media sosial.

Berinteraksi Dengan Followers

Karakter followers itu bermacam macam, pertanyaan atau komentar yang masuk pun juga beragam. Tugas admin media sosial adalah bisa memahami apa yang audiens atau followers sampaikan, jangan sampai followers menjadi salah mengartikan atau bertanya dua kali. 

Hal ini butuh skill komunikasi yang mumpuni, berinteraksi atau menjawab pertanyaan dan komentar jangan selalu disamakan, itu malah membuat followers meninggalkan brand kamu. 

Jawablah dengan sederhana, sopan dan layaknya seperti teman, entah membalas komentar, direct message dan lainnya. Karena followers tidak mungkin bertanya atau komplain lewat email atau menghubungi customer service, semua serba ke media sosial.

Menjadi Pengelola Dalam Komunitas Yang Dibuat Oleh Perusahaan

Apabila brand atau perusahaan kamu mempunyai komunitas maka yang dipilih dalam mengelola komunitas adalah admin media sosial. 

Komunitas adalah cara mudah bagi brand atau perusahaan untuk bisa lebih dekat dengan audiens, selain itu juga bisa membangun kepercayaan serta hubungan. 

Tapi untuk mewujudkan hal tersebut tidaklah mudah, disini peran admin media sosial bekerja, apakah sanggup merangkul audiens, membangun hubungan serta menjawab pertanyaan dengan baik dari audiens.

Komunitas akan semakin berkembang atau menurun itu karena peranan dari admin media sosial dalam menjaga komunitas tersebut.

Pembuat Laporan Kinerja Media Sosial

Peran admin media sosial terakhir adalah pembuat laporan media sosial.

Dimulai dari peningkatan pengikut atau followers, demografi apakah bergeser atau tidak, kemudian sisi traffic atau engagement turun atau naik dan sebagainya yang akan dijelaskan oleh admin media sosial untuk membuat konten yang lebih baik lagi kedepannya dari riset atau laporan sang admin media sosial.

Mungkin kamu masih bertanya tanya apakah tugas admin media sosial serumit seperti yang dijelaskan diatas? Atau kamu belum bisa membagi waktu dalam membuat konten serta menjadi admin media sosial?

Jangan khawatir serahkan pada kami, GoSocial. Kami adalah Creative Digital Agency yang mempunyai keunggulan dalam jasa Social Media Management & Social Media Engagement, kami pun juga mempermudah kamu dalam membangun branding, karena kami juga memiliki jasa Branding & Design.

Informasi lebih lengkapnya bisa kamu lihat disini dan Follow Instagram kami gosocial.id

Comments to: Dibalik Keberhasilan Branding Ada Peran Admin Media Sosial yang Kadang Dilupakan

Your email address will not be published.

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.