fbpx

Blog | GoSocial

Media sosial kini bukan hanya tentang follow, like, komen melainkan kita bisa belajar bahkan untuk berbisnis sekalipun. Tidak dipungkiri bahwa media sosial telah bergeser menjadi wadah untuk mempromosikan suatu bisnis atau brand bahkan usaha kecil menengah atau UMKM semua menggunakan media sosial.

Media sosial perlahan menyediakan jenis iklan di berbagai platform media sosial. Misalnya TikTok yang menawarkan iklan seperti In-Feed Vide, brand takeover, hashtag challenge kemudian Twitter dengan Promote tweets, Promote account, Promote trends dan Automated ads-nya. Namun dari media sosial yang disebutkan bahwa Instagram dan Facebook masih menjadi favorit lho, SocioZen.

Ketika kamu sudah yakin dalam mempromosikan bisnis kamu lewat iklan atau ads di media sosial, ada hal hal yang harus kamu pertimbangkan dari A-Z, seperti jumlah pengguna, reach, engagement dan pertimbangan lainnya yang mungkin masih sedikit orang mengetahui hal ini. 

Barulah setelah itu kamu memutuskan untuk menggunakan iklan atau ads dimana.

Nah, Gogo ada memberikan ulasan yang bisa menjadi bahan referensi kamu dalam memulai menggunakan iklan atau ads khususnya untuk Facebook ads dan Instagram ads. Yuk kita bahas satu per satu.

Demografi

Facebook

Dikutip dari statista.com, bahwa Facebook adalah peringkat pertama sebagai media sosial yang paling banyak digunakan diseluruh dunia, dengan mencapai 2.7 miliar pengguna aktif. Kalau dijabarkan yang paling banyak 12,6% adalah perempuan dengan rentang usia 25-34 tahun dan pria 18,9% dengan rentang usia 25-34 tahun.

Lalu bila ditotal semua dari usia 13 sampai 65+ itu mencapai kurang lebih 43% sementara pria sekitar 56%.

Kalau diambil kesimpulan artinya semua kelompok umur berperan penting dalam melihat iklan di facebook dan pemenang gender-nya adalah pria.

Jadi ini sangat menguntungkan bisnis kamu apabila target pasar kamu adalah pria dan dengan segala umur. Facebook bisa menjadi pilihan yang bagus.

Instagram

Sementara itu instagram mempunyai jumlah pengguna sebanyak lebih dari 1 miliar pengguna di seluruh dunia.

Dan pengguna aktif instagram unggul pada perempuan dengan angka 50.4% sedangkan pria hanya 49.6%.

Dari angka ini bisa disimpulkan apabila target pasar kamu adalah perempuan maka instagram adalah platform yang cocok untuk memasarkan produk kamu.

Engagement

Dalam hal engagement, Instagram jauh lebih unggul. Dilansir dari sproutsocial.com bahwa engagement per posting di facebook hanya 0,09% dibanding dengan Instagram yang sebesar 1,60 per posting. 

Fakta lainnya hanya 32% pengguna facebook yang teratur berinteraksi dengan brand dibanding di Instagram yang mempunyai angka 68%.

Kemudian untuk lebih menyakinkan kamu. Pada tahun 2015 Forrester melakukan penelitian tentang bagaimana pengguna media sosial terlibat dengan 50 merek global teratas. Dan mereka menganalisis lebih dari 2.400 postingan dan 11,8 juta interaksi pengguna. 

Dari penelitian ini mereka menyimpulkan bahwa interaksi pengguna aktif dengan berbagai brand tersebut yang paling tinggi berada di platform Instagram dibanding dengan media sosial lainnya. 

Data tersebut jelas menunjukkan bahwa dalam engagement di Instagram jauh lebih unggul dan menguntungkan dibanding Facebook.

Reach

Seperti pada kesimpulan di pada demografi facebook. Reach di facebook mempunyai keunggulan, kenapa?

Kita bisa melihat bahwa dari berbagai kelompok usia bisa melihat iklan brand kamu atau kalau kamu ingin lebih spesifik lagi kamu bisa menggunakan facebook manager, kamu bisa menentukan target berdasarkan lokasi, usia, jenis kelamin dan lainnya.

Menurut penelitian terbaru oleh dreamgrow.com facebook memiliki 2,2 miliar pengguna aktif.

Jadi jika kamu ingin menjangkau pasar lebih luas dan banyak kamu bisa memilih facebook.

Kemudian instagram. Instagram memiliki kemampuan dalam jumlah reach organic yang tinggi apalagi jika kamu fokus pada Instagram hanya untuk berbisnis.

Ditambah lagi instagram mempunyai fitur hastag dan suggestion for you keduanya bisa memperluas jangkauan target pasar kamu. Penjelasan reach pada instagram ini dipertegas oleh Jonathan aufray dari Growth Hackers “instagram jelas merupakan platform yang tepat untuk meningkatkan jumlah reach organic dan brand awareness

Nah itulah penjelasan secara singkat antara Facebook ads dan juga Instagram ads. Mungkin bisa menjadi pertimbangan kamu sebelum menentukan beriklan di mana.

Kalau rasanya kamu bingung pilih beriklan dimana atau kamu perlu bantuan dalam mengiklankan produk atau bisnis di media sosial, tenang saja GoSocial ahli dalam Social Media Management, Social Media Engagement.

Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Tidak hanya membantu mengiklankan bisnis kamu. Kami juga siap membantu dalam Branding & Design bisnis kamu juga loh, kamu hanya tinggal duduk manis saja, serahkan semuanya kepada kami.

Menarik bukan? Hubungi kami di Instagram GoSocial.id

Comments to: Facebook Ads vs Instagram Ads Mana yang Paling Ampuh?

Your email address will not be published.

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.