Facebook dan Instagram tidak mendukung lagi konten yang disematkan di situs WordPress mulai 24 Oktober 2020.

Perubahan yang akan dimulai pada 24 Oktober nanti akan mempengaruhi konten Facebook dan Instagram yang disematkan di situs WordPress kemungkinan akan dihapusnya konten Facebook dan Instagram yang telah ada di situs WordPress. Untuk lebih spesifik, pembaruan API yang akan datang mampu menghapus dukungan untuk penyematan Facebook dan Instagram yang tidak diautentikasi.

Artinya, setelah tanggal 24 Oktober 2020, hanya akan mendukung konten dari Penerbit yang sudah memiliki akun pengembang Facebook dan Terdaftar Facebook. Perubahan ini berlaku untuk konten yang disematkan sebelumnya, sehingga semua penyematan Facebook dan Instagram di situs penerbit yang tidak terautentikasi akan segera dihapus. Ini berpotensi mempengaruhi jutaan situs.

Memenuhi persyaratan baru untuk konten yang disematkan bukanlah pilihan untuk semua penerbit. Membuat akun pengembang Facebook dan mendaftarkan di Facebook bukanlah solusi praktis.

Persyaratan Baru Penyematan Konten di WordPress

Apa artinya semua ini bagi penerbit?

Dalam bahasa sederhana, Perubahan yang akan terjadi nantinya akan membuat Facebook, Instagram, dan WordPress mengalami banyak konten yang akan rusak.

Jika Anda sebagai Penerbit di WordPress dan pernah menyematkan konten dari Facebook dan Instagram di situs WordPress Anda, maka perubahan ini memengaruhi Situs WordPress Anda.

Facebook hanya menawarkan satu solusi, yaitu memenuhi persyaratan baru yang ketat.

Persyaratan baru meliputi:

  • Mempunyai Akun Pengembang Facebook, yang dapat Anda buat di developers.facebook.com
  • Mempunyai Aplikasi yang terdaftar di Facebook
  • Produk oEmbed ditambahkan ke aplikasi
  • Mempunyai Acces Token
  • Aplikasi Facebook harus dalam Mode Live

Jika itu terdengar seperti solusi untuk Anda dan Anda faham akan hal tersebut, maka Anda bisa mendapatkan lebih banyak informasi di blog pengembang Facebook.

Jadi apa yang harus dilakukan penerbit wordpress jika mereka ingin menyematkan konten dari Facebook dan Instagram ke halaman wordpress mereka?

Untungnya, ada solusi yang lebih realistis yang tersedia melalui penggunaan plugin WordPress.

Perbaikan dengan menggunakan Plugin di WordPress

Meskipun perubahan pada wordpress belum diluncurkan, pengembang plugin telah menyiapkan solusi sederhana bagi pemilik situs jauh-jauh hari.

Berikut adalah beberapa plugin yang tersedia untuk mendukung konten Facebook dan Instagram yang telah disematkan di WordPress :

oEmbed Plus

Sebuah plugin baru bernama oEmbed Plus, oleh pengembang bernama Ayesh Karunaratne, menghadirkan dukungan untuk penyematan konten Facebook dan Instagram di WordPress.

Meskipun plugin ini sudah terpasang, penerbit harus mendaftarkan akun pengembang Facebook dan “membuat” aplikasi. Perhatikan bahwa Anda tidak perlu membuat aplikasi secara nyata, tapi hanya konsep aplikasi di atas kertas.

Meskipun ada beberapa kendala, plugin ini mampu membantu proses penautan lebih mudah daripada melakukan semuanya sendiri.

Plugin Smash Balloon

Perusahaan pengembang plugin bernama Smash Balloon, yang pluginnya digunakan lebih dari 1,4 juta situs, menawarkan solusi yang lebih mudah. Pengembang telah memperbarui plugin yang ada dengan perbaikan untuk konten Facebook dan Instagram yang rusak setelah tanggal 24 Oktober.

Dengan plugin dari Smash Balloon, Anda tidak perlu melalui proses pendaftaran akun pengembang Facebook dan membuat aplikasi, karena Smash Balloon sudah memiliki API key yang diperlukan untuk membuat Konten Facebook dan Instagram agar bisa disematkan ke WordPress. Tidak ada otentikasi tambahan yang diperlukan untuk memulihkan konten yang disematkan.

Semua plugin yang disebutkan dalam artikel ini gratis.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.