Blog | GoSocial

Hai SocioZen !

Kamu tahu nggak sih gimana potensi digital marketing di Indonesia ?

Digital marketing di Indonesia sekarang memiliki potensi yang besar, karena banyak konsumen yang sudah beralih ke dunia digital. Besarnya potensi digital marketing ini mengharuskan kamu para pebisnis untuk bisa beradaptasi dengan perubahan. Hal ini karena, jika kamu tidak bisa beradaptasi maka bisa kalah saing dengan kompetitor bisnismu. 

Besarnya potensi digital marketing ini, bisa kamu optimalkan agar bisa menunjang peningkatan penjualan bisnismu. Jika bisnismu belum melek digital, sekarang adalah waktu yang tepat. Dan jangan terjerat dengan pikiran bahwa masuk dunia digital perlu menunggu momen yang tepat ya. 

Yuk Simak ! Gimana Sih Potensi Digital Marketing di Indonesia

Perlu kamu tahu, pengguna internet di Indonesia semakin meningkat di setiap tahunnya. Tahun 2021 awal, menunjukkan peningkatan sebesar 15,5 persen dengan jumlah pengguna sebesar 27 juta. Pengguna media sosial juga mengalami peningkatan pada tahun 2021 menjadi 170 juta pengguna.

Besarnya pengguna internet & media sosial di Indonesia menunjukkan bahwa potensi digital marketing sangatlah besar bagi bisnismu. Hal ini karena, banyak audience yang sudah melek dunia digital sehingga kamu bisa menjangkau tanpa batasan. 

Hal ini juga didukung dengan peningkatan penjualan e-commerce di Indonesia, salah satunya yaitu para UMKM di  marketplace. Misalkan saja UMKM di Tokopedia yang menunjukkan peningkatan penjualan 3-4 kali lipat dalam berbagai jenis produk. 

Besarnya potensi penjualan ini membuat para pebisnis tergiur, sehingga banyak penjual yang gabung di Tokopedia. Pada tahun 2020 terdapat 7,2 juta penjual, dan meningkat pada tahun 20201 menjadi 10 juta penjual

Selain Tokopedia, banyak marketplace yang menunjukkan peningkatan penjualan di tahun 2021 ini. Misalkan saja shopee, mengalami peningkatan penjualan sampai 5 kali lipat dengan berbagai program yang diberikan sehingga banyak pelanggan tertarik untuk memutuskan pembelian di shopee. 

Berdasar dari peningkatan internet dan berbagai media tersebut, menunjukkan bahwasannya potensi digital marketing sangatlah besar bagi para pebisnis terutama UMKM untuk mempercepat perkembangan bisnisnya. Jika kamu tidak bisa tanggap beradaptasi, maka bisa berpotensi tenggelam atau bisnismu tidak bertahan lama. Karena akan kalah saing dengan kompetitor yang sudah memanfaatkan potensi pasar digital.

Lalu, Apa Sih Pentingnya Masuk Dunia Digital ?

  1. Memperluas Jangkauan Bisnismu

Melalui pasar digital, kamu bisa memperluas pemasaran produk bisnismu karena tidak hanya menjangkau pasar orang-orang terdekat atau pasar di tempat wilayah bisnismu. Misal saja promosi, jika memakai cara manual dengan memasang baliho maka iklan bisnismu hanya terbatas dilihat orang-orang yang ada disekitar tempat pemasangan iklan. Namun jika kamu memasang iklan secara digital, maka bisa dijangkau banyak audience dari berbagai wilayah. 

  1. Mudah Menjangkau Target Pasar yang Sulit Terjangkau

Seringkali para pebisnis terhambat dalam meningkatkan penjualan karena hanya terbatas pada pembeli yang sama. Bahkan jika meningkat, mungkin hanya menunjukkan angka yang tidak besar. Hal ini dikarenakan belum menjangkau target pasar yang lebih luas. Dengan adanya digitalisasi usaha, maka bisa menjangkau target audience yang sulit dijangkau karena bisa terhubung dengan audience di berbagai wilayah. 

  1. Bisa Komunikatif Kepada Audience Bisnismu

Salah satu kunci mendapatkan kepercayaan audience yaitu dengan memperhatikan intensitas komunikasi. Hal ini bisa dengan mudah kamu lakukan melalui pembuatan content marketing bisnismu. Dengan ini kamu bisa meningkatkan customer relationship sehingga secara tidak langsung kamu bisa mendapatkan pembeli yang loyal. 

  1. Bisa Membangun Branding Produk

Setelah membangun banyak media pemasaran secara menarik, maka bisa jadi potensi untuk meningkatkan branding produk bisnismu. Oleh karena itu, jika kamu mau masuk dunia digital perlu persiapan yang matang agar peningkatan penjualannya juga lebih optimal. 

  1. Meningkatkan Penjualan Bisnismu

Dengan berbagai usaha dalam memanfaatkan potensi digital marketing, maka bisa menjadi peluang untuk meningkatkan penjualan bisnismu. Hal ini karena, kamu bisa dengan cepat menggaet banyak konsumen-konsumen baru. Selain itu, dengan membuat content marketing, kamu juga bisa mudah mensugesti para pelanggan baru agar lebih tertarik melirik produk bisnismu. 

Nah itulah berbagai potensi digital marketing yang bisa menjadi jurus jitu dalam meningkatkan bisnismu. Jika kamu belum masuk dunia digital, maka segeralah beradaptasi agar tidak tergerus dengan perkembangan para kompetitor bisnis. 

Kamu juga bisa memanfaatkan berbagai layanan GoSocial yang bisa menunjang digitalisasi usaha bisnismu. Tentunya dengan harga terjangkau & kualitas jasa profesional ya !

Comments to: Geliat Potensi Digital Marketing Indonesia

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.