fbpx

Blog | GoSocial

Aktivitas pemasaran atau marketing perlahan lahan harus beralih dari offline ke online. Pemasaran online ini dikenal dengan Digital Marketing. Pemasaran yang dipasarkan lewat media sosial, blog, website, dan platform digital lainnya. Namun terkadang dalam bisnis kita hanya terfokus untuk mendapatkan keuntungan. Padahal marketing atau pemasaran adalah ujung tombak dari sebuah bisnis untuk menghasilkan keuntungan.

Sebelum berbicara tentang hasil pasti ada yang namanya proses. Bagaimana cara untuk mendapatkan keuntungan? Nah disini kita berbicara strategi marketing yang rasanya semakin hari semakin berkembang dan kita harus tetap belajar, beradaptasi dan mengaplikasikannya.

Salah satu perkembangan dalam strategi marketing online adalah Call To Action atau CTA

Apa itu Call to action/CTA? Apa perannya dalam strategi marketing? Dan hal-hal apa yang harus dihindari dalam membuat call to action. Mari simak artikel ini.

Pengertian Call To Action

unsplash.com

Dilansir dari investopedia.com call to action adalah istilah pemasaran yang mengacu pada langkah selanjutnya yang diinginkan oleh pemasar untuk dilakukan oleh audiens atau calon pelanggannya.

Singkatnya CTA adalah mendorong pelanggan untuk melakukan suatu aksi atau tindakan dengan suatu gambar, tulisan maupun ucapan. Misalnya menginstruksikan pelanggan membeli, mengklik tombol, link atau berlanggan newsletter blog dari website.

Pada umumnya CTA mempunyai link yang mengarahkan kita kepada suatu website yang mempunyai informasi lebih detail.

Peran Penting Call To Action Untuk Pemasaran Digital

Komponen CTA saat ini memegang peranan penting dalam media promosi digital karena bisa meningkatkan insight hingga traffic penjualan baik di website atau pun media sosial.

Kalimat persuasif yang ada di dalam call to action bisa membujuk pelanggan dan bila mereka jatuh hati dengan produk atau bisnis kamu mereka tahu akan menuju kemana.

Apa jadinya bila tidak ada CTA dalam promosi pastinya rasanya hambar, kamu pasti merasa bosan dengan suatu promosi yang langsung menonjolkan harga dan produk, agak malas ya rasanya.

Dan keistimewaan dari CTA adalah membuat pelanggan memahami apa isi content atau promosi yang disampaikan bila dibalut dengan cerita akan bisa menyentuh hati hingga emosi pelanggan.

Hindari hal hal berikut dalam membuat Call To Action

Jangan Bertele Tele

Berikan kalimat yang jelas dan singkat. Semakin panjang kalimat membuat orang akan malas untuk membacanya, bila di dalam caption orang malas untuk scroll ke bawah, bila di dalam visual atau microblogging slide pun sama, mereka malas untuk menggeser.

Jadi buatlah kalimat yang tepat agar calon pelanggan membuat tindakan yang sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Dilansir dari blog.hubspot.com dan ilmuwan Zarella melakukan penelitian untuk menentukan tulisan yang ideal adalah 90 sampai 150 karakter.

Promosi yang Berlebihan/Over Selling

Mungkin bisnis kamu mempunyai banyak bantuan untuk pelanggan namun bila terlalu banyak promosi dan terus berpromosi akan membuat pelanggan akan jenuh melihatnya bahkan yang paling menyakitkan mereka bisa memilih produk lain. 

Buatlah CTA yang bercerita atau story telling berikan manfaat dan fakta-fakta baru. Karena menurut Sheena Iyengar, seorang profesor di columbia business school mengatakan, terlalu banyak pilihan dapat membuat kewalahan dan menyebabkan pelanggan tidak memilih sama sekali. Dan di dalam berbisnis jika melakukan penawaran terlalu banyak pilihan, mungkin pelanggan tidak membeli apapun.

CTA Tidak Terlihat

Hampir sama seperti nomor satu, CTA harus bisa singkat dan tepat sasaran, jangan terlalu ditaruh kebawah mungkin kamu bisa mencobanya di awal kalimat sehingga bisa terlihat jelas. Kemudian bila di dalam visual kamu jangan terlalu bawah atau tulisan yang terlalu kecil. Berikan font yang berbeda dan besar dengan warna yang berbeda dari warna background sehingga bisa terlihat begitu jelas dan mempermudah pelanggan mengambil tindakan.

Melupakan Manfaat Produk

Promosi dalam bisnis memang perlu namun jangan terlalu sering apalagi melupakan manfaat produk. Berikan sebuah keuntungan dari produk kamu. Karena pada dasarnya setiap manusia ingin mempunyai hidup yang menguntungkan dirinya sendiri dan terbaik.

Misalnya,

Penawaran 1 : Kursus dengan kami bisa meningkatkan pendaftar email

Penawaran 2 : 7 Langkah untuk mendapatkan 10.000 pelanggan email dalam 3 bulan?

Mana yang lebih menarik? Sudah pasti memilih tawaran no 2.

Berani Melakukan A/B Testing

Mungkin kamu ragu atau bingung seperti apa bentuk CTA yang cocok dengan pemasaran online bisnis kamu. Cobalah bereksperimen dengan CTA yang lainnya kemudian kamu evaluasi dan ulangi. Uji desain, penempatan dan kalimat ajakan untuk menemukan kombinasi yang tepat dan terbaik.

Memang berbisnis secara online tidaklah mudah namun mau tidak mau, suka tidak suka bila kamu ingin meningkatkan financial kamu dan ingin memulai usaha jalan terbaik saat ini adalah dengan Bisnis online.

Tapi yang sering menjadi batu sandungan untuk menyerah adalah pemasaran online yang begitu rumit dan proses yang panjang.

Tenang, GoSocial hadir untuk membantu kamu dalam Social Media Management serta Social Media Engagement, kamu akan merasakan bagaimana nikmatnya menjadi bos untuk usaha sendiri. Oh iya kami juga bisa membantu kamu dalam Branding & Design pastinya dengan harga yang terjangkau.

Untuk lebih lanjut hubungi kami di Instagram : GoSocial.id

Comments to: Hal-hal yang harus dihindari dalam membuat Call To Action di Media Sosial

Your email address will not be published.

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.