fbpx

Blog | GoSocial

SocioZen mungkin sudah familiar dengan berbagai media sosial yang ada saat ini, namun semakin berkembangnya zaman serta teknologi digital yang terus berinovasi, ada salah satu platform digital yang sedang digandrungi oleh anak muda, content creator dan pebisnis, yaitu Podcast. 

Kamu sebagai pebisnis tidak boleh menutup mata dengan berbagai kemajuan digital yang ada, kalau bisa kamu harus memanfaatkan dan memaksimalkannya.

Semakin kamu beradaptasi, semakin kamu bisa menguasai media digital termasuk untuk bisnis dan berpromosi.

Namun pertanyaannya apakah podcast bisa menjadi tempat yang efektif untuk beriklan? atau hanya cuma trend saja?

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut mari kita simak artikel ini sampai habis ya.

Pengertian Podcast

sumber : unsplash.com

Podcast adalah seperti siaran radio yang umumnya non streaming atau gratis yang bisa kamu dengarkan kapan saja dan dimana saja dengan konten atau topik tertentu. Dan kamu bisa memilihnya. 

Di Indonesia sendiri menurut Spotify bahwa ada lebih dari 20% pengguna yang mendengarkan podcast dan kebanyakan pendengar adalah anak muda.

Dilansir dari katadata, pendengar podcast dengan usia 20-24 sangat mendominasi sebesar 22,2% lalu usia 25-29 sebesar 19,9% perbedaannya cukup jauh dengan pendengar yang berusia 35-39 yang hanya 11,8%. 

Podcast mempunyai keunikan sendiri berbeda dari konten video pada Youtube, konten di podcast lebih spesifik dalam mengkategori berbagai tema atau topik, mulai dari Comedy, Business, Education, Health dan lainnya.

Setelah kita mengetahui mengapa podcast bisa begitu mendominasi saat ini, sekarang Gogo akan membahas keuntungan apa saja yang akan kamu dapat apabila kamu beriklan di podcast.

Alasan Mengapa Promosi Lewat Podcast itu Menjanjikan

sumber : unsplash.com

Podcast Menjangkau Audiens Lebih Besar

Sekarang siapa sih yang tidak tahu podcast? Terutama anak muda. Podcast menambah variasi dalam konten pada promosi bisnis kamu selain itu potensi menjangkau audiens lebih besar karena bisa dibagikan lewat berbagai media sosial. 

Hal tersebut menjadi peluang yang cukup menjanjikan dalam membantu brand atau bisnis kamu lebih dikenal.

Audio Adalah Masa Depan

Dahulu siapa yang menyangka bahwa mendengarkan orang mengobrol tanpa video dan hanya audio kini menjadi sangat menyenangkan, mendapat hiburan bahkan menjadi suatu kebiasaan sebelum memulai aktivitas.

Audio adalah masa depan yang akan menyalip konten video nantinya. Dengan data yang sudah kita lihat diatas bukan tidak mungkin podcast bisa menjadi platform berkonten di masa depan.

Dan ini adalah kesempatan kamu untuk memulai membangun masa depan bisnis yang cerah.

Mudah Dalam Membangun Hubungan Dengan Audiens

Kalau kamu mempunyai target pasar anak muda maka menggunakan podcast menjadi jawabannya. Karena podcast mempunyai topik tersendiri dan kita bisa memilihnya. 

Hal tersebut bagi sebagian anak muda atau Generasi Milenial dan Gen Z rasanya sangat dekat atau relate dengan apa yang diceritakan di dalam podcast sehingga ada sisi emosional yang merasa begitu dekat dan akhirnya mem-follow.

Dan ini menjadi peluang yang besar untuk bisnis kamu dalam membangun hubungan dengan audiens dan tentunya berkesempatan untuk mendapatkan keuntungan.

Membantu Membangun Branding

Sekarang ini beberapa orang mungkin enggan melihat iklan tapi podcast mempunyai cara lain yang begitu soft dan bisa membangun branding lebih cepat, siapa sih yang tidak ingin terkenal dengan cepat.

Kamu bisa membuat konten yang bercerita dengan berbagai topik yang sesuai dengan niche bisnis kamu.

Memang hal ini memerlukan waktu yang tidak sebentar tapi hasilnya akan sebanding dengan branding yang kamu bangun.

Ketika podcast kamu sudah banyak yang mendengarkan artinya brand kamu sudah mulai dikenal, memberikan kesan dan bukan tidak mungkin mereka tidak sabar menunggu episode podcast kamu selanjutnya.

Dan kemungkinan besar kamu mendapatkan audiens yang setia.

Iklan Cenderung Tak Mengganggu

Saat kamu menonton video di Youtube dan ada tulisan skip saat ada iklan pasti kamu akan mengkliknya apabila kamu sedang seru menonton video-nya, tapi berbeda dengan podcast.

Promosi atau iklan di podcast tidak cenderung mengganggu dan cenderung smooth mirip seperti radio karena kita sedang asyik mendengarkan cerita atau topik yang mungkin saja tidak mau terlewati walaupun ada iklan yang disisipkan.

Cara Beriklan di Podcast

sumber : pexels.com

Menentukan Nama Podcast

Nama adalah identitas yang akan dikenal banyak orang nantinya, bukan lagi mengenai logo atau warna. Podcast mempunyai kekuatan dari segi nama. 

Jadi kalau kamu ingin membuat podcast terutama untuk promosi produk atau bisnis, maka sesuaikan dengan nama brand kamu atau bisa juga menggunakan nama yang kreatif namun tetap mewakilkan brand kamu.

Tentukan Tema Content

Setelah nama sudah selesai hal berikutnya adalah tentukan tema konten yang akan dibangun, misalnya kamu akan fokus membicarakan tentang bisnis.

Kamu tentukan dahulu konten yang akan dibuat, apakah berupa edukasi bisnis, motivasi bisnis, cara membangun bisnis atau hal lainnya yang berhubungan dengan brand atau bisnis kamu.

Pastikan Sudah Memahami Target Pasar

Ini adalah hal yang penting, ketika kamu sudah memahami siapa target pasar kamu maka nantinya konten yang dibuat itu akan semakin mudah mulai dari tema konten, apa saja yang akan dibicarakan, kemudian cara berbicara yang sesuai dengan target pasar kamu agar audiens mudah mencernanya.

Misalnya, target pasar kamu adalah anak muda berarti memakai tema yang simpel tapi dibalut dengan sedikit hiburan dan dengan bahasa keseharian.

Kolaborasi Dengan Podcast Lain

Nah ketika podcast kamu sudah mulai berjalan kamu bisa berkolaborasi dengan podcast lain yang sudah besar, dari situ kamu bisa membangun koneksi, menambah followers dan tentunya membuat nama brand atau bisnis kamu semakin dikenal.

Share Ke Semua Media Sosial

Jangan lupa untuk share ke berbagai media sosial karena mungkin saja audiens di Facebook kamu tidak tahu bahwa brand kamu mempunyai podcast dan akhirnya menjadi tahu ketika kamu membagikannya atau share.

Konsisten

Semua yang dibuat dari awal pasti membutuhkan waktu. Konsisten adalah kunci.

Ketika kamu berhenti maka kompetitor bisa menyalip kamu hanya dengan kedipan mata. Tetap semangat dan konsisten, SocioZen.

Podcast adalah media baru dalam mempromosikan brand atau bisnis. Tapi ingat pondasi awal atau dasar dari terciptanya audiens itu berasal dari media sosial, lho!.

Bila media sosial bisnis kamu kurang menarik, tidak komunikatif dan dari sisi desain kurang cocok dengan target pasar kamu bagaimana audiens bisa mengenal brand atau bisnis kamu, apalagi mendengarkan podcast kamu.

Maka dari itu bangun pondasi awal bersama GoSocial karena kami adalah Creative Digital Agency yang mempunyai jasa profesional pada Social Media Management & Social Media Engagement serta Branding & Design.

Informasi lebih lengkapnya bisa kamu lihat disini dan follow Instagram kami gosocial.id

Comments to: Hanya Trend Semata Atau Memang Efektif Untuk Beriklan Di Podcast?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.