Blog | GoSocial

Kamu pengin jadi seorang designer grafis profesional? Atau membutuhkan seorang designer grafis dalam tim bisnismu? Profesi seorang designer grafis adalah posisi yang sangat penting untuk membangun sebuah bisnis. Betapa tidak? Bukankah media sosial, konten promosi, konten produk, dan lain-lainnya membutuhkan design?

Designer grafis adalah seseorang yang akan merubah semua ide konsep dan konten marketingmu menjadi visual menarik yang bisa diliat audiens.

Lalu bagaimana cara menjadi seorang designer grafis profesional ya? Kali ini Gogo akan mengajakmu untuk lebih tahu apa saja hard skill yang harus dimiliki seorang designer grafis profesional.

Menguasai Prinsip Desain

Hal pertama yang harus dilakukan seorang designer grafis adalah paham tentang prinsip desain. 

Sederhananya prinsip desain adalah prinsip yang dapat membawamu membuat desain yang ideal. 

Desain yang memiliki nilai jual, desain yang bisa dinikmati dengan jelas oleh audiens, desain yang bisa menyampaikan pesan. Bukan hanya dari keinginan pribadi saja.

Prinsip desain mempunyai banyak macamnya, seperti hierarchy, contrast, balance, alignment, repetition, dan lainnya.

Prinsip desain sangat berguna agar desain yang dibuat menarik secara visual dan terstruktur dengan baik.

Baca juga: Ketahui Prinsip Hierarki Visual agar Desainmu Semakin Powerful

Menguasai Software Desain

Sumber: Unsplash.com

Apa indikasinya seseorang bisa dikatakan sebagai designer grafis? Ia adalah seseorang yang bisa menguasai software desain seperti: Adobe Photoshop, Adobe InDesain, Adobe Lightroom, Corel Draw dan lainnya.

Menguasai software desain tentunya akan berbeda dengan hanya bisa desain dari aplikasi handphone. Karena apa? Dengan software desain, desainmu lebih original, kreatif, dan bisa dirancang semaumu. 

Dalam hal ini kamu pun bisa merancang desain sesuai karakter dari brand atau klien yang kamu kerjakan.

Satu hal lagi, menggunakan software desain pun akan terhindar dari yang namanya desain blur atau pecah.

Tipografi

Sumber: Unsplash.com

Ketika berbicara tentang tipografi, kita akan membahas tentang font yang diterapkan dalam desain. Menjadi designer grafis wajib mengerti tentang pengetahuan font

Elemen desain pada intinya terdiri dari dua hal, yaitu gambar dan font sebagai informasi kepada audiens. Untuk menyampaikan informasi yang jelas kepada audiens perlu adanya pemilihan font yang memudahkan audiens membaca, menciptakan hierarki dan menjadi sarana branding.

Ideation

Selanjutnya hal yang mengantarkanmu untuk bisa menjadi seorang designer grafis profesional adalah ideation.

Apa itu ideation?

Ideation adalah kemampuan seorang designer grafis dalam metode riset dan cara pandangnya merepresentasikan tren menjadi tampilan visual yang menarik.

Ideation ini tentunya sangat berguna ketika kamu berhadapan dengan klien saat akan membuat desain baru atau ide yang ada dalam rancanganmu.

Prinsip Desain UX

Sumber: Unsplash.com

Selain prinsip desain, prinsip selanjutnya yang perlu kamu pahami adalah prinsip desain UX.

Desain UX sendiri adalah desain yang digunakan untuk website atau aplikasi, dengan rancangannya yang memudahkan pengguna dan tidak membingungkan penggunanya.

Prinsip desain UX ini sangat berguna untuk menyampaikan desain yang mudah dan tidak membingungkan audiens, meskipun desain yang kamu buat hanyalah untuk media sosial tapi hal ini akan menjadi nilai lebih.

Kamu bisa mulai mempelajarimya dengan mengamati tampilan desain pada aplikasi maupun website.

Tahu Bahasa Pemrograman

Sumber: Unsplash.com

Sebagai tambahan seorang designer grafis juga bisa menambahkan kemampuannya tentang bahasa pemrograman yang ternyata bisa menjadi poin plus.

Dalam sebuah survey, sekitar 36 persen perusahaan lebih tertarik dengan designer grafis yang juga sedikit mengerti tentang HTML atau bahasa pemrograman.

Kemampuan ini juga berguna untuk menambahkan kemampuanmu membuat tampilan sebuah situs jadi menarik. Dan mempermudah desainmu cepat terselesaikan dengan penerapan bahasa pemrograman yang kamu tahu.

Nah begitulah hard skill yang harus dimiliki seorang designer grafis profesional. Itulah hal-hal yang bisa membuatmu dikatakan profesional, bukan hanya sekadar desain sesuka hati.

Baca juga: Kamu Harus Tahu ! Pentingnya Desain Grafis Bagi Bisnismu

 

Comments to: Hard Skill yang Harus Dimiliki Seorang Designer Grafis Profesional

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.