fbpx

Blog | GoSocial

Berbicara mengenai bisnis apa esensi atau dasarnya? Sudah pasti mendapatkan keuntungan sebanyak banyaknya, bukan? Selain itu bagaimana bisnis bisa berjalan dengan baik, bertahan dalam keadaan apapun dan akhirnya menjadi besar, apakah itu impian semua pelaku bisnis?

Namun ada pertanyaan yang terbesit dari Gogo mengapa beberapa bisnis online, toko atau bahkan yang berjualan di marketplace sering memberikan penjelasan pada hari tertentu mereka libur bukankah waktu adalah uang? 

Mengapa para pengusaha rela kehilangan keberuntungannya saat mereka memutuskan libur? Bukankah itu menjadi sebuah peluang yang mungkin saja sangat besar.

SocioZen pernah tidak, saat ingin membeli sesuatu di marketplace, kalian mencoba bertanya dengan toko lewat chat kemudian yang membalasnya adalah chatbot yang ada penjelasan mengenai jam sibuk untuk membalas sampai ada hari libur.

Atau kalian sering melihat online shop di media sosial, khususnya di Instagram isi di bionya adalah memberikan penjelasan buka dari jam berapa sampai tutup dan libur pada hari tertentu.

Rasa penasaran Gogo dan dari SocioZen kini perlahan lahan menemui titik terang karena akhirnya Gogo menemukan alasannya mengapa para pelaku bisnis memilih tetap buka di hari libur atau bahkan memutuskan ikut libur juga. Berikut beberapa alasannya.

Alasan Libur Berjualan Saat Hari Libur

sumber : unsplash.com

Mempunyai Waktu Dengan Keluarga

Gogo akhirnya paham. Karena waktu tidak hanya tentang uang tapi waktu bersama orang terdekat dan yang paling utama adalah keluarga. Gogo percaya bahwa support terbaik dalam berbisnis atau usaha adalah keluarga.

Jadi saat usaha atau bisnis memutuskan untuk libur pada hari libur karena bisa memanfaatkan lebih banyak waktu bersama keluarga, karena waktu tidak bisa diulang.

Mempunyai Waktu Untuk Restock Barang

Pada hari hari tertentu kita mungkin sangat sibuk melayani pelanggan, mulai dari membalas pesan sampai dengan packing barang untuk siap dikirim. 

Kita hanya fokus untuk terus menjual tanpa melirik persedian stok apakah masih ada atau semakin menipis.

Lebih baik kamu ambil hari libur untuk restock barang agar tidak mengganggu penjualan bahkan kehabisan stock saat sedang ramainya toko kamu.

Bisa Brainstorming DenganTeam

Bagi kamu yang baru sedikit mempunyai pegawai atau team pasti rasanya saat sibuk tidak ada waktu untuk saling evaluasi, saat toko sudah tutup pun rasanya pasti lelah dan akhirnya tertunda.

Namun saat bisa mengambil hari libur kamu bisa brainstorming dengan team bagaimana perkembangan bisnis selama ini dan menentukan langkah selanjutnya, apa saja yang harus diperbaiki dan apa yang harus tetap dipertahankan dan lain sebagainya.

Belajar Atau Mengikuti Pelatihan

Pelaku bisnis saat ini harus bisa beradaptasi dengan perkembangan bisnis yang perlahan mulai mengarah ke digital

Sudah banyak bukti dan banyak tempat belajar atau pelatihan bagi pelaku usaha, ambil waktu kamu untuk belajar karena perubahan saat ini sangat cepat. 

Belajar mengikuti pelatihan pada hari libur adalah langkah yang tepat bagi perkembangan diri dan tentunya bisnis kamu sendiri.

Alasan Tidak Libur Pada Hari Libur

sumber : unsplash.com

Potensi Besar Untuk Promosi

Hari libur atau tanggal merah menjadi momen yang tepat untuk berkumpul dengan keluarga atau teman dan juga momen yang pas untuk kamu berpromosi, misalnya kamu mempunyai bisnis kuliner kamu bisa memberikan promo atau voucher yang hanya bisa digunakan pada hari libur.

Selangkah Lebih Maju Dari Pesaing

Kamu pasti merasa kecewa ketika toko kesayangan kamu tutup dan padahal kamu membutuhkan produknya saat itu juga akhirnya kamu mencari di toko lain. Dan ini lah kenapa bisnis kamu bisa selangkah lebih maju dari pesaing karena bisnis kamu sangat bisa diandalkan oleh pelanggan saat dibutuhkan.

Mempunyai Keunggulan Di Mata Pelanggan

Keunggulan tidak hanya tentang inovasi produk atau layanan saja tapi ada hal lainnya yaitu seperti yang sudah ditulis diatas, “bisa diandalkan”. 

Karena kebutuhan atau keinginan membeli sesuatu di masa sekarang tidak mengenal waktu dan pelanggan menjadi bahagia karena yang dibutuhkan terpenuhi oleh bisnis kamu.

Demikian penjelasan sederhana dari Gogo mengenai perdebatan apakah bisnis harus libur berjualan saat hari libur atau tetap berjualan. Sebenarnya ini juga tergantung apa bisnis kamu dan bagaimana kamu menentukannya.

Apapun pilihan kamu yang terpenting pada era sekarang ini, bagaimana media sosial kamu bisa terlihat powerful, mempunyai konten yang menarik serta aktif berinteraksi dengan pelanggan. Karena pelanggan melihat atau menilai sebuah brand atau bisnis dari media sosialnya.

Kamu bisa bekerja sama dengan GoSocial karena kami Creative Digital Agency yang mempunyai jasa profesional Digital Marketing. Dan follow kami di Instagram gosocial.id 

 

Comments to: Hari Libur atau Tanggal Merah, Apakah Bisnis Juga Harus Libur Berjualan?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.