fbpx

Blog | GoSocial

Bagi kamu yang sudah berkecimpung dalam digital marketing mungkin pernah mendengar apa itu social media organic dan paid social media.

Tapi mungkin lain cerita bagi orang awam yang belum memahami marketing secara online, salah satunya lewat media sosial. Yang sering kita ketahui atau temui bahwa saat ini berjualan secara online dengan media sosial, memang betul. Tapi Gogo akan membahas lebih dalam cara berjualan lewat media sosial.

Sebagian dari kita mungkin bingung dalam pengelolaan media sosial apalagi untuk bisnis perlu kehati hatian yang sangat ekstra, strategi yang matang dan hal detail lainnya untuk mendapatkan keuntungan. 

Tunggu jangan bicara mengenai keuntungan dahulu. Mari kita bahas lebih lanjut mengenai social media marketing yang terbagi menjadi dua, social media organic dan paid social media. Haruskah menggunakan keduanya dan apa alasannya?

Pengertian Social Media Marketing

sumber : unsplash.com

Social media marketing adalah cara atau bentuk pemasaran digital menggunakan platform media sosial dan website untuk mempromosikan produk atau layanan dengan cara berbayar dan tidak berbayar. 

Tak cuma mempromosikan namun social media marketing sanggup membangun hubungan atau interaksi yang kuat dengan followers atau audiens yang menjadi target pasar.

Sebelum kamu menggunakan social media marketing kamu harus memahami beberapa langkah berikut ini.

Tentukan Target Audiens Kamu

Kamu harus menentukan target audiens kamu siapa secara rinci misalnya dari umur, lokasi, latar belakang, minat dan lainnya. Hal tersebut bisa memudahkan promosi nantinya.

Pilih Platform Media Sosial Yang Tepat

Mungkin dari kita rasanya tidak ingin tertinggal oleh zaman dan memakai semua media sosial, sebenarnya itu boleh saja, namun lebih baik sesuaikan dengan target audiens kamu, dimana audiens kamu berada dan setia. Misalnya Instagram, Facebook atau Tiktok. Tidak selalu memakai semua platform media sosial.

Tentukan Tujuan

Kamu harus mempunyai tujuan yang jelas apakah memperkenalan brand kamu (brand awareness) atau kamu ingin langsung banyak yang membeli produk kamu. Tentukan tujuan diawal.

Tentukan Konten Yang Akan Dibuat

Setelah tujuan sudah jelas maka selanjutnya adalah menentukan konten apa yang akan dibuat apakah konten edukasi, tips & tricks, hiburan atau lainnya yang sesuai dengan tujuan brand kamu.

Penjadwalan Konten

Lalu ketika konten sudah dibuat kamu harus membuat jadwal postingan supaya media sosial kamu bisa terlihat lebih rapi, profesional dan tentunya terlihat lebih elegan.

Evaluasi Berkala

Tidak ada kemajuan tanpa evaluasi, lakukan evaluasi secara berkala bisa perminggu atau perbulan agar konten di media sosial brand kamu semakin berkembang serta menyesuaikan apa yang disukai oleh audiens kamu.

Setelah mengetahui langkah diatas kini saatnya kita bisa beralih ke pemahaman Social Media Organic dan Paid Social Media. Mari kita belajar satu persatu.

Pengertian Social Media Organic

sumber : unsplash.com

Social media organic adalah bentuk pemasaran lewat media sosial secara gratis berupa postingan foto, video, tulisan, gambar, hashtag atau link terkait dan lainnya. Social media organic hanya dapat dilihat oleh followers atau audiens yang mem-follow brand kamu.

Saat ini orang melihat sebuah brand atau bisnis yang pertama kali dilihat adalah media sosialnya dan kontennya.

Hal tersebut diperkuat dengan adanya survei yang dilakukan oleh animoto.com bahwa 58% dari 1000 konsumen mengatakan, mereka mengunjungi media sosialnya dahulu sebelum mengunjungi website.

Maka dari itu social media organic sanggup memberikan rasa percaya secara tidak langsung yang dipengaruhi dari postingan atau konten yang dibuat.

Tujuan Menggunakan Social Media Organic

  • Mempromosikan produk atau layanan baik yang sudah ada maupun yang akan datang atau baru.
  • Membagikan konten yang mampu menarik perhatian audiens dari yang informatif, edukatif sampai yang menghibur.

Alasan Menggunakan Social Media Organic?

Merepresentasikan Citra Brand

Postingan atau konten organic layaknya berbicara dengan followers, hal tersebut yang bisa membangun citra brand atau bisnis dimata audiens.

Menurut socialmediatoday.com 88% orang mempercayai review yang ditulis oleh orang lain dan juga dari pengalaman atau cerita orang terdekat lalu 81% mengatakan bahwa pelanggan membeli sebuah produk dipengaruhi oleh konten yang dibagikan teman di media sosial.

Lebih Dekat Dengan Followers

Social media organic membuat followers menjadi lebih dekat karena bisa saling berinteraksi. Kemudian konten yang dibagikan relevan dengan audiens serta saling belajar secara bersamaan, misalnya bertanya konten apa yang akan ingin dibuat dan dipelajari bersama yang akhirnya mempunyai kedekatan antara brand dan audiens.

Hemat dan Solusi Jangka Panjang

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa social media organic itu gratis, kamu tidak lagi dipusingkan masalah pembayaran dan kamu bisa fokus untuk menaikkan penjualan tanpa harus memikirkan budget promosi di media sosial.

Pengertian Paid Social Media

sumber : unsplash.com

Paid Social Media adalah bentuk pemasaran media sosial yang berbayar. Contohnya, di Instagram, kamu pernah tidak saat sedang scroll timeline lalu tiba-tiba muncul akun yang tidak kamu follow. Nah akun tersebut membayar untuk beriklan di platform media sosial. 

Tidak seperti social media organic, paid social media tidak semua brand atau bisnis bisa menggunakannya tergantung dari budget yang dimiliki karena harus merogoh kocek yang cukup dalam.

Tujuan Menggunakan Paid Social Media

  • Menarik pengikut atau followers baru.
  • Meningkatkan konversi (seperti peningkatan penjualan).
  • Menarik audiens ke website.
  • Mengajak audiens berlangganan email atau newsletter.

Alasan Menggunakan Paid Social Media?

Memperoleh Target Pasar Lebih Spesifik

Paid Social media memberikan kemudahan dalam memperoleh target pasar kamu lebih spesifik untuk dijangkau, berbeda dari social media organic yang terbatas tidak peduli lokasi, latar belakang, usia, pendidikan dan lainnya asal sudah mengikuti atau mem-follow brand kamu.

Dengan paid social media kamu bisa membidik target lebih detail seperti.

  • Demografi
  • Lokasi
  • Minat
  • Tingkat Pendidikan
  • Aktivitas online
  • Dan sebagainya

Hal-hal tersebut tidak bisa didapatkan pada social media organic dan ini mengapa paid social media mempunyai kekuatan data yang lebih spesifik untuk mendekatkan kamu dengan target pasar.

Meningkatkan Penjualan

Tujuan berbisnis pada media sosial bukan hanya tentang membuat konten dan banyak yang menyukai tapi bagaimana keuntungan bisa didapatkan.

Dan paid social media sangat cocok untuk meningkatkan penjualan karena menurut riset animoto.com 24% orang akan membeli setelah melihat iklan di media sosial dan penjelasan tambahan menunjukkan fakta bahwa 96% pemasar menempatkan iklan di media sosial, hasilnya 91% mengatakan mereka puas.

Mendorong Audiens Untuk Mengunjungi Website Brand

Iklan di media sosial yang berseliweran pasti mempunyai tujuannya masing-masing tapi yang sering terlihat adalah iklan yang ditambahkan dengan call to action atau ajakan untuk mengunjungi website.

Call to action memudahan audiens untuk mencari tahu lebih jauh mengenai brand atau bahkan membeli produknya. Dengan menggunakan paid social media peluang audiens mengunjungi website sangat besar.

Call to action bisa dituliskan seperti ini.

  • Kunjungi website
  • Beli sekarang
  • Pelajari lebih lanjut
  • Dan lain sebagainya

Call to action tersebut bisa menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis kamu dan juga strategi pemasarannya

Apakah Harus Menggunakan Keduanya?

Jawabannya adalah tergantung pada urgensi bisnis kamu. Keduanya memang sangat bisa diandalkan untuk memajukan dan mengembangkan bisnis kamu lewat media sosial.

Social media organic mampu mempertahankan followers yang sudah ada dan membangun kepercayaan audiens sedangkan paid social media membantu dalam tingkat penjualan dan menjaring audiens baru untuk mengenalkan brand kamu.

Namun kamu tidak perlu khawatir tertinggal oleh kompetitor dan bingung memilih salah satu atau keduanya. 

Kamu bisa berkonsultasi dan bekerja sama dengan GoSocial, karena kami Creative Digital Agency yang mempunyai jasa unggulan pada Social Media Management, Social Media Engagement, Branding & Design. Follow juga Instagram kami gosocial.id

Comments to: Haruskah Menggunakan Paid Social Media Atau Hanya Organic Pada Bisnis Online?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.