Blog | GoSocial

Milenial adalah generasi yang lahir antara tahun 1996 sampai 2010. Milenial juga bisa disebut dengan Gen Y yang berkaitan erat dengan perkembangan teknologi. 

Berdasarkan riset Statista di tahun 2021 ini, Indonesia mempunyai persentase sebesar 25,87% untuk populasi Milenial. Sementara itu Gen Z mempunyai populasi sebanyak 27,94%. Artinya, Indonesia banyak ditempati oleh warga milenial. 

Bisnis dan profesi di generasi milenial pun semakin beragam. Berbagai perusahaan start up di Indonesia banyak yang didirikan oleh kaum milenial. Semakin banyak pula pekerjaan yang berhubungan dengan teknologi. 


Lalu apa saja ya ide bisnis untuk milenial yang menghasilkan cuan besar? Yuk kita bahas.

Web Developer

Sumber: Unsplash.com

Web developer adalah profesi yang berkaitan dengan membuat website maupun aplikasi. Web developer akan penuh dengan bahasa pemrograman. 

Dunia web developer sangat berpeluang untuk dijadikan ide bisnis karena dunia digital semakin maju. Semuanya menuju go digital maupun go online.

Online shop, start up, perusahaan-perusahaan banyak yang membutuhkan seorang web developer untuk membuatkan website maupun aplikasi brand mereka.


Terdapat berbagai macam profesi seorang web developer seperti Front End Developer, Back End Developer, dan Full Stack Developer. Selain itu web developer juga dapat menjadi bisnis freelance karena bisa dilakukan di mana saja dan bersifat projek.

Social Media Specialist

Sumber: Unsplash.com

Social media specialist adalah profesi selanjutnya yang banyak dicari. Bagaimana tidak, berapa ribu atau bahkan ratusan ribu online shop yang sudah berdiri? 

Selain itu sudah menjadi rahasia umum. Perusahaan pun menggunakan social media untuk membangun perusahaannya dengan berbagai konten kreatif yang menunjang banyak audience. Semua itu membutuhkan social media specialist.

Tidak hanya perusahaan yang berbasis bisnis, social media spesialist juga dibutuhkan diberbagai organisasi, instansi pemerintah, dan sebagainya yang mengelola social media mereka. 

Ide bisnis ini pun banyak yang mengembangkannya di dalam perusahaan digital agency yang menawarkan manajemen media sosial. Karena social media specialist bukan hanya upload dan admin sosmed, tapi merancang dan membuat isi konten yang membutuhkan kemampuan yang kreatif.

Graphic Designer

Sumber: Unsplash.com

Dunia kreatif memang tak ada habisnya untuk generasi milenial. Berbagai konten dan promosi membutuhkan seorang graphic designer. Ide bisnis yang berhubungan dengan design ini juga semakin berpeluang, jika seorang graphic designer membuat sebuah jasa design, percetakan, dan lainnya.


Karena dunia digital ini membutuhkan visual yang juga menarik dan menjual, graphic designer menjadi profesi yang sangat penting untuk mewujudkan hal tersebut.

Video Editor

Sumber: Unsplash.com

Saat ini video berkembang sangat pesat. Sebuah video sangat dimanfaatkan untuk mengenalkan sebuah produk seperti iklan, konten media sosial, YouTube, company profile, hingga film dan sebagainya.


Video editor sangat berperan besar dalam kesuksesan sebuah video. Ini adalah ide bisnis yang membutuhkan kreatifitas tinggi serta kemampuan editing yang bagus. Namun juga menjanjikan dan dibutuhkan banyak kalangan.

Vlogger

Ada video tentunya ada aktifitas di dalamnya. Vlogger merupakan profesi baru yang tercipta karena teknologi yang berkembang sangat pesat. Vlogger yang menghasilkan vlog video ini menjadi profesi yang menggiurkan pula. Keberadaan YouTube menjadi salah satu hal besar yang mendukungnya. 

Vlogger yang juga seorang content creator harus bisa memproduksi video yang melahirkan banyak viewers. Vlogger akan berhubungan dengan algoritma YouTube, YouTube Ads dan Analytics, SEO YouTube hingga aplikasi edit video. 


Penghasilan vlogger berasal dari iklan, endorsement, kolaborasi, dan lainnya. Selain itu, semakin banyak subscriber dan viewers akan semakin meningkatkan cuanmu.

Blogger

Sumber: Pixabay.com

Blogger adalah hal selanjutnya yang bisa dijadikan ide bisnis cuan. Buat kamu yang mempunyai passion di bidang menulis, saatnya unjuk gigi dengan mengelola blogmu sendiri.

Berbagai topik yang ada sangat bisa dijadikan pembahasan utama dalam blogmu. Seperti kuliner, fashion, bisnis, travel, dan lainnya. Untuk menjadi blogger yang sukses, blogmu harus banyak pembacanya. Pengetahuan seperti CMS, SEO, Keyword adalah skill yang dibutuhkan seorang blogger.


Lalu, blogger mendapatkan penghasilan dari mana? Blogger mendapatkan cuan berasal dari google adsense, endorsement, dan kolaborasi dengan brand, atau juga review sebuah produk.

Copywriter/Content Writer

Sumber: Unsplash.com

Masih dalam dunia menulis, ide bisnis selanjutnya yang berhubungan dengan tulisan adalah copywriter dan content writer

Copywriter berhubungan dengan membuat teks yang mengandung call to action atau membujuk audiens. Profesi ini sangat dibutuhkan pada penjualan, bisnis, maupun akun sosmed apapun yang membutuhkan caption profesional sesuai audiens masing-masing.

Lain halnya dengan content writer, profesi ini berhubungan dengan menulis artikel untuk blog atau website. Berbeda dengan blogger yang lebih pribadi, content writer akan menyesuaikan konten sesuai permintaan klien. 


Role sebagai content writer semakin banyak digandrungi karena perusahaan membutuhkan banyak konten tulisan kreatif untuk meningkatkan engagement di google. Profesi ini pun bisa dijadikan freelance karena jam kerjanya fleksibel dan bisa menulis di mana pun.

Fotografer

Sumber: Unsplash.com

Fotografer tak kalah menjadi ide bisnis yang cuan dan banjir orderan. Fotografer sangat dibutuhkan untuk dokumentasi, online shop, event, wedding, dan masih banyak lainnya.

Memotret foto menjadi hal yang menghasilkan karena banyak yang membutuhkannya.
Tak heran, mulai dari fotografer freelance hingga studio foto sangat banyak bertebaran dan semakin menggiurkan.

Tutor Online

Sumber: Unsplash.com

Belajar online sudah menjadi hal yang tidak asing. Buat kamu yang menggeluti dunia pendidikan dan ingin berbagi pengetahuannya, tutor online adalah profesi yang juga sangat cuan. Contohnya saja kamu mempunyai keahlian di bidang bahasa, kamu bisa menjadi tutor bahasa asing.


Ide bisnis ini akan sangat mendukung portofolio dan semakin menambah pengetahuanmu. Apalagi di suasana pandemi covid saat ini, tutor online sangat membantu aktifitas sekolah online.

Digital Marketer

Sumber: Unsplash.com

Digital marketer adalah profesi yang menjanjikan untuk saat ini dan juga masa depan. Ide bisnis marketing yang dulu konvensional sekarang semakin beralih ke dunia digital marketing.

Hampir setiap perusahaan mempunyai tim digital marketer untuk perkembangan bisnisnya sendiri. Digital marketer akan berhubungan dengan kemampuan search engine, analisis dan strategi marketing, social media marketing, google analytics, dan lainnya.

Begitulah berbagai macam ide bisnis yang cocok untuk kaum milenial dan punya peluang besar menghasilkan cuan. Apakah ada yang kamu minati? Atau kamu juga sudah merasakan hasilnya? 

Comments to: Ide Bisnis untuk Generasi Milenial yang Cuan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.