Blog | GoSocial

Pandemi covid-19 yang tidak kunjung usai membuat para UMKM kelimpungan karena bisnisnya mengalami penurunan yang drastis. 

Jika UMKM tidak bisa beradaptasi dengan cepat, maka dampaknya akan sangat terasa pada penurunan penjualan bisnisnya. Hal inilah yang perlu kamu waspadai sebagai pebisnis UMKM, karena akan sangat berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis mu. 

Kamu perlu mengetahui berbagai tips UMKM untuk bisa bangkit di tengah pandemi, agar bisa cepat beradaptasi dengan perubahan. Yuk simak !

Inilah 8 Tips UMKM Bangkit di Tengah Pandemi

1. Mulailah Branding Bisnismu

Pexel

Banyak UMKM yang tidak memahami pentingnya branding produk. Jika produk bisnismu memiliki branding yang baik, maka dengan mudah bisa menggaet ketertarikan audience bisnismu. Branding ini bisa kamu buat dengan berbagai cara, seperti membuat packaging yang baik, hingga membuat konten media sosial bagi bisnismu. Melalui branding ini, bisnismu akan lebih berpotensi untuk dilirik oleh target pasar bisnismu. 

2. Gunakan Media Digital

Pexel

Tentunya, tips UMKM yang paling penting kamu perhatikan dan jalankan yaitu masuk dunia digital. Jika kamu belum masuk digitalisasi usaha, maka sangat berpotensi bisnismu akan tenggelam dari kompetitor. Kamu bisa masuk dunia digital dan memanfaatkan berbagai platform pemasaran, baik dari media sosial maupun website bisnis. 

3. Buatlah Konten Menarik

Pexel

Setelah membuat media sosial bisnismu, langkah selanjutnya kamu harus membuat konten-konten yang menarik untuk meningkatkan ketertarikan audience. Konten ini bisa kamu awali dengan mengenalkan bisnis mu & produk mu kepada audiens. Dan konten selanjutnya bisa kamu isi dengan info-info menarik yang berkaitan dengan produk maupun review dari pelanggan. Jika kamu merasa kesulitan membuat konten yang menarik, GoSocial bisa membantumu !

4. Gunakan Optimasi Media Digital

Istock

Selanjutnya, kamu juga perlu untuk meningkatkan performa media bisnismu. Melalui peningkatan optimasi ini, kinerja media bisnismu akan lebih maksimal. Optimasi ini bisa kamu lakukan pada berbagai media bisnismu. Misalkan website bisnis, bisa menggunakan strategi SEO, Instagram bisa menggunakan Instagram ads, dan facebook bisa menggunakan Facebook ads. 

5. Optimalkan Iklan Digital

Pexel

Sekarang, memasang iklan dengan menempelkan baliho sepanjang pohon-pohon jalan tidak lagi efektif dan strategis dalam mengenalkan bisnismu. Cara ini sangat konvensional jika disandingkan dengan adanya digitalisasi usaha. Kamu harus mulai mengganti cara pemasangan iklan bisnismu, dari yang sebelumnya konvensional ke iklan digital. Iklan digital ini lebih efektif dan strategis karena kamu bisa menjangkau lebih banyak audience, tidak terbatas di daerahmu saja. Melainkan juga bisa menjangkau seluruh penjuru Nusantara.  

6. Masuk Market Place

Tokopedia

Selain media sosial, pemasaran digital juga bisa dilakukan dengan melalui platform-platform marketplace seperti Shopee, Lazada, Tokopedia ataupun Blibli. Berbagai marketplace ini bisa menunjang pemasaran bisnis mu lebih luas. Karena mereka memiliki kriteria pengguna yang beragam. Melalui marketplace ini, kamu juga bisa meningkatkan strategi untuk menarik pelanggan karena banyak program yang akan ditawarkan oleh berbagai platform tersebut. 

7. Buatlah Website Bisnismu

Pexel

Website bisnis juga menjadi media pemasaran digital yang potensial untuk menunjang peningkatan penjualan bisnismu. Melalui website, kamu bisa memberikan informasi yang jelas dari bisnis dan produk mu. Karena salah satu faktor keputusan pembelian dari konsumen yaitu product knowledge. Oleh karena itu, sangat penting untuk menyediakan informasi produk yang lengkap. Selain itu, kamu juga bisa lebih mudah untuk berkomunikasi dengan pelanggan. 

8. Lakukan Analisis Perkembangan

Pexel

Setelah menjalankan berbagai strategi di atas, kamu juga perlu melakukan analisis strategi pemasaran digital yang sudah dijalankan. Hal ini berfungsi untuk mengetahui strategi yang tidak potensial dan meningkatkan strategi pemasaran yang lebih maksimal. Melalui evaluasi ini kamu bisa memberikan strategi terbaik versi bisnismu. Analisis ini bisa kamu lakukan dengan berbagai fitur yang tersedia pada media pemasaran bisnismu. Misalkan instagram, kamu bisa menggunakan fitur insight instagram.

Nah itulah beberapa tips UMKM yang bisa kamu gunakan agar bisnismu tidak tenggelam di tengah krisis pandemi covid-19 ini. Kamu bisa memulainya dengan memahami kebutuhan dari bisnismu. Rancanglah strategi-strateginya sebelum kamu mulai menjalankannya, agar tidak berhenti di tengah jalan.

Banyak UMKM yang sudah masuk dunia digital, namun tidak bisa berkembang secara optimal karena tidak menjalankan berbagai strategi yang baik. Berbagai tips UMKM di atas bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi bisnismu ya ! Kamu juga bisa mendapatkan berbagai cara pemasaran digital yang efektif dengan menggunakan layanan GoSocial

Comments to: Inilah 8 Tips UMKM Bangkit di Tengah Krisis

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.