Inilah Hard Skill yang Wajib Dimiliki Seorang Digital Marketer

Image Description

Okti Nur Alifia

1 tahun yang lalu Marketing
Share:
Image Description

Hai Sociozen, setelah kemarin Gogo membahas bagaimana soft skill seorang digital marketer. Kali ini Gogo akan membahas apa saja hard skill yang harus dimiliki seorang digital marketer.

Seperti yang kita ketahui, seorang digital marketer adalah profesi yang menjalankan kegiatan marketing atau pemasaran melalui digital. Hard skill seorang digital marketer berhubungan dengan kemampuan teknis.

Kemampuan teknis tersebut berkaitan pula dengan pengetahuan teknologi seorang digital marketer.

Lalu, apa saja ya hard skill yang dibutuhkan seorang digital marketer?

Search Engine

Sumber: Pixabay.com

Pemasaran digital akan selalu berhubungan dengan search engine atau mesin pencari. Seorang digital marketer harus mampu melakukan keyword research yang nantinya akan diterapkan untuk Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM).

SEO dan SEM sendiri digunakan untuk meningkatkan traffic sebuah website.

Analisis Data

Sumber: Pixabay.com

Analisis data adalah skill dasar seorang digital marketer. Data analisis ini sangat penting bagi seorang digital marketer untuk mengetahui efektivitas strategi marketing yang dijalankannya.

Tools analisis data yang mendukung kinerja digital marketer seperti Google Analytics, Facebook Analytics atau  Google Data Studio.

Konten

Sumber: Pixabay.com

Digital marketing yang menjadi pusat kegiatan seorang digital marketer, tak lepas pula dari aktivita promosi melalui konten digital.

Seorang digital marketer alangkah lebih baik paham tentang sebuah konten dan pembuatannya. Dengan begini seorang digital marketer dapat membuat strategi konten yang juga menarik konsumen dan tepat sasaran.

Social Media Marketing

Sumber: Pixabay.com

Media sosial juga tak lepas dari bagaimana seorang digital marketer melakukan promosi. Oleh karena itu seorang digital marketer harus paham berbagai perkembangan terbaru media sosial.

Digital marketer harus selalu belajar, evaluasi, dan juga riset terhadap berbagai strategi konten maupun promosi yang dibuatnya di media sosial.

Google Analytics

Sumber: Pixabay.com

Google Analytics adalah sebuah platform yang sangat menunjang bagaimana proses analisis data seorang digital marketer. Seperti yang dikatakan sebelumnya, bahwa digital marketer harus mampu menganalisis data.

Google Analytics bisa dibilang adalah hal wajib yang harus dikuasai. Karena dengan tools ini seorang digital marketer dapat memberikan laporan yang berhubungan dengan  audiens reports, acquisition reports, behavior reports dan conversion reports.

Email Marketing

Sumber: Pixabay.com

Bicara email marketing, strategi marketing ini dinilai masih sangat efektif di dalam dunia digital marketing. Seorang digital marketer harus tahu bagaimana membuat email marketing yang efektif dan tepat sasaran.

Nah begitulah hard skill yang dibutuhkan seorang digital marketer. Tentunya masih banyak hard skill lainnya yang juga sangat mendukung kesuksesan digital marketing. Apakah kamu tertarik untuk menjadi seorang digital marketer?


 

Share:

Related articles