Blog | GoSocial

Berbisnis adalah keadaan di mana bukan hanya modal yang memengaruhi bagaimana usaha itu berjalan. Tapi semua tentang dirimu sangat memberikan pengaruh apakah bisnis yang kamu jalani berkembang atau tidak, hingga bisa dibilang sukses. 

Pengaruh tersebut adalah mental pebisnis yang ada pada dirimu. Ketika kamu ingin menjadi seorang pebisnis, mental yang kuat harus menjadi bagian dari dirimu. Karena mental inilah yang akan menemanimu menjalani proses bisnis yang tidak bisa kita duga bagaimana jalan ceritanya.

Apakah kamu ingin menjadi seorang pebisnis sukses? Inilah mental yang harus dimiliki seorang pebisnis sukses.

Niat dan Tekad Kuat

Sumber: Freepik.com

Memulai segala sesuatu harus ada niat yang jelas. Termasuk hal besar seperti bisnis yang akan menyita penuh waktumu. Jika ingin berbisnis, kamu harus mempunyai niat dan tekad yang kuat untuk fokus dalam bisnismu. Karena dalam berbisnis kamu perlu merancang berbagai rencana serta dedikasi yang tinggi untuk bisnismu. Pebisnis sukses akan mendedikasikan diri sepenuhnya dengan fokus dalam menjalankan bisnis, dan tak ada istilah niatan yang setengah-setengah.

Percaya Diri

Sumber: Unsplash.com

Percaya diri atau self confidence adalah hal selanjutnya yang menjadi faktor penting bagaimana bisnis bisa berhasil. Percaya dengan kemampuan diri sendiri serta usaha yang dijalani akan mengalahkan ketakutanmu dalam berbisnis. Terkadang datang kalimat “Apakah saya bisa? Apakah bisnis saya bisa berjalan?”. Percaya diri akan menambahkan energi positif yang menjadi kekuatanmu. Pebisnis sukses akan memfokuskan pada percaya diri yang dibangun, karena jika kita sendiri tidak percaya, bagaimana orang lain akan percaya pada bisnis kita?

Keyakinan

Sumber: Unsplah.com

Keyakinan adalah poin selanjutnya untuk melengkapi percaya dirimu. Dengan keyakinan, seorang pebisnis sukses tidak ragu dengan produknya, orang-orang yang membantu, dan yang paling penting adalah yakin terhadap Tuhan bahwa setiap pebisnis mempunyai rezekinya masing-masing.

Kecerdasan Emosional

Sumber: Unsplash.com

Berbisnis pasti akan berhubungan dengan orang banyak, mulai dari partner, tim, pelanggan, dan orang-orang yang kita ajak kerja sama. Berbisnis bukan hanya mengandalkan kepintaran tapi juga bagaimana kita pintar mengolah emosi diri sendiri. Inilah yang dinamakan kecerdasan emosional.

Kecerdasan emosional akan membawamu mampu memahami berbagai situasi dengan kondisi emosional yang bisa kita kelola. Ini juga akan membantumu dalam mengambil keputusan maupun saat bernegosiasi dan diskusi. 

Berani Mengambil Risiko

Sumber: Freepik.com

Sebagai seorang pebisnis tentunya akan dihadapkan dengan berbagai kondisi yang menentukan sebuah keputusan. Keputusan tersebut juga akan berpengaruh pada masa depan bisnis tersebut. Berani mengambil risiko adalah mental yang harus terus dilakukan oleh seorang pebisnis sukses. Karena kamu akan menerima hasil dari keputusan-keputusan yang kamu buat meskipun berisiko menerima kerugian. Tapi kamu tidak berhenti, dan justru menjadikan hal tersebut sebagai proses belajar yang bisa kamu perbaiki.

Disiplin Tinggi

Sumber: Unsplash.com

Disiplin adalah mental yang juga harus diterapkan sebagai aktivitas sehari-harinya pebisnis sukses. Disiplin terhadap apa yang sudah menjadi tanggung jawab akan membuat mental menjadi profesional dan tidak mengabaikan waktu. 

Pantang Menyerah

Sumber: Unsplash.com

Mereka yang sudah terlebih dahulu menjadi pebisnis sukses adalah mereka yang mampu melalui proses dengan tidak pantang menyerah. Gedung-gedung perusahaan yang sudah berdiri tinggi, tidak akan langsung menjadi besar. Dalam berbisnis, proses adalah bagian wajib di manapun, kapan pun, dan apapun jenis bisnismu.

Jujur

Sumber: Unsplash.com

Jujur adalah pondasi untuk keberlangsungan sebuah bisnis bisa bertahan lama. Kejujuran harus dibangun di lingkungan bisnismu. Jujur adalah cara untuk membangun rasa percaya antar  pebisnis maupun kepada client agar tidak ada yang dirugikan.

Kreatif dan Inovatif

Sumber: Unsplash.com

Persaingan dalam dunia bisnis bisa dibilang ketat. Memiliki ide yang kreatif dan inovatif harus ditumbuhkan pada diri sendiri sebagai seorang pebisnis maupun kepada tim. 

Kreatif dan inovatif adalag salah satu strategi untuk menguasai pasar dalam bisnis. Pebisnis sukses harus mampu menyajikan produk ataupun jasa dari usahanya dengan menonjolkan kelebihan yang lebih inovatif dari kompetitor. Serta promosi kreatif di era digital yang sangat pesat ini. Sehingga produkmu mempunyai nilai lebih di mata client.

Ikhlas dan Bersyukur

Sumber: Unsplash.com

Terakhir dan tak kalah penting yang mendukung mentalmu menjadi pebisnis sukses adalah ikhlas dan bersyukur. Selain mempunyai tekad yang kuat, kita juga harus tetap ikhlas dan bersyukur terhadap hasil apapun termasuk penghasilan yang didapat. Karena sukses bukanlah hal instan. Sikap ikhlas dan bersyukur akan membuat kita tetap mau mencoba banyak peluang yang membuat bisnismu tetap berjalan. 

Nah begitulah mental dan karakter yang harus dimiliki seorang pebisnis sukses yang bisa terus ditumbuhkan dan diperbaiki untuk keberlangsungan menjalankan sebuah bisnis. Tentunya dengan berbagai cerita menarik yang akan menguji mentalmu. Tapi percayalah sebuah proses pasti akan ada hasilnya. 

Sebagai penutup, inti dari semua perjuangan itu adalah seperti yang dikatakan oleh Bob Sadino, jangan terlalu banyak analisa, yang paling penting adalah terjun ke lapangan dengan tahu semua lini dan sisi bisnis yang kita jalani.

Baca juga: Rahasia Bisnis Sukses Ala Bob Sadino

Comments to: Inilah Mental yang Harus Dimiliki Seorang Pebisnis Sukses

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.