Blog | GoSocial

Kehadiran media sosial telah menjadi medium baru dalam melakukan pemasaran, namun dalam menggunakan media sosial belum semua orang memahami bagaimana seluk beluknya untuk memaksimalkan media sosial sebagai wadah pemasaran.

Media sosial terus berubah seiring perkembangan zaman dan juga persaingan, ingat tidak, dulu, ketika Instagram mengaplikasikan Stories yang terinspirasi dari snapchat kemudian booming dan berhasil lalu diikuti oleh media sosial lainnya, Facebook Story, Youtube Story, Whatsapp Story, dan Twitter dengan fleets nya namun kurang cocok oleh penggunannya dan sekarang telah hilang.

Lalu sekarang kita dihadapkan pada fitur Instagram terbaru yaitu Instagram Reels yang juga ingin merebut pasar TikTok agar pengguna Instagram tetap bertahan. Akhirnya lahirlah Instagram Reels. Tidak jauh berbeda dengan TikTok, yaitu kekuatan keutamaanya adalah pada video.

Padahal bisa dibilang Instagram Stories telah hampir mengalahkan feed tapi sekarang Stories memiliki saingannya yang baru, yaitu Reels.

Kamu sebagai orang pemasaran atau yang sedang membangun suatu usaha menggunakan Instagram apakah akan bertahan dengan Stories atau berpindah ke Reels atau menggunakan keduanya dalam meningkatkan branding dan tentunya dalam meningkatkan bisnis.

Perbedaan Instagram Reels Dan Stories

Instagram Reels

sumber : pixabay.com

Instagram Reels adalah fitur terbaru pada Instagram yang mungkin bisa dibilang Tiktok versi Instagram. Para penggunanya dapat membuat video pendek berdurasi 15-30 detik. 

Instagram Reels juga memiliki fiturnya tersendiri yaitu berupa;

  • Filter atau effect.
  • Kecepatan klip video (memperlambat atau mempercepat)
  • Bisa menambahkan musik.
  • Membuat teks dengan berbagai font yang diinginkan.

Dan lain sebagainya.

Kelebihan Menggunakan Instagram Reels

Memberikan Konten Kekuatan

Instagram Reels membuat konten yang dibuat bisa semakin meningkat walau telah ditinggalkan, karena Instagram Reels mampu menjangkau audience secara organic tanpa harus mengeluarkan uang untuk beriklan dan memiliki peluang menjadi viral.

Durasi Waktu Yang Panjang Dan Tersimpan

Instagram Reels memiliki keunggulan pada durasi yang lebih lama bahkan bisa tersimpan yang mana itu bisa dilihat kapan saja tanpa takut konten tersebut hilang, kalau Stories itu akan hilang setelah 24 jam. 

Dan konten Reels yang kamu posting pada minggu lalu bisa saja booming atau menjadi sumber informasi bagi audience yang bisa dicari tanpa takut hilang.

Kekurangan Instagram Reels

Instagram Reels Tidak Bisa Mencantumkan Musik Pada Akun Bisnis

Apabila akun Instagram kamu sudah menjadi akun bisnis, maka untuk menggunakan Instagram Reels kamu tidak bisa mencantumkan musik, karena Instagram Reels lebih memberikan keleluasaan pada creator dan akun pribadi.

Tips Menggunakan Instagram Reels Untuk Mengembangkan Bisnis

  1. Buatlah konten yang bervariasi, seperti edukasi, hiburan, inspirasi dan lainnya yang membuat followers ingin menyimpannya dan takut merasa kehilangan.
  2. Tetap mengikuti trend yang ada serta harus tetap relevan dengan niche brand kamu.
  3. Gunakan hashtag yang signifikan atau yang telah menjadi identitas brand kamu, jangan menempatkan di kolom komentar, ini bukan feed.
  4. Buat cover yang menarik agar followers ingin mengkliknya.
  5. Konsisten dalam memposting atau dalam membuat konten.

Instagram Stories

sumber : pexels.com

Instagram Stories adalah cara membagikan konten baik video atau foto dan hanya terlihat selama 24 jam. Sebenarnya Stories yang dibuat tidak akan hilang apabila kamu menyimpannya di bagian highlight di profil, tapi apakah semua konten Stories akan kamu simpan? 

Instagram Stories sekarang telah menjelma menjadi kekuatan untuk meningkatkan branding tanpa harus membuat desain yang rumit seperti feed bahkan tanpa menggunakan caption yang panjang.

Instagram Stories juga sanggup membangun kepercayaan dan memberikan ruang keterlibatan audience sebelum membeli sebuah produk.

Saat ini audience enggan untuk men-scroll feed yang mana itu menjadikan Stories sebagai fitur unggulan dalam memperkenalkan brand dan konten yang telah kamu buat agar audience bisa tertarik lalu memberikan komentarnya dan terjadilah interaksi antara brand dan audience.

Kemudian juga fitur pada Instagram Stories sangat beragam, unik dan mampu meningkatkan engagement, seperti Q&A, polling, question, sticker, links/swipe up, emoji slider stickers dan lain sebagainya.

Lalu dari segi durasi Instagram Stories memang sangat pendek dari Instagram Reels tapi Stories bisa membuat konten lanjutan atau konten yang berbeda dalam satu waktu, sangat berbeda dengan Instagram Reels yang mempunyai durasi cukup panjang dan lebih fokus pada satu konten tertentu.

Kelebihan Menggunakan Instagram Stories

  • Menjangkau audience lebih luas.
  • Mendapatkan feedback dan memahami keinginan dari pelanggan secara real time.
  • Mengajak audience secara personal dalam memperkenalkan produk baru atau konten terbaru.
  • Dan memanfaatkan user generated content (audience membagikan Stories yang bisa di repost oleh brand, seperti testimoni, review dan lainnya)

Kekurangan Instagram Stories

Hilang Setelah 24 jam

Seperti yang sudah dijelaskan diatas dan juga kita semua mengetahui bahwa Instagram Stories akan hilang setelah 24 jam. Terkadang ada konten yang di upload lewat Stories yang mungkin bermanfaat bagi audience tapi tidak bisa menyimpannya dan pada akhirnya lewat begitu saja.

Fitur Swipe Up

Bagi bisnis yang baru merintis atau sedang berkembang akan sulit untuk bisa menggunakan fitur swipe up karena mengharuskan mempunyai 10.000 followers. Dan untuk mempunyai followers dengan angka tersebut membutuhkan waktu yang cukup panjang.

Tips Menggunakan Instagram Stories

  1. Gunakan fitur interaksi seperti polling dan pertanyaan untuk menarik perhatian audience, hal tersebut mampu membuat audience mengenal brand kamu lebih dalam secara tidak langsung.
  2. Buat konten yang berwarna atau unik dari gambar background sampai warna teks atau yang sesuai dengan warna brand kamu.
  3. Ciptakan konten yang eksklusif yang berbeda dari feed dan Reels, yang hanya bisa dilihat pada Stories.
  4. Posting minimal 10 Stories setiap hari pada interval yang berbeda.

Mana Yang Paling Jitu Dalam Membantu Mengembangkan Bisnis?

Secara sederhana Instagram Reels lebih fokus dalam pembuatan konten dan Instagram Stories dibuat untuk membagikan momen penting secara real time.

Keduanya sangat bisa meningkatkan dan mengembangkan bisnis kamu hanya saja strateginya yang berbeda.

Kamu bisa bekerja sama dengan GoSocial dalam mengoptimalkan media sosial bisnis kamu menjadi lebih profesional dan tentunya akan bisa selaras dengan kemajuan penjualan, karena kami memiliki jasa profesional media sosial yaitu Social Media Management, Social Media Engagement, Brand & Design.

Informasi lainnya kamu bisa follow Instagram kami, gosocia.id 

Comments to: Instagram : Reels Vs Stories, Mana Yang Paling Jitu Untuk Mengembangkan Bisnis

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.