fbpx

Blog | GoSocial

Saat memulai bisnis di hari-hari ini atau bahkan beberapa tahun belakangan mencari partner bisnis itu tidak akan jauh dari lingkaran pertemanan atau bahkan kedekatan dengan keluarga bahkan pasangan.

Namun rasa kedekatan itu kadang membuat perkembangan bisnis menjadi stagnan karena, apalagi kalau bukan tentang tidak enakan.

Hal itulah yang sedikit menghambat berjalannya bisnis, padahal kedekatan bukan menjadi tolak ukur untuk bisa berpartner dalam memulai bisnis atau usaha. 

Disatu sisi kita memang percaya dengan orang tersebut karena adanya kedekatan dan latar belakang yang jelas, tapi rasanya itu tidak elok kalau hanya melihat partner bisnis yang tepat hanya dari kedekatan.

Kamu sebenarnya bisa berpartner dengan siapapun dalam memulai atau membangun bisnis asalkan kamu harus memperhatikan beberapa hal dibawah ini.

Cara Menemukan Partner Bisnis Yang Tepat

sumber : unsplash.com

Mempunyai Visi Misi Yang Sama

Bicaralah tentang masa depan satukan mimpi kalian dan mulai berjalan. 

Nah itu mungkin terlihat sederhana tapi bila dibicarakan dengan seksama pasti nantinya ada yang berbeda, maka dari itu satukan visi misi dahulu mau kemana arah bisnis, bagaimana bisnis ini nantinya dan lainnya.

Bukan hanya tentang berkembang dalam keuntungan melainkan bisa mempertahankan bisnis yang sudah dibangun bersama sama.

Menyeimbangkan Kemampuan

Nah ini yang sebenarnya bukan hanya tentang kedekatan, walaupun kamu bersahabat tapi kemampuan yang dimiliki pasti berbeda dan belum tentu cocok dengan bisnis yang dibangun.

Jadi seimbangkan kemampuan kamu dan kemampuan partner kamu atau lebih tepatnya untuk bisa saling melengkapi dahulu. Jangan sampai terpaksa bekerja sama hanya karena kedekatan.

Mempunyai Integritas

Integritas tidak jauh dari yang namanya kejujuran.

Memulai bisnis itu sangat berisiko kerugian apalagi bila mempunyai partner yang tidak mempunyai integritas. Kedekatan bukanlah jaminan untuk bisa maju bersama tapi dengan adanya integritas pasti perlahan lahan bisa berproses bersama melewati tantangan yang akan dihadapi nantinya. Ingat! bisnis tidak selamanya akan mulus.

Siap Berkomitmen

Komitmen saat ini bukan lagi tentang selembar kertas yang ditandatangani di atas kertas, bukan hitam atau putih.

Melainkan bagaimana kamu mencari seseorang yang siap berkomitmen, artinya mempunyai mimpi yang sama, passion yang sama dan hal yang membuat semangat satu sama lain, bukan tidak mungkin komitmen itu tidak lagi menjadi masalah, melain menjadi rasa tanggung jawab.

Siap Menyelesaikan Konflik

Bisnis pasti tidak akan jauh dari perbedaan pendapat, pasti ada konflik yang harus dilewati. Kamu harus mencari partner yang bisa saling bekerja sama dalam menyelesaikan permasalahan, jangan sampai lari dari permasalahan. 

Karena konflik adalah bagian dari perkembangan bisnis jadi harus siap tetap melangkah walau kadang konflik bikin tidak nyaman dalam berkomunikasi, tapi itu hal lumrah. 

Yang terpenting bagaimana satu sama lain menyelesaikan konflik dengan baik, demi kemajuan bisnis. Dan disini partner bisnis kamu akan diuji apakah akan menurunkan egonya atau tidak.

Saling Mendukung

Setelah adanya konflik dan kemudian masalah telah diselesaikan apakah partner bisnis tetap memutuskan untuk bersama atau kadang memilih untuk berpisah.

Nah ini dua hal yang berbeda, kamu harus bisa mencari partner yang bisa saling mendukung apapun yang sedang terjadi pada bisnis. Saling mendukung adalah kunci keberhasilan inovasi dari sebuah bisnis untuk bisa berkembang dan meningkat.

Mempunyai Latar Belakang Yang Jelas

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa kedekatan bukanlah satu satunya jaminan, mungkin kita mengetahui bagaimana latar belakangnya tapi itu adalah masa lalu, bagaimana dengan sekarang? Setiap orang bisa berubah, berkembang atau tetap ditempat. 

Dan latar belakang bisa menjadi gambaran seseorang ketika kamu memilih partner bisnis. Jangan memandang sebelah mata seseorang namun lebih tepatnya selektif dalam mencari partner bisnis yang tepat untuk keberlangsungan bisnis.

Memulai bisnis sendirian terkadang membuat kita merasa kerepotan dan rasanya sulit terwujud, bila dengan teman/keluarga atau orang terdekat lainnya apakah dia akan mempunyai rasa tanggung jawab yang sama atau malah lepas tangan?

Kalau kamu kesulitan mencari partner dalam mengelola media sosial dan ingin bisnis kamu cepat terkenal, kami bisa menjadi pilihan partner yang tepat, karena kami GoSocial, Digital Creative Agency yang mempunyai jasa Social Media Management & Social Media Engagement serta Branding & Design. Follow Instagram kami gosocial.id

Semoga tips diatas bisa membantu kamu dalam mencari partner bisnis. Sukses selalu!!

Comments to: Jangan Karena Faktor Kedekatan, Ini Cara Mencari Partner Bisnis Yang Tepat

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.