fbpx

Blog | GoSocial

Ada beberapa risiko ketika kamu memulai bisnis, salah satunya adalah ulasan atau review negatif dari pelanggan.

Tidak dipungkiri bahwa kita tidak bisa membatasi pelanggan untuk menulis komentar atau me-review bisnis kamu, namun ketika ada komentar atau review yang kurang mengenakkan bisa membuat reputasi bisnis menjadi terguncang.

Apalagi bila kamu berbisnis secara online. Sekarang ini semua serba online dan para pelanggan sekarang melihat review dahulu atau bintang sebelum membeli, karena pada dasarnya ulasan tersebut adalah kejujuran dari pelanggan.

Berikut ini ada beberapa tips dari Gogo cara mengatasi review negatif dari pelanggan supaya bisnis kamu bisa terus berkembang.

Cara Mengatasi Review Negatif dari Pelanggan

sumber : unsplash.com

Mengakui Kesalahan

Bisnis dikelola dengan manusia juga dan ini adalah menjadi dasar. Terkadang manusia memang membuat orang lain menjadi kesal tapi jangan lupa untuk tetap rendah hati dan minta maaf serta mengakui kesalahan. 

Kesalahan tersebut menjadi pembelajaran kedepannya untuk bisnis kamu dan semakin menambah pembelajaran baru apa saja yang kurang untuk diperbaiki agar semakin baik. Mengakui kesalahan dan minta maaf adalah cara elegan yang memanusiakan.

Jangan Dihapus

Ketika ada review negatif dari pelanggan terhadap bisnis kamu, biarkan saja. Tugas kamu hanya membalas, memperbaiki dan membangun hubungan kembali dengan pelanggan. 

Review negatif itu wajar, kamu tidak bisa selalu mendapatkan review positif dari semua pelanggan. Dalam hal ini kita ambil kesimpulan bahwa mereka sebenarnya care dengan bisnis kamu, mereka meluangkan waktu untuk menulis komplain atau menghubungi bisnis kamu lewat customer service.

Karena ada beberapa perilaku pelanggan yang ketika mendapat masalah dalam menggunakan produk mereka tidak memberi komentar atau malas untuk komplain.

Tunjukkan Rasa Empati dan Sopan

Pelanggan adalah raja dan kamu sebagai pebisnis harus memposisikan sebagai pelanggan.

Ketika kamu mendapat komplain dan mendapat jawaban yang kurang tepat, kamu akan merasa kecewa dan kesal, bukan! begitu juga dengan pelanggan.

Jadi tetap nomor satukan pelanggan, utamakan rasa empati dan tunjukkan dengan kalimat yang sopan dalam menjawab setiap komplain, bukan jawaban yang template atau sama ya.

Tawarkan Solusi yang Tepat dan Cepat

Ketika kamu sudah meminta maaf dan telah memberikan balasan yang sopan selanjutnya kamu bisa tawarkan solusi kepada pelanggan. 

Jangan hanya meminta maaf saja tapi tunjukkan bahwa kamu takut kehilangan pelanggan tersebut dan kamu berusaha memberikan kenyamanan, salah satunya menawarkan solusi kepada pelanggan, tentunya dengan tepat, cepat dan tidak bertele-tele.

Minta Feedback Dari Pelanggan Saat Masalah Telah Selesai

Saat permasalahan atau komplain dari pelanggan sudah selesai dan kamu juga sudah memberikan solusi, langkah selanjutnya kamu bisa lho meminta pelanggan untuk menulis review yang positif untuk bisnis kamu. 

Pelanggan bisa bercerita atau memberikan komentarnya. Dari sini kamu bisa menaikkan reputasi bisnis menjadi lebih baik dan tentunya terhindar dari review negatif lainnya yang bisa datang kapan saja.

Ucapkan Terima Kasih ke Pelanggan

Ucapan terima kasih sangat penting karena itu adalah cara sederhana dalam menghargai pelanggan. 

Berikan ucapan terima kasih yang tulus bukan hanya terima kasih biasa. Ketulusan dalam menulis atau mengucapkan terima kasih itu sangat berbeda didengar atau dibaca apabila hanya ucapan semata saja.

Identifikasi Masalah dan Evaluasi

Review negatif sebenarnya sama saja ketika kamu mendapat kritikan atau masukkan dari orang lain. Ini menjadi acuan kamu untuk bisa memperbaiki apa yang harus ditingkatkan dan apa yang memang sebenarnya tidak cocok dengan pelanggan dan lainnya. 

Hal ini bisa menjadi langkah awal untuk kemajuan bisnis lalu kamu bisa evaluasi dengan team agar hal tersebut tidak lagi terjadi di kemudian hari.

Tingkatkan Pelayanan

Sebenarnya review negatif adalah menjadi bahan bakar untuk bisnis supaya tetap maju dan bertahan. 

Mungkin kita sebagai pebisnis melihat bisnis kita sudah cukup bagus namun belum tentu di mata pelanggan, entah itu ada yang kurang atau mungkin kita yang lupa menaruh detail-nya dan lainnya. Review negatif bisa membantu meningkatkan pelayanan bisnis terhadap pelanggan.

Dengan peningkatan layanan yang semakin baik dan kita mendengarkan pelanggan maka bisnis bisa lebih mudah dalam membangun hubungan dengan pelanggan.

Sekarang pengalaman menjadi nomor satu di bawah produk dan media sosial. Karena pengalaman bisa menyebar menjadi informasi yang positif atau negatif yang bisa mereka tulis atau ceritakan di media sosial pribadinya.

Nah sekarang, apakah kamu sudah merasa sudah semakin tenang dalam mengatasi review negatif dari pelanggan. Jangan khawatir perjalanan bisnis memang tidak selamanya mulus. Kalau kamu mau belajar bukan tidak mungkin kelak kamu bisa menjadi pebisnis yang sukses.

Apabila kamu ingin lebih memperbaiki bisnis kamu menjadi lebih baik pada media sosial bisnis kamu, kamu bisa bekerja sama dengan kami, GoSocial.

Saat ini media sosial menjadi kunci utama baik dalam branding atau pun promosi bahkan mengungkapkan rasa salah dan meminta maaf kepada pelanggan.

Itu semua bisa kami bantu karena kami mempunyai jasa Social Media ManagementSocial Media Engagement serta Branding & Design.

Informasi lebih lebih jelasnya kamu bisa lihat disini dan follow Instagram kami GoSocial.id

Comments to: Jangan Panik, Ini Cara Elegan Mengatasi Review Negatif dari Pelanggan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.