Blog | GoSocial

Jika kamu memutuskan untuk berkecimpung dalam dunia bisnis fashion, keputusanmu sangatlah tepat !

Bisnis fashion menjadi salah satu sektor yang memiliki angka peningkatan penjualan di setiap tahunnya dan mendominasi dunia e-commerce. Peluang bisnis fashion ini sangatlah gemilang karena didorong oleh kebutuhan konsumen yang tidak mau ketinggalan dengan trend fashion

Namun, dibalik besarnya peluang bisnis fashion ini tentunya juga banyak tantangan yang perlu kamu perhatikan. Semakin besar peluang bisnis, maka semakin besar pula para kompetitor yang ingin masuk. Oleh karena itu, agar kamu bisa memaksimalkan peluang yang ada, perlu adanya strategi pemasaran yang tepat agar bisnis bisa berkembang dan berkelanjutan. 

Yuk Simak ! Inilah Tips Jitu Pemasaran Bisnis Fashion

  1. Kamu harus tahu target pasarmu

Salah satu kunci keberhasilan pemasaran yaitu mengetahui target pasar dari bisnismu. Jika kamu belum tahu target pasar mu, maka bisa kebingungan untuk mempromosikan dan menjualkan produk mu kemana. Dengan target pasar ini, kamu bisa dengan mudah menggelar lapak & mempromosikan produk mu. Apalagi bisnis fashion ini bersifat beragam, sehingga sangat diperlukan pengetahuan terkait target pasar bisnismu. 

  1. Perhatikan trend pasar

Setelah tahu target pasar, kamu juga perlu memperhatikan trend style fashion yang lagi digemari oleh konsumen. Seringkali banyak pebisnis yang kurang tanggap dengan adanya trend yang ada, sehingga bisa membuat engagement konsumen menjadi turun. Perlunya identifikasi trend ini agar bisa meminimalisir potensi minimnya konsumen yang bisa kamu jangkau. Apalagi bisnis fashion ini cenderung dinamis, selalu ada perubahan trend di setiap harinya. 

  1. Lihat produk kompetitor

Memilih produk untuk dijual, tentunya tidak asalan. Selain berdasarkan dari trend pasar, kamu juga perlu memperhatikan produk dari kompetitor bisnismu. Pastikan bahwa produk mu memiliki kelebihan dibandingkan produk kompetitor mu. Karena jika produk mu sama dengan kompetitor, tapi produk mu tidak punya kelebihan dibandingkan kompetitor, maka konsumen akan berpaling mencari yang lebih baik. 

  1. Perhatikan harga kompetitor

Nah ! Selain produk, kamu juga perlu riset harga dari kompetitor. Jangan sampai harga produk mu melebihi harga produk kompetitor. Terkait penetapan harga ini, bukan hanya berdasarkan harga kompetitor ya. Jika kualitas produk mu lebih bagus, maka worth it aja jika kamu memasang harga yang lebih tinggi. Asalkan kamu juga paham target pasar yang dituju. 

  1. Gunakan media sosial 

Langkah selanjutnya agar bisnismu bisa menjangkau banyak konsumen, maka perluaslah pemasaran bisnismu dengan menggunakan media sosial. Apalagi konsumen bisnis fashion sekarang  banyak yang mencari dari media sosial. Kamu bisa membuat official account bisnismu. Selain bisa memperluas pemasaran, juga bisa jadi kunci untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan. 

  1. Buatlah konten menarik

Setelah memiliki media sosial bisnis, tentunya kamu perlu mengisi media sosial bisnismu dengan berbagai konten yang menarik. Konten ini bisa kamu buat berdasarkan produk yang dijual. Kamu juga bisa membuat planning konten untuk menentukan jenis konten apa yang akan menjadi ciri khas dari official account bisnismu. Misalkan kamu membuat 2 jenis konten, yaitu konten review konsumen dan tips tampil menarik. 

  1. Pasang di marketplace

Selain media sosial, e-commerce juga menjadi tempat pemasaran yang paling banyak dikunjungi oleh konsumen bisnis fashion. Sehingga kamu akan mendapatkan peluang besar untuk bisa meningkatkan penjualan produk. Selain itu, dengan masuk ke dunia e-commerce kamu juga bisa meningkatkan strategi pemasaran lainnya dari berbagai program yang dibuat oleh platform marketplace tersebut. Misalkan shopee yang sering memberikan program gratis ongkir. 

Beberapa strategi di atas perlu kamu coba agar bisnis fashion yang dijalankan bisa berkembang secara optimal. Kamu bisa menggunakan semua atau beberapa strategi saja, tergantung dengan kebutuhan pemasaran bisnismu. 

Kami juga bisa menunjang strategi digital marketing bisnismu dengan menggunakan berbagai layanan pemasaran dari GoSocial. Berbagai layanan yang tersedia bisa kamu gunakan untuk bisa memanfaatkan peluang peningkatan penjualan bisnis. 

Comments to: Kamu Perlu Coba ! Tips Jitu Pemasaran Bisnis Fashion

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.