Blog | GoSocial

Hai SocioZen !

Mulai masuk dunia digitalisasi usaha, tentunya memerlukan berbagai tools digital marketing yang bisa menunjang pemasaran bisnis mu. 

Melalui tools digital marketing, selain bisa memaksimal pemasaran juga bisa memudahkan kamu untuk mengolah bisnismu. Sehingga proses kinerja akan lebih efektif & dinamis. 

Berbagai tools digital marketing yang tersedia, bisa kamu manfaatkan untuk membantu mengelolah digital marketing bisnismu secara berkala. Kamu perlu memahami setiap tools yang ada, agar bisa tepat sasaran dalam menggunakan tools-tools yang tersedia.

Apa sih Tool Digital Marketing itu ?

Tools digital marketing adalah alat-alat, media, aplikasi atau situs yang bisa kamu gunakan untuk dapat menunjang bisnis mu dalam memaksimalkan pemasaran digital.  Tools-tools ini akan bisa memudahkan kamu untuk menjalankan pemasaran digital yang begitu kompleks dengan cara yang sederhana dalam sebuah aplikasi ataupun situs internet. 

Melalui berbagai tools yang tersedia, kamu bisa menjalankan digital marketing dengan cara yang lebih efektif, sederhana namun berbasis teknologi. Tools digital marketing ini sangat berguna untuk mengoptimalkan bisnis dalam digitalisasi usaha, agar tidak kalah cepat dengan para kompetitor bisnis mu. 

Lalu, Apa Saja Tools Digital Marketing yang Kamu Perlukan ?

Pexel

1. Tools Manajemen Kinerja

Bukan lagi sistem penjualan yang beralih ke digital, manajemen kinerja juga sudah beralih ke digital. Apalagi di masa pandemi ini, banyak perusahaan yang menerapkan sistem WFH. Sehingga banyak yang sudah beralih digital untuk mengatur manajemen kinerja karyawannya. Melalui tools manajemen kinerja ini, kamu bisa mengontrol setiap kinerja karyawan dengan lebih efektif, baik dari proses kerjanya hingga finishing kinerja dari karyawan. Contoh tools ini yaitu trello & click up.

2. Tools Editing

Pemasaran digital identik dengan  content marketing yang menarik. Tentunya para pebisnis, terutama yang memiliki jobdesk pengelola konten akan memerlukan alat agar bisa menampilkan konten yang menarik. Melalui proses editing maka konten bisnismu, baik foto maupun video bisa menampilkan konten-konten yang mudah untuk mensugesti pelanggan. Karena dari first impression dalam sebuah tampilan konten, bisa mempengaruhi keputusan pembelian dari pelanggan. Contoh tools ini yaitu canva, picresize, pixlr dan lainnya.

3. Tools Keyword Konten

Membuat konten dengan engagement yang tinggi, tentunya perlu memperhatikan konten yang sesuai dengan keyword yang trend. Memperhatikan keyword utama sangat diperlukan agar kontenmu bisa mendapatkan banyak perhatian dari audience. Tentunya untuk mengetahui keyword apa yang lagi trend, kamu perlu untuk melakukan analisis & survei keyword. Tapi nggak perlu risau, sekarang banyak tools yang mempermudah kamu untuk mengetahui keyword-keyword yang lagi hype di setiap media sosial. Contoh tools ini yaitu ubersuggest, wordtracker, google trend dan lainnya. 

4. Tools Manajemen Media Sosial

Seringkali banyak pebisnis yang kesulitan dalam mengelola media sosial bisnisnya. Hal ini yang mengakibatkan tidak banyak pebisnis yang bisa konsisten dalam menjalankannya pemasaran digital. Selain itu ketidaksiapan SDM juga sangat diperlukan jika mau mendapatkan hasil yang maksimal. Dan jika kamu pebisnis yang merasa kesulitan, nggak perlu risau ! Karena sekarang ada tools digital marketing yang bisa membantu kamu untuk menjalankan manajemen media sosial. Contoh tools ini seperti Hootsuite.

5. Tools Iklan Media Sosial

Selain teknis pengelolaan pemasaran digital, kamu juga perlu memaksimal segi promosi bisnis dengan menggunakan tools digital marketing yang bisa menunjang perluasan jangkauan konsumen bisnismu. Dengan memaksimalkan tools ini, kamu bisa mendapatkan potensial peningkatan penjualan & meningkatkan branding atau value dari produk mu. Tools ini seperti instagram ads, google ads & facebook ads.  

6. Tools Analisis Strategi

Selain menjalankan strategi digital marketing, kamu juga perlu proses analisis untuk melakukan evaluasi efektivitas strategi yang sudah kamu gunakan. Hal ini berfungsi untuk meningkatkan strategi bisnis mu, agar bisa mencapai hasil yang paling sempurna. Kamu perlu untuk menganalisis peningkatan penjualan, performa media sosial atau website hingga efektifitas jalur promosi yang digunakan. Dan salah satu tools yang bisa menunjang, seperti google analytics.

7. Tools Performa Website

Meningkatkan performa website, sangat diperlukan untuk mendapatkan hasil pemasaran yang maksimal. Karena dengan optimasi website, bisnis mu akan lebih dikenal oleh para audience yang sesuai dengan target utama bisnis mu. Dengan meningkatkan performa, kamu bisa mengatur berbagai strategi yang tepat dengan menentukan tujuan maupun karakteristik target secara menyeluruh. Dan tools yang bisa kamu gunakan yaitu google ads. 

Nah itulah beberapa tools digital marketing yang bisa kamu gunakan untuk memaksimalkan bisnismu dalam masuk dunia digitalisasi usaha. 

Kamu bisa menggunakan tools-tools tersebut sesuai dengan kebutuhan bisnismu. Dan banyak lagi tools lainnya yang bisa kamu gunakan agar proses kinerja maupun pemasaran digital jadi lebih efektif dan serta potensial. 

Selain itu, kamu juga bisa memaksimalkan digitalisasi usaha dengan menggunakan layanan dari GoSocial ! Tentunya akan lebih efektif dengan harga yang terjangkau. 

Comments to: Kamu Perlu Tahu! Tools Digital Marketing Bagi Pemula

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.