Semua pebisnis pasti setuju bahwa dengan memanfaatkan social media sebagai salah satu platform untuk mempromosikan produknya, karena social media sendiri di kenal baik oleh masyarakat, ada juga pebisnis yang berfikiran bahwa memiliki beberapa akun social media bisa membantu perkembangan bisnisnya, akan tetapi tidak semua keputusan tersebut didasari oleh sebuah strategi.

Meskipun tidak semua orang menganggap bahwa melegitnya social media mampu mengabaikan email marketing, hal tersebut membuat peran email marketing perlahan-lahan dilupakan,

Email Marketing merupakan Perantara Social Web

Email marketing bisa diibaratkan sebagai benda yang paling berharga untuk social networking, karena tanpa adanya email kita tidak bisa masuk ke akun social media manapun. Seluruh social media pasti memerlukan adanya alamat email untuk mengirimkan email konfirmasi maupun pemberitahuan, dan sayangnya para pebisnis perlahan-lahan mengabaikan peran email marketing sebagai komponen yang sangat penting dalam online marketing.

Sumber dari Unsplash

Mengapa Email Marketing Penting?

Sebagai seorang pebisnis, perlu mengetahui pentingnya email marketing, berikut ini ada Dua alasan mengapa peran email marketing begitu penting dalam online marketing :

89% retailer sukses dengan menggunakan taktik email marketing. Data tersebut diambil dari Forrester Research and Shop.org.

67% subscribers juga menyatakan bahwa mereka memutuskan untuk membeli barang secara offline setelah menerima email marketing.

Email Marketing Berbeda dengan Strategi Lain

Data diatas menampilkan persentase yang tinggi. Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana sebenarnya email marketing bisa menghasilkan ROI tinggi dan respon positif dari subscriber ?

Permission-based. Jika pebisnis mendapatkan subcriber organik dan mereka sudah mengizinkan berkomunikasi melalui email, maka para subscriber tersebut memintamu mengirimkan informasi secara langsung melalui email. Para subscriber setidaknya mereka akan mengklik, membuka, atau share email tersebut keorang terdekat mereka. Hal tersebut yang membuat ROI lebih tinggi.

Subscriber-driven. Hal yang terbaik tentang email marketing adalah subscriber memberitahu apa yang diinginkannya. Mereka akan memilih informasi seperti apa, seberapa sering, dan dalam bentuk apa, karena subscriber bisa memilih informasi yang mereka mau, pebisnis akan mendapatkan engagement yang lebih tinggi. Engagement itu sendiri akan memberikan feedback di setiap email yang dikirimkan.

It’s easy. Emal marketing adalah strategi yang terbilang mudah. Point yang penting untuk email marketing adalah waktu mengirim, target, dan email yang sesuai dengan subscriber. Kamu bisa melihat dari pembelian sebelumnya, referensi, dan aktivitas untuk memberikan email yang relevan bagi subscribermu.

Seimbangkan Email Marketing dan Social Media

Meskipun email marketing terbilang penting, akan tetapi pengertian di atas bukan berarti kita mengabaikan peran social media. Kedua platform tersebut sama pentingya dan jauh lebih baik bila dikembangkan secara seimbang. Social media bukan hanya tempat untuk sharing produk, namun bisa dipergunakan untuk meninjau ulang produk.

Sumber dari Pixabay

Email marketing dan Social Media bisa diibaratkan seperti Teh dan Gula, mereka akan lebih baik jika digunakan bersama-sama,  coba pikirkan kembali tentang email marketing, apakah kamu sudah mengoptimalkannya ? dan jangan lupa juga untuk mengelola Social Mediamu agar lebih optimal lagi, agar pemasaran produkmu lebih efektif lagi dalam online marketing. Jika bingung dalam mengelola social mediamu, mungkin kamu perlu mengkonsultasikan kepada GoSocial, karena GoSocial dapat memberikanmu kemudahan dalam mengelola Social Media.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.