fbpx

Blog | GoSocial

Bisnis online dan media sosial sudah menjadi dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Media sosial memberikan banyak kemudahan bagi pelaku bisnis online dalam menjalankan bisnisnya.

Pada era sebelumnya, media sosial hanya dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi, akan tetapi di era digital saat ini peran media sosial menjadi semakin luas dan beragam. Selain digunakan untuk membranding diri, media sosial juga dapat dimanfaatkan oleh pelaku bisnis untuk memperkenalkan produknya kepada khalayak.

Tak heran, apabila saat ini banyak akun bisnis berkeliaran di media sosial. Terlebih lagi, beberapa platform media sosial telah memberikan ruang sendiri bagi pelaku bisnis untuk menjajakan produknya di media sosial.

Lantas, apasih kelebihan dan kekurangan media sosial untuk menjalankan bisnis? Berikut GoSocial berikan sedikit informasi mengenai kelebihan dan kekurangan media sosial untuk menjalankan bisnis online.

Sumber dari Freepik

Definisi Media Sosial

Menurut Philip Kotler dan Kevin Lane Keller (2016), media sosial merupakan media yang digunakan oleh konsumen untuk berbagi teks, gambar, suara, dan video informasi baik dengan orang lain maupun dengan perusahaan begitu pula sebaliknya.

Melalui media sosial, masyarakat dapat melakukan komunikasi dan berinteraksi tanpa batasan ruang dan waktu. Kehadiran media sosial yang menjamur dan mengakar dalam kehidupan sehari-hari masyarakat telah berhasil merubah gaya hidup dan pola pikir masyarakat.

Potensi bisnis yang cukup besar dalam media sosial, mendorong para pelaku usaha untuk semakin meningkatkan kualitasnya agar dapat bersaing dengan kompetitor, mempromosikan produknya dengan baik dan dapat menarik pelanggan.

Sumber dari Freepik

Kelebihan Media Sosial untuk Menjalankan Bisnis Online

Media sosial memiliki segudang kelebihan yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk menjalankan bisnisnya. Kelebihan-kelebihan tersebut antara lain:

Gratis

Poin pertama yang menjadi kelebihan dari media sosial adalah platformnya yang dapat diakses dan dimanfaatkan dengan cuma-cuma oleh penggunanya. Untuk dapat menikmati fitur yang tersedia dalam media sosial, pengguna hanya perlu membuat akun baru dan setelah semua prosesnya selesai, media sosial dapat digunakan. Semua fitur yang tersedia dalam media sosial dapat diakses tanpa biaya oleh pengguna kecuali fitur promosi (iklan).

Mudah digunakan

Tampilannya yang user friendly dan mudah dimengerti menjadikan media sosial mudah digunakan oleh segala usia. Membuat settingan akun hingga melakukan upload konten semuanya dapat dilakukan dalam sekali pencet.

Sumber dari Unsplash

Mudah dikelola

Pengguna tidak perlu merogoh koceng apabila terdapat maintenance platform. Melakukan update aplikasi secara rutin dapat mempermudah pengguna untuk menikmati fitur-fitur baru yang disediakan oleh platform.

Dapat berinteraksi dengan pelanggan

Melalui media sosial, pelaku usaha dapat dengan mudah untuk melakukan interaksi dengan pelanggan. Pelaku usaha dapat melihat dan menjawab komentar-komentar pelanggan di kolom komentar maupun saling berbalas pesan melalui direct message.

Jangkauan pasar yang luas

Salah satu fitur yang dapat dimanfaatkan pelaku usaha untuk mejangkau pasar yang lebih luas di media sosial adalah dengan menyematkan hashtag disetiap postingannya.

Sumber dari Unsplash

Kekurangan Media Sosial

Selain memiliki banyak kelebihan, media sosial juga memiliki beberapa kekurangan apabila dijadikan sebagai media dalam menjalankan bisnis, diantaranya yaitu:

Desain platform yang terbatas

Kekurangan pertama yang terdapat dalam media sosial adalah penggunanya tidak dapat mengubah tampilan akun media sosialnya sesuka hati. Salah satu hal yang dapat dilakukan pelaku usaha untuk menjalankan bisnisnya di media sosial adalah dengan menyesuaikan desain kontennya dengan brand identity yang dimiliki oleh produk maupun perusahaan.

Sumber dari Pixabay

Fungsi platform kurang fleksibel

Platform media sosial hanya dapat digunakan oleh pelaku usaha untuk menjaring calon pelanggan melalui konten/postingan. Tidak tersedia fitur lain yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha, seperti membuat email list.

Kontrol terbatas

Di media sosial, siapapun dapat dengan bebas memberi komentar di setiap postingan yang dibuat oleh pelaku usaha. Sehingga, pelaku usaha kurang bisa mengontrol komentar-komentar buruk yang muncul pada akun media sosialnya.

Sumber dari Pixabay

Demikian sedikit informasi mengenai kelebihan dan kekurangan media sosial untuk menjalankan bisnis online yang dapat GoSocial sampaikan. Apabila Anda merasa kebingungan atau kesulitan untuk menjalankan bisnis online, GoSocial sebagai Digital Agency hadir untuk UMKM yang berniat untuk mendigitalisasi bisnisnya. Terdapat beberapa layanan dari GoSocial yang dapat membantu Anda untuk mengelola media sosial bisnis Anda. Konsultasikan Segera.

Comments to: Kelebihan dan Kekurangan Media Sosial untuk Menjalankan Bisnis Online

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.