fbpx

Blog | GoSocial

Tapi pernahkah kamu berpikir untuk mendirikan toko online mu sendiri tanpa terikat dengan ecommerce? Jika iya, informasi kali ini akan sangat bermanfaat untukmu. 

Kali ini Gogo akan memperkenalkan WooCommerce. Tahukah kamu apa itu WooCommerce? WooCommerce adalah jawaban bagi kamu yang ingin mendirikan toko online, walaupun tanpa kemampuan coding dan bersifat gratis. Menarik sekali ya. 


Yuk kenal lebih dalam apa itu WooCommerce, toko online gratis untuk bisnismu.

Apa itu WooCommerce?

Sumber: WooCommerce.com

WooCommerce adalah plugin toko online yang dibuat oleh WooThemes untuk platform WordPress yang didirikan pada tahun 2011. Sekarang WooCommerce pun sudah tergabung dalam Automattic. WooCommerce masuk dalam jajaran platform online builder terbagus di dunia.  

Moto dari WooCommerce sendiri adalah “The most customizable ecommerce platform for building your online business.”, yang bermakna kamu bisa bebas mengkustomisasi tokomu untuk mendirikan sebuah bisnis online

Sehingga WooCommerce pun bersifat open source, yang mudah untuk diutak-utik. Bagaimana tampilan toko online mu, kamu bisa merancangnya sendiri dengan berbagai fiturnya. 

Fitur-Fitur WooCommerce

Sumber: WooCommerce.com

Berbagai fasilitas di dalam WooCommerce pun telah dirancang sebaik mungkin, termasuk berbagai fitur yang bisa kamu manfaatkan. 

  1. Manajemen Produk

Produk kamu bisa tertata rapi dengan manajemen produk yang dihadirkan WooCommerce. Kamu bisa menampilkan berbagai macam jenis produk dari bisnis online mu, dengan perlengkapan seperti warna, ukuran, dan lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa memberikan promo dengan harga khusus, harga untuk reseller ataupun ingin menurunkan harga dan sebagainya.

2. Pembayaran

Pembayaran yang tersedia di WooCommerce ada Transfer Bank, Stripe, PayPal, dan bahkan ada Cash On Delivery (COD). Kamu juga bisa menghubungkannya dengan payment gateway seperti Doku.

3. Manajemen Pemesanan

Melalui fitur manajemen pemesanan, kamu bisa mengawasi orderan yang sedang dikirimkan ke pelanggan.

4. Alur Belanja

Proses pemesanan dalam WooCommerce pun seperti ecommerce yang lainnya. Ada cart atau keranjang belanja, lalu fitur check out untuk memesan. Pelangganmu pun bisa membuat akun sendiri untuk mengawasi belanjaan yang sudah di order.

5. Laporan Penjualan

Transaksi yang dijalankan juga bisa dibuat laporan. Kamu bisa menambahkan ektension laporan, denganini laporan tersebut dapat dirubah ke dokumen Excel maupun CSV. 

Selain itu laba dan rugi pun bisa terlihat di WooCommerce. Hal lain pun masih banyak semakin bisa melengkapi laporan penjualanmu.

6. Pengiriman

Layaknya bisnis online lainnya, pengiriman pun membutuhkan harga ongkir. Kamu juga bisa menambahkan biaya ongkir secara manual, maupun mengintegrasikan dengan API lain seperti Raja Ongkir.

Pengiriman semakin mudah dengan alternatif shipping seperti Tiki, JNE, J&T, Pos dan jasa pengiriman lainnya.

7. Potongan Harga

Di dalam WooCommerce kamu juga bisa membuat program promo seperti diskon dengan kupon. Selain itu kamu bisa membuat discount rule untuk harga grosir yang tentunya akan semakin memudahkan dan membuat customer tertarik.

8. SMTP Email

Tenang saja, WooCommerce pun mempunyai fitur SMTP Email untuk memberikan laporan tentang aktivitas pembeli maupun admin di setiap waktu. WooCommerce akan mengkonfigurasikan email yang sudah ada di akun WordPress mu.

9. Integrasi API

WooCommerce pun mudah untuk disinkronkan atau diintegrasikan dengan berbagai API yang lainnya, seperti halnya Facebook.

10. Membangun Marketplace

Selain sebagai toko online, WooCommerce juga bisa mengubah toko online mu menjadi marketplace. Hal ini bisa dilakukan dengan plugin pendukung, contohnya Dokan dari WCvendors.

Kelebihan WooCommerce

Sumber: WooCommerce.com

Mengapa kamu perlu mempertimbangkan WooCommerce menjadi toko online mu sendiri? Berikut adalah berbagai kelebihan WooCommerce.

  1. Gratis

Kelebihan utama dari WooCommerce adalah gratis. Siapapun bisa menggunakannya dan membangun toko online impiannya melalui WooCommerce. Secara keseluruhan WooCommerce memang gratis, tapi mereka pun menyediakan beberapa fitur yang juga bisa dibeli.

  1. Banyak Pilihan Tema

Ketika mengunjungi toko online, tampilan dan warna yang terbaur dalam sebuah tema pastinya akan semakin menarik bagi pelanggan. Kamu tidak perlu khawatir untuk membuat halaman toko online mu cantik, karena WooCommerce pun menyediakan banyak pilihan tema yang bisa kamu sesuaikan dengan bisnismu sendiri, baik yang gratis maupun berbayar. 

  1. Keamanan Terjamin

WooCommerce menjamin keamanan data. Segala jenis data akan terlindungi dan tidak akan jatuh ke pihak mana pun. Transaksi yang dilakukan juga diklaim aman. 

Perlu kamu ketahui juga bahwa WooCommerce pun telah diaudit oleh Sucuri perihal keamanan script. Sucuri sendiri merupakan otoritas keamanan website yang sudah diakui secara global. Mereka mempunyai spesialisasi yang berhubugan dengan keamanan website WordPress.

  1. Compatible untuk WordPress

Seperti yang telah kita tahu, WooCommerce dikembangkan oleh WordPress. Jadi membuatnya pun mudah. Ketika kamu mempunyai website WordPress kamu cukup menginstall plugin WooCommerce.

WordPress sendiri merupakan CMS yang banyak paling banyak digunakan, kamu pun bisa terhubung dengan jutaan pengguna WordPress lainnya.

  1. Beragam Fitur & Kustomisasi yang Mudah

Biasanya plugin yang berbasis gratis hanyalah mempunyai fitur yang standar. Namun berbeda dengan WooCommerce yang dilengkapi dengan berbagai macam fitur spesial dan istimewa. Kustomisasinya yang mudah, bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnismu.

  1. Dipercaya Jutaan Pengguna

Siapa saja yang menggunakan WooCommerce? WooCommerce telah digunakan lebih dari 59 juta pengguna di seluruh dunia. WooCommerce telah menjadi platform toko online yang mempunyai presentase 28 persen secara global. 

WooCommerce pun mempunyai kualitas yang bisa diandalkan, karena sebanyak 21 persen toko online yang menggunakan platform WooCommerce masuk ke dalam Top 1 Million Sites.

  1. Berbagai Kumpulan Extensions 

Berbagai kumpulan extensions dari WooCommerce bisa mempermudah pekerjaan developer. Extensions ini ada yang gratis maupun berbayar.

Begitulah berbagai informasi mengenai WooCommerce. WooCommerce ini tentunya sangat mendukung kamu yang ingin mempunyai toko online sendiri, dengan kualitasnya yang sudah terjamin.

Jadi, apakah kamu berencana untuk membangun toko online mu di WooCommerce?

Comments to: Kenal Lebih dalam WooCommerce, Toko Online Gratis untuk Bisnismu

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.