fbpx

Blog | GoSocial

Mempunyai sebuah bisnis tentunya ingin mengenalkan seluas-luasnya brand kita, bukan? Bukan hanya brand, nama perusahaan pun tak kalah penting. 

Salah satu cara untuk meningkatkan popularitas sebuah brand dan juga perusahaan adalah dengan membuat video company profile. Berkembangnya digital marketing yang pesat, video menjadi salah satu mediayang tak boleh ketinggalan.

Tahukah kamu? Kegiatan marketing yang menggunakan konten video pun dapat meningkatkan pendapatan sebesar 49% lebih cepat daripada yang tidak.

Lalu, apa itu video company profile ya? Bagaimana manfaat dan penerapannya? Yuk simak penjelasannya dari Gogo.

Apa Itu Video Company Profile?

Sumber: Unsplash.com

Video company profile adalah sebuah video singkat yang berisi tentang profil brand beserta hal-hal yang ditawarkan kepada konsumen. 

Video company profile biasanya berdurasi sekitar dua menit. Video ini dikonsep untuk memperlihatkan visi dan misi sebuah perusahaan. Konten di dalamnya terdapat tujuan perusahaan, produk dan layanan, serta nilai yang dijunjung perusahaan.

Inti dari pembuatan video company profile adalah sebuah perusahaan dapat menarik perhatian audiens, bahkan menjadikan mereka pelanggan tetap. Namun tidak ada spesifikasi khusus untuk mengkonsepkan video ini, semuanya juga tergantung kreatifitas sebuah perusahaan dalam mengenalkannya di dalam sajian video. Tapi satu hal yang perlu diingat, berbagai macam konsep bisa diterapkan, tetapi jangan tinggalkan brand identity. Perusahaan harus menyampaikan pesan secara jelas pada audiens sehingga tujuan video menjadikan mereka pelanggan tetap dapat tercapai.

Manfaat Membuat Video Company Profile

Media Cerita yang Menarik

Video adalah media yang sangat cocok untuk membangun brand awareness. Video mampu membawa audiens masuk dalam imajinasi dan cerita yang kita bawakan. Video company profile mampu membantu menyampaikan profil brand atau perusahaan dengan cara yang kreatif dan menarik.

Membangun Kepercayaan

Video company profile dapat menjadi perantara bagi konsumen yang sebelumnya belum mengenal brand atau perusahaan kita. Video ini dapat membangun kepercayaan kepada konsumen dengan konsep mengenalkan perusahaan beserta apa yang terjadi di dalamnya. Artinya kita mengajak audiens melihat hal yang terjadi di belakang layar dalam proses bisnis dan kerja kita. Bisa jadi visi misi yang kita bangun sejalan dengan konsumen. Di sini kita pun menonjolkan keunikan dari proses kerja serta produk yang ditawarkan.

Meningkatkan Traffic Website

Ketika sebuah perusahaan mempunyai sebuah website dan memasukkan video company profile di dalamnya akan membantu meningkatkan traffic website atau SEO. Ketika konsumen mencari produk atau layanan di search engine, dengan menyertakan video company profile akan menambah kesan positif bagi brand.

Pengguna internet mempunyai rata-rata menghabiskan waktu 88 persen lebih lama ketika mengunjungi situs web yang menyertakan video. Di sisi lain video company profile juga sangat cocok untuk perusahaan B2B. Sebanyak 65 persen seseorang mengunjungi situs atau website setelah menonton video company profile. Pastinya hal ini akan sangat memberikan peluang yang besar untuk mendapatkan pelanggan, ya.

Membantu Meningkatkan Performa Email Marketing

Memasukkan link video company profile dalam pembukaan paragraf di email marketing yang dibaca akan memberikan dampak yang bagus dalam peningkatan rasio klik hingga 96 persen. Video tersebut membuat kesan awal yang lebih terpercaya terhadap brandmu, pesanmu akan lebih mudah diingat, mudah dicerna.

Tips Membuat Video Company Profile

Sumber: Unsplash.com

Buat Skrip Terlebih Dahulu

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk membuat video company profile adalah membuat skrip video terlebih dahulu. Karena dengan skrip ini bagaimana alur produksi video dapat terlaksana dengan mudah dan terencana.

Skrip dibuat pun tidak sembarangan, kamu perlu merancang konten dengan ide kreatif yang menarik yang tentunya memasukkan brand identity dari perusahaanmu. Intinya adalah sebelum membuat video company profile kamu perlu membuat konsep dan tuangkan ide tersebut ke dalam sebuah skrip.

Peralatan Profesional

Video company profile yang mempresentasikan brandmu tentunya harus berkualitas, karena jika kualitasnya buruk, first impression dari konsumen terhadap brandmu pun akan berbeda dan merugikan perusahaan.

Untuk membuat video yang berkualitas membutuhkan peralatan profesional. Karena peralatan profesional yang akan menjadi media yang merekam semua konsep dengan epik untuk pengenalan brandmu. 

Jika kamu tidak tahu bagaimana menggunakan peralatan profesional dan tidak memilikinya, kamu bisa menyewa jasa profesional.

Gunakan B-Roll

Langkah selanjutnya dalam membuat video company profile adalah dengan memanfaatkan teknik b-roll dalam videomu. Apa itu b-roll? B-roll adalah sebuah istilah untuk video yang ditambahkan sebagai selingan video atau footage utama.

Contohnya saja video yang memuat wawancara seseorang, akan ada gambar b-roll yang ditampilkan seperti produk atau layanan yang sedang dibahas dalam wawancara tersebut. Jadi, video tersebut tidak membosankan dan dapat menampilkan lebih detail informasi dari brandmu.

Nah, begitulah pembahasan singkat tentang video company profile dari Gogo yang bisa meningkatkan popularitas perusahaanmu. Apakah kamu tertarik untuk membuatnya? Jika perusahaanmu mempunyai video company profile, level brandmu akan lebih tinggi karena kamu mampu memberikan kesan berbeda yang lebih menarik dan tentunya lebih profesional dan terpercaya.

Jika kamu membutuhkan jasa pembuatan video company profile, GoSocial pun bisa membantumu membuatnya. Tentunya dengan tim yang profesional dan pastinya kreatif. Untuk lebih tahu layanan tersebut, kamu bisa mengklik link ini. 

 

Comments to: Kenalan dengan Video Company Profile yang Bisa Tingkatkan Popularitas Perusahaanmu

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.