Blog | GoSocial

Followers banyak tapi engagement rate rendah, menandakan akun bisnismu belum banyak dilirik oleh audience loh !

Kamu harus mulai memahaminya, followers banyak tidak menjamin akun bisnismu disukai banyak audience. Karena, engagement rate akan jauh lebih penting untuk dapat mencerminkan apakah audience tertarik dengan konten yang sudah kamu buat. 

Ibaratnya kamu bisa jadi pembicara & dihadiri banyak orang, tapi ternyata mereka asik ngobrol antar temannya. Kamu pasti tahu, apa faktornya mereka tidak memperhatikanmu ? Yaps, karena bagi mereka kamu tidaklah pembicara yang menarik.

Sama dengan konten media sosialmu ketika memiliki followers banyak namun engagement rate rendah. Maka, akan mendapatkan insight yang nggak besar. Entah dari segi like postingan, komentar, save maupun share yang berkaitan dengan intensitas interaksi audience akun bisnismu. 

Tapi kamu nggak perlu risau, dalam artikel ini kita akan mencoba mengupas tuntas pentingnya engagement rate untuk meningkatkan kepercayaan audience agar strategi pemasaran bisnismu tidak sia-sia.

Apa Itu Engagement Rate ?

Pexel

Engagement rate adalah sebuah gambaran data yang menunjukkan tinggi rendahnya interaksi audience terhadap konten akun bisnismu.

Berbagai indikator bisa digunakan untuk melihat engagement rate akun bisnismu, dengan berdasarkan kebutuhan analisis. Seperti tingginya like postingan, komentar postingan, hingga banyaknya audience yang berbagai konten mu kepada temannya. 

Setiap media sosial menyediakan fitur untuk dapat mengetahui tinggi rendahnya engagement rate dalam setiap postingan konten. Kamu bisa mempelajarinya dari setiap media sosial yang dipakai bisnismu. Seperti halnya Instagram, jika kamu mengatur status akunnya sebagai akun bisnis, maka di setiap postingan akan muncul fitur insight pada bagian kiri bawah.

Gimana Cara Mengetahui Engagement Rate ?

Pexel

Engagement rate dalam dunia digital, memiliki indikator persentase yang berbeda dalam setiap platform. Dan selain melalui fitur yang sudah tersedia pada setiap platform, engagement rate juga bisa diketahui dengan perhitungan berdasarkan data interaksi yang sudah tersedia dalam masing-masing platform.

Misalkan, kamu mau mengetahui persentase interaksi audience di official account instagram bisnismu. Maka kami bisa menghitungnya dengan menggunakan formula :

Jumlah like + Comment + Impression (views) / Jumlah Followers X 100 (untuk menghitung setiap postingan)

Namun di era yang semakin berkembang, pastinya kamu juga bisa lebih mudah dengan memanfaatkan berbagai tools untuk mengetahui engagement rate akun bisnismu. 

Mengapa Engagement Rate Sangat Penting ?

Pexel

Meningkatnya pebisnis yang masuk dalam digitalisasi usaha, mengharuskan dirimu lebih peka terhadap kecepatan perkembangan. Jika kamu tidak gesit dalam melakukan inovasi, maka bisa jadi peluang bisnismu untuk tenggelam dari kompetitor yang ada.

Engagement rate menjadi salah satu cara agar bisnismu semakin progresif, karena salah satu kunci strategi pemasaran yaitu meningkatkan hubungan & kepercayaan audience melalui content marketing. Dengan mengetahui engagement rate akun bisnismu, maka kamu bisa mengetahui tipe konten yang menarik & tidak menarik bagi audience. 

Melalui engagement rate, kamu akan lebih mudah untuk melakukan evaluasi & membuat strategi baru agar konten yang dibuat bisa menunjang pemasaran bisnismu. Selain itu, kamu juga bisa memberikan konten yang lebih menarik dari kompetitor bisnismu untuk mendapatkan perhatian & kepercayaan lebih dari target pemasaran. 

Gimana Cara Meningkatkan Engagement Rate ?

Pexel

1. Meningkatkan Optimasi

Salah satu cara untuk memenuhi indikator engagement rate yaitu jangkauan audience yang luas. Dengan memiliki jangkauan luas, kamu bisa berpotensi mendapatkan insight yang tinggi setiap konten yang dibuat. Misalnya instagram, kamu bisa menggunakan fitur instagram ads. Kemudian misalkan website, kamu bisa menerapkan strategi SEO & SEM. 

2. Membuat Konten Tepat Sasaran

Seringkali banyak pebisnis yang salah dalam membuat konten bisnisnya. Hal ini dikarenakan tidak perhatian dalam melihat antara konten dan target audience bisnisnya. Jika kamu tidak menyesuaikannya, maka sangat berpotensi untuk mendapatkan engagement rate yang rendah. Karena pastinya setiap tipe audience akan memiliki karakter kesukaan konten yang berbeda. 

3. Pastikan Tampilan Awal Friendly

Profil akun bisnis bisa jadi first impression bagi audience. Jika tampilan di awal sudah tidak menarik, maka audience baru tidak akan mengambil langkah selanjutnya. Bahkan mengikuti akun bisnismu, bahkan hanya sekedar melihat postingan saja mungkin tidak. Oleh karena itu, kamu perlu untuk memperhatikan keunikan dari profil bisnismu. 

4. Interaktif Dengan Audience

Seringkali, terutama pada bisnis yang sudah besar interaksi dengan audiens akan semakin berkurang. Sering tidak membalas pesannya, tidak memberikan feedback komentar postingannya bahkan tidak membalas Q n A yang dibuat. Hal ini sangat berpotensi untuk menghilangkan kepercayaan dari audience, karena mereka akan berpikir tidak dihargai atau akun bisnis cenderung sombong tidak mau membalas pesannya.

5. Ketepatan Posting Konten

Setiap media pemasaran, terutama media sosial akan memiliki waktu yang efektif untuk memposting konten. Kamu nggak bisa asal-asalan dalam memposting konten bisnismu. Tapi pastinya standar posting konten yang paling baik itu nggak ada. Cuma secara general, setiap media memiliki waktu analisis posting yang tepat. Kamu juga bisa cek ombak dengan mencoba memposting dalam beberapa waktu yang berbeda. 

Setiap media pemasaran, terutama media sosial akan memiliki waktu yang efektif untuk memposting konten. Kamu nggak bisa asal-asalan dalam memposting konten bisnismu. Tapi pastinya standar posting konten yang paling baik itu nggak ada. Cuma secara general, setiap media memiliki waktu analisis posting yang tepat. Kamu juga bisa cek ombak dengan mencoba memposting dalam beberapa waktu yang berbeda. 

Nah itulah gambaran pentingnya engagement rate bagi bisnismu. Kamu juga bisa mulai menganalisis akun bisnismu, agar bisa mendapatkan strategi pemasaran yang maksimal.

Dengan mengetahui engagement rate akun bisnismu, maka kamu bisa melakukan evaluasi kesalahan kontenmu & membuat strategi konten yang baru agar bisa mendapatkan banyak perhatian dari audience. 

Jika kamu merasa kesulitan untuk mendapatkan engagement rate yang tinggi, bisa juga dengan cara efektif melalui jasa Social Media Engagement dari GoSocial. Selamat mencoba~

Comments to: Kenapa Engagement Rate Penting Untuk Digital Marketing ?

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.