Blog | GoSocial

Apakah kamu sudah menjadi salah satu pengguna TikTok? TikTok yang dirilis pada tahun 2017 lalu ini menjadi salah satu platform baru yang dapat meningkatkan aktivitas promosi sebuah bisnis, loh.

Pada tahun 2020 lalu bahkan TikTok telah meluncurkan “TikTok for Business”. Di tahun 2021 ini pengguna TikTok pun mencapai lebih dari 1 miliar, wow sangat pesat ya. Bukankah ini sangat bisa kita manfaatkan untuk membranding sebuah bisnis?

Apa itu TikTok for Business?

TikTok for Business memang sebuah akun yang dibuat khusus untuk mempromosikan bisnis akun pemiliknya. TikTok for Business mempunyai fitur seperti ini:

  • Unique engagement solution.
  • Performance tracking yang dibuat secara real time.
  • Dapat dengan mudah mengetahui konten yang sedang tren dan relevan.

Dengan akun TikTok for Business ini kamu bisa lebih cepat mendapatkan views, like, juga komentar yang pastinya akan meningkatkan brand awareness bisnismu.

Lalu bagaimana ya langkah memanfaatkan TikTok untuk meningkatkan brand sebuah bisnis? Yuk mari ikuti langkah berikut ini.

Konten yang Spesifik

Berbicara TikTok pastinya kita akan memikirkan untuk membuat postingan apa? Lain tak lain tentunya kita akan membuat sebuah konten video. Untuk menonjolkan bagaimana branding dari sebuah bisnis, kita perlu membuat konten spesifik yang relevan dengan bisnis kita.

Hal ini juga merupakan salah satu cara untuk menemukan target market bisnis dan mereka menjadi semakin familiar dengan brandmu. 

Membuat akun TikTok kita pun berlatih menjadi creator yang kreatif, menarik, dan mengena untuk penonton mengatahui brand kita sebanyak mungkin.

Ciptakan Konten yang Dekat dengan Penonton

Sumber: Unsplash.com

Kenapa platform TikTok semakin banyak penggunanya? Salah satu alasannya adalah kontennya yang menghibur, tidak terlalu serius dan juga kaku.


Buatlah konten yang membuat penonton refresh, mengenalkan brand dengan cara yang sederhana tapi punya makna. Menampilkan sisi lain dari brandmu. Video di TikTok tidaklah harus sempurna, tapi mampu dekat banyak penonton.

Buat Challenge

Salah satu ciri khas TikTok adalah video challenge atau tantangan. Dengan challenge, brandmu akan semakin dikenal dan mendapatkan banyak perhatian.


Kamu pun bisa membuat challenge yang sedang tren. Namun pastikan kamu membuat challenge yang juga cocok untuk bisnismu.

Konsisten Posting

Sepertinya hal Instagram, TikTok pun juga mempunyai algoritma. Semakin konsisten dan aktif akun TikTok bisnismu, semakin pula mendapatkan engagement yang tinggi. 

Kamu perlu konsisten memposting konten setiap harinya. Buatlah jadwal upload untuk konten dan videomu semakin luas menjangkau banyak penonton.

Gunakan Hashtag

Sumber: Freepik.com

Jangan lupakan hashtag untuk setiap video TikTokmu di dalam caption. Karena dengan hashtag inilah yang akan semakin menjangkau banyak  orang. TikTok sendiri pun mengatakan jika hashtag merupakan bagian dari video, yang bisa menjadi rekomendasi video kepada pengguna yang lain.

Pastikan juga hashtag tetap relevan dan berhubungan dengan bisnismu ya. Selain itu kamu juga bisa membuat hashtagmu sendiri jika ada sebuah promo atau program lain dari bisnismu.

Konten Hashtag Challenge

TikTok memang penuh dengan challenge. Banyak pula hashtag yang dijadikan challenge. Netizen hingga public figure pun tertarik untuk membuatnya. Contohnya saja hashtag #lalalachallenge yang mencapai lebih dari 200 juta pengguna.


Hashtag challenge ini menjadi peluang untuk semakin mempopulerkan brandmu. Sebut saja brand dunia seperti Guess yang juga sudah melakukannya. Guess pernah membuat hashtag challenge #InMyDenim untuk memprosikan produk terbaru mereka. Pengguna TikTok pun banyak yang membuat video hashtag challenge tersebut dengan memakai  produk mereka.

Kerja Sama dengan Influencer

Influencer menjadi hal yang juga tak kalah memberikan efek yang besar untuk memperkenalkan sebuah bisnis. Influencer yang mempunyai banyak follower sangat bisa untuk diajak kerja sama karena daya reach dan engagement nya yang tinggi.

Jika kamu mempunyai dana, tidak ada salahnya untuk mengalokasikan budget untuk influencer yang sesuai dengan pengeluaran dan produk bisnismu.

Nah, begitulah beberapa langkah yang bisa kamu terapkan untuk membranding bisnismu di platform TikTok. Inti dari semua itu adalah ciptakan konten yang menarik dan mempresentasikan brand mu sendiri. Jadi kamu tertarik untuk memulai dari mana?

Comments to: Langkah Branding Bisnis di TikTok

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.