Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung selama kurang lebih sepuluh bulan di Indonesia membuat beberapa sektor usaha mengalami penurunan pendapatan. Penurunan pendapatan tidak hanya dialami oleh perusahaan-perusahaan besar, akan tetapi pelaku UMKM turut merasakan hal yang sama.

Adanya kebijakan pemerintah untuk membatasi kegiatan masyarakat menjadikan pelaku UMKM harus menutup usahanya lebih awal dari jam biasa. Oleh karena itu, pelaku UMKM harus berfikir lebih keras untuk dapat bertahan di masa pandemi saat ini.

Salah satu hal yang dapat dilakukan oleh pelaku UMKM untuk tetap memasarkan produknya adalah dengan melakukan digital marketing. Mengapa digital marketing sangat penting dilakukan bagi pelaku UMKM? Berikut GoSocial berikan sedikit informasinya!

Sumber dari Unsplash

Apa itu UMKM?

Sebelum melangkah lebih jauh, alangkah baiknya kita memahami terlebih daluhu apa sih yang dimaksud dengan UMKM?

UMKM merupakan singkatan dari Usaha Mikro Kecil Menengah. UMKM dapat pula diartikan sebagai usaha produktif yang dimiliki oleh perorangan maupun badan usaha yang sesuai dengan kriteria dalam Undang-undang No. 20 tahun 2008.

Sumber dari Pixabay

UMKM merupakan gabungan dari tiga bentuk usaha, yaitu usaha mikro, usaha kecil dan usaha menengah yang masing-masing memiliki definisinya sendiri-sendiri.

  • Usaha mikro merupakan usaha yang dimiliki perseorangan atau keluarga, dan keuntungan bersihnya di bawah 50 juta Rupiah per tahun. Dalam beberapa kasus, keuangan pribadi dan modal usaha dapat disatukan dalam perhitungannya.
  • Usaha kecil merupakan usaha yang memiliki keuntungan bersih di bawah 500 juta Rupiah per tahun. Usaha ini bisa terdiri dari bisnis informal (misalnya industri sepatu rumahan) atau perusahaan dan institusi berskala kecil (misalnya toko kecil).
  • Usaha menengah merupakan usaha yang telah memiliki sistem pembukuan lengkap dan terpisah dari uang pribadi. Pendapatan dari usaha menengah dapat mencapai lebih dari 500 juta Rupiah per tahun. Beberapa usaha menengah biasanya telah memiliki NPWP dan legalitas lainnya.

Pentingnya Digital Marketing bagi Pelaku UMKM

Seperti yang kita ketahui, digital marketing merupakan bentuk pemasaran yang dilakukan melalui media internet. Beberapa media yang biasanya digunakan untuk melakukan digital marketing adalah media sosial (seperti Instagram, Facebook, Twitter, LinkedIn), website, dan email marketing.

Sumber dari Pixabay

Digital marketing banyak digandrungi oleh pelaku usaha dalam beberapa dekade terakhir ini. Hal itu disebabkan oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin modern yang membuat sebagian besar masyarakat lebih banyak menghabiskan waktunya untuk berselancar di dunia maya dibandingkan di dunia nyata.

Digital marketing menjadi senjata efektif yang dapat mengikat lebih banyak konsumen dibandingkan dengan pemasaran yang dilakukan secara konvensional. Oleh karena itu, sangat penting bagi pelaku UMKM untuk beralih ke digital marketing sebagai salah satu cara meminimalisir penurunan pendapatan di era pandemi seperti saat ini.

Melakukan digital marketing tidak terbatas pada melakukan pemasaran dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, akan tetapi pelaku usaha juga harus memikirkan bagaimana memperkuat konten promosi agar memperoleh hasil yang maksimal.

Sumber dari Unsplash

Bagi Anda yang merasa kebingungan atau kesulitan untuk menjalankan bisnis online, GoSocial sebagai Digital Agency hadir untuk UMKM yang berniat untuk mendigitalisasi bisnisnya. Terdapat beberapa layanan dari GoSocial yang dapat membantu Anda untuk mengelola media sosial bisnis Anda. Untuk pemesanan bisa menuju ke halaman ini ya. GoSocial Indonesia siap membantu Anda.

Comments to: Pentingnya Digital Marketing bagi Pelaku UMKM

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.