Blog | GoSocial

Dilansir dari artikel sebelumnya, Social media marketing merupakan sebuah bentuk alat atau tools dalam konsep marketing yang diintegrasikan dengan social media untuk melakukan promosi dan memasarkan layanan produk atau jasa dalam sebuah bisnis.

Nah, dengan berkembanganya pengetahuan teknologi yang beralih keduania digitalisasi ini membuat dunia bisnis semakin beragam pula inovasi yang ada. 

Sehingga, bermunculan pula beberapa inovasi cara untuk melakukan kegiatan marketing dalam sebuah bisnis, salah satu contohnya adalah social media marketing. Adapun manfaat dalam social media marketing dalam dunia bisnis akan diulas dibawah ini!

6 Manfaat Utama Social Media Marketing

Meningkatkan Brand Awareness

Brand awareness merupakan kesadaran merek dari seorang pelanggan. Brand awareness akan menjadi sebuah kunci untuk marketing sebuah bisnis.  Yang mana dari data tersebut dapat digunakan untuk pengoptimalan strategi social media marketing, untuk menciptakan sebuah brand awareness di benak masyarakat. 

JIka kita lihat berdasarkan data diatas, terdapat 170,0 juta orang pengguna aktif social media. Jadi apabila kita telah dapat melakukan strategi social media marketing yang sesuai dan baik, maka 170,0 juta orang tersebut akan mengingat brand yang telah kita buat. Yang mana nantinya, secara tidak langsung akan dapat meningkatkan penjualan dalam bisnis kita.

Memperluas Market Penetration

Social media merupakan sebuah platform yang sangat banyak penggunanya. Semua kalangan, usia, pekerja apapun tak membatasi seseorang untuk menggunakan social media. 

Market Penetration adalah strategi pertumbuhan yang berkonsentrasi pada perluasan, pengembangan, dan pertumbuhan pangsa pasar. Jadi, apabila sebuah bisnis kita menggunakan social media marketing, maka akan dapat memperluas pangsa pasar yang mereka miliki. Hal tersebut akan menjadi kesempatan yang sangat luar biasa untuk sebuah bisnis.

Mengetahui Feedback Produk

Selanjutnya pada efek manfaat dari social media marketing adalah dapat mengetahui feedback produk. Hal ini dikarenakan, kita dapat melihat secara langsung terkait respons dari audiens. Seperti, like, komen, share, atau bahkan mem-follow akun social media kita.

Dapat Melakukan Interaksi dengan Audiens

Selain, dapat mengetahui feedback produk kita juga dapat melakukan interaksi dengan audiens. Melalui beberapa tipe kontan yang dibuat untuk social media marketing dapat menjadi penghubung kita dengan para audiens. Dari sini, kita dapat men-tracking perilaku konsumen.

Mengetahui Analisis Pesaing

Dalam social media marketing, kita juga dapat melakukan analisis pesaing. Hal itu, bisa didapatkan melalui data-data yang mereka kumpulkan dari social media pesaing. Karena, dalam social media marketing pemasar dapat laporan hasil dari kegiatan pemasaran yang mereka lakukan. Sehingga bisa menjadi sebuah benchmarking juga, untuk melakukan analisis pesaing.

Menghemat Biaya dan Lebih Efisien

Dalam dunia bisnis, biaya tentunya menjadi fokus tertentu untuk dipertimbangkan dalam setiap project-nya. Pemasaran secara online dengan menggunakan social media marketing di era digital saat ini dinilai menjadi pemasaran yang paling efektif dan efisien dibandingkan dengan pemasaran secara offline. Karena banyak terjadi efisiensi biaya, sehingga dapat menghemat anggaran yang ada. Selain itu dengan biaya yang dikeluarkan lebih sedikit ketimbang pemasaran secara online, biaya yang dikeluarkan dari pemasaran secara online ini juga termasuk dalam biaya untuk mendapatkan pengolahan basis data yang dapat digunakan untuk analisis pesaing, audit dan evaluasi, serta controlling bisnis.

Nah, masih bingung atau tidak punya cukup waktu untuk melakukannya? tenang! GoSocial menyediakan Jasa Digital Marketing untuk membantu bisnis melakukan Social Media Management secara mudah dan lengkap dengan biaya yang terjangkau! langsung aja yuk cek di GoSocial untuk informasi yang lebih lengkapnya!

Instagram: gosocial.id

Comments to: Manfaat Social Media Marketing Dalam Bisnis

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Attach images - Only PNG, JPG, JPEG and GIF are supported.

Artikel terbaru lainnya

Artikel terkait

Trending

Daftar Isi1 Yuk, Melihat Fakta Peningkatan UMKM Go Digital !2 Apakah Peningkatan Ini Tergolong Besar ?3 Lalu, Apa Faktor UMKM Lamban Go Digital ?3.1 Sumber Daya Manusia UMKM3.2 Modal UMKM3.3 Menejemen Waktu UMKM3.4 Minimnya Sumber Daya Penunjang Halo SocioZen ! Satu tahun lebih berlalu, pandemi covid-19  memberikan banyak cerita baru dalam berbagai sektor kehidupan. Salah […]

Login

Welcome to Typer

Brief and amiable onboarding is the first thing a new user sees in the theme.
Join Typer
Registration is closed.